Efek Samping Obat Antara Atorvastatin vs Simvastatin

November 12, 2016

Efek Samping Obat Antara Atorvastatin vs Simvastatin – Bagi para penderita kolesterol, mereka tentu akan mengenal jenis-jenis dari obat obat penurun kolesterol generik. Secara garis besar terdapat lima jenis tetapi kali ini kita akan membahas mengenai statin.

Atorvastatin

Atorvastatin

Jenis obat yang satu ini sebenarnya masih terbagi lagi atas tujuh bagian atau tujuh jenis yaitu atorvastatin, pitavastatin, simvastatin, pravastatin, fluvastatin, lovastatin resuvastatin.

Baik Untuk Keberlangsungan Kesehatan Ginjal

Dari ketujuh jenis statin tersebut terdapat dua yang selalu dibanding-bandingkan yakni atorvastatin dan simvastatin akan tetapi secara garis besar kebanyakan para ahli membedakan antara merk dari jenis obat penurun kolesterol tersebut yaitu Lipitor dan Torvast untuk atorvastatin sedangkan dari simvastatin yaitu Zocor dan Lipex.

Obat Simvastatin

Obat Simvastatin

Kedua jenis obat statin tersebut cukup baik bagi keberlangsungan kesehatan ginjal. Hal ini karena proses eliminasi kedua jenis obat tersebut tidak melalui ginjal oleh karena itu untuk dosis pemakaian obat ini disamakan takaranya tetapi berdasar kondisi tingkat kolesterol dan usia dari seseorang,

dan tentunya untuk hal ini dokter yang lebih mengetahuinnya. Karena berasal dari jenis yang sama, tentunya atorvastatin dan simvastatin tidak jauh beda, dari efek samping hingga manfaatnya.

Menghambat Kinerja Enzim HMG-CoA

Seperti yang telah kita ketahui, obat penurun kolesterol yang berjenis statin bekerja dengan cara menghambat kinerja enzim HMG-CoA reductase yang ada di dalam hati.

Baca Juga  Manfaat Buah Nanas Sebagai Obat Dari Penyakit Berbahaya

Enzim tersebut memiliki fungsi untuk menciptakan kolesterol. Oleh karena itu jika produksi kolesterol yang ada di dalam hati dapat dikurangi maka secara langsung kadar kolesterol dalam tubuh seseorang akan berkurang.

Banyak sekali informasi yang mengatakan bahwa kadar kolesterol yang terlampau tinggi akan sangat berbahaya bagi pembuluh darah arteri.

(Baca Juga : 14 Larangan Makanan Penderita Kolesterol Tinggi yang Wajib Di Hindari)

Ini karena zat tersebut dapat menyumbat pembuluh darah itu dan dapat menyebabkan serangan jantung secara tiba-tiba kepada seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi tersebut.Tetapi tidak hanya itu, penyakit stroke bisa juga datang secara tiba-tiba.

walaupun di paragraf pertama mengatakan bahwa ini tidak membahayakan bagi ginjal tetapi terdapat sebuah penelitian baru yang tujuan untuk mencari efek samping yang lain dari obat penurun kolesterol ini.

dan hasil dari penelitian tersebut adalah ternyata obat ini juga dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan hati oleh karena itu obat ini sama dengan obat-obat kimia yang lainnya sama-sama dapat mengganggu fungsi organ tubuh yang lain tidak terkecuali Simvastatin dan atorvastatin.

Kadar Dosis Obat

Sekarang mari kita berbicara mengenai perbandingan dosis yang diberikan kepada penderita antara dosis simvastatin dan atorvastatin.

Untuk penggunaan obat Simvastatin ini dapat dikonsumsi dengan melihat faktor dari kadar kolesterol dalam darah seseorang serta melihat kondisi kesehatan dan Berapa besar risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Baca Juga  9 Makanan Pencegah Kanker Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Biasanya dokter akan membuat resep obat yang mengharuskan penderitanya meminum obat simvastatin sebanyak 5 mg hingga 40 mg per harinya sesuai dengan faktor yang dimiliki orang tersebut.

Sedangkan penggunaan Atorvastatin sendiri menitikberatkan pada kadar kolesterol dan respon dari penderita terhadap fungsi dari obat ini. Yang dimaksudkan disini adalah efektivitas obat ini terhadap si penderita, apakah berhasil menurunkan kadar kolesterolnya atau tidak.

Biasanya para dokter akan memberikan dosis 10 mg perhari untuk penggunaan awal setelah itu akan disesuaikan setelah minimal 4 Minggu pemakaian. Penggunaan obat penurun kolesterol atorvastatin maksimal adalah 80 MG per harinya.

Itulah beberapa perbandingan obat dari statin yang berjenis Simvastatin dan Atorvastatin. Semoga artikel ini dapat membantu mengatasi rasa penasaran anda terhadap kelebihan dan kekurangan kedua obat ini.

(Baca Juga : Efek samping Simvatatin Jangka Panjang )

Akan tetapi lebih baik nya lagi anda menggunakan obat yang alami yaitu seperti melakukan olahraga, makan-makanan yang bergizi dan berserat seperti buah dan sayuran atau lebih tepatnya melakukan pola hidup sehat.

Tags: , ,

Related to: Efek Samping Obat Antara Atorvastatin vs Simvastatin