Efek Samping Simvastatin Jangka Panjang 10 mg, 20 mg dan 40 mg

January 13, 2016

Efek Samping Simvastatin – Beberapa orang yang mengidap kolesterol yang tinggi tentunya akan dianjurkan oleh dokter untuk mengkonsumsi obat yang berbahan kimia,

Obat Simvastatin

Obat Simvastatin

dan tentunya setiap obat yang menggunakan bahan kimia sebagai komposisinya akan memiliki efek samping baik sementara maupun jangka panjang,

tidak terkecuali dengan simvastatin. Perlu anda ketahui, beberapa tahun silam obat ini dicurigai sebagai penanggung jawab dari banyaknya kasus meninggal sekelompok orang karena gangguan otot.

Menyebabkan Gagal Ginjal

Tidak hanya itu, menurut penelitian yang baru-baru ini dilakukan obat anti kolesterol yang berjenis statin juga memiliki efek samping yang cukup membahayakan lainnya seperti dapat menyebabkan gagal ginjal dan gangguan hati.

Ginjal sehat dan gagal ginjal

Ginjal sehat dan gagal ginjal

Akan tetapi, penggunaan obat Simvastatin dapat tetap dilakukan, tentunya dengan resep dokter. Perlu anda ketahui bahwa obat ini adalah yang paling laris di dunia karena dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan sangat baik bagi kondisi kardiovaskular.

Kerja obat ini ketika menurunkan kadar kolesterol adalah menghambat pembentukannya yang terjadi di dalam hati melalui sebuah enzim. Tentunya ini sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

(Baca Juga : Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam )

Untuk menguji efek samping dan manfaat dari obat obat Simvastatin ini, para dokter yang berasal dari University of California yang berada di San Diego,

menjalankan uji klinis secara acak kepada 973 partisan yang tidak menderita diabetes ataupun penyakit kardiovaskular. Kemudiam para partisan tersebut dibagi menjadi 3 kelompok.

Baca Juga  Obat Asam Urat Dan Rematik Dengan Bahan-Bahan Alami

Kelompok yang pertama diberik Simvastatin sebanyak 20 mg sedangkan yang kedua diberi 40 mg pravastatin dan kelompok yang ketiga diberi plasebo.

Setiap kelompok tersebut harus mengkonsumsi ketiga obat tersebut setiap hari selama 6 bulan. Kemudian pada bulan pertama dan bulan terakhir pengkonsumsian obat simvastatin, para dokter dari Universitas tersebut akan mengukur tekanan darah setiap partisipan.

Pengukuran tekanan darah juga dilakukan setelah 2 bulan dilakukannya uji klinis tersebut. Dari kesimpula yang dihasilkan dari uji coba tersebut menyimpulkan bahwa efek yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi statin tidak berarti dalam mengatasi tekanan darah selama 1 bulan perawatan.

Akan tetapi, ketika telah sampai 6 bulan perubahan pada tekanan darah itu akan terjadi dan gejala dari Simvastatin akan menghilang setelah 2 bulan selesai perawatan atau uji coba.

Obat yang berjenis statin ini bekerja dengan mengaktifkan senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah serta memperbaiki fungsi dari pembuluh darah itu sendiri.

(Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Dengan Benar )

Selain itu juga, memiliki efek terhadap penurunan tekanan darah terutama pada seseorang yang terserang hipertensi atau juga kita kenal dengan tekanan darah tinggi hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian sebelumnya yang lebih mendetail mengenai efek terhadap tekanan darah seseorang.

Ganguan Pada Otot dan Fungsi Hati

Efek samping simvastatin jangka panjang 10 mg yakni gangguan otot atau miopati tetapi seperti yang telah disebutkan pada paragraf pertama obat ini memiliki efek samping yang baru yakni dapat berakibat pada hati dan ginjal.

Baca Juga  Obat Tradisional Kolesterol dan Asam Urat Sudah Terbukti Hasiatnya

Efek samping tersebut diungkapkan oleh seorang peneliti dari University of Nottingham dari hasil penelitian yang ia lakukan terhadap dua juta pasien dan 226.000 di antaranya baru pertama kali menggunakan obat statin.

Penelitian ini dilakukan selama tujuh tahun yaitu mulai dari Januari 2002 sampai bulan Juni 2008. Setelah mencapai batas waktu,

terdapat 10.000 pasien wanita yang menggunakan statin mengalami gangguan fungsi hati sebanyak 74 orang dan 23 orang mengidap gagal ginjal akut dan 39 orang lainnya memiliki masalah pada otot.

Ganguan Fungsi Hati

Ganguan Fungsi Hati

Sedangkan pada pria angkanya hampir serupa akan tetapi yang mengalami masalah otot jauh lebih banyak ketimbang wanita.

(Baca Juga : 10 Makanan Penurun Kolesterol untuk Menjaga Kesehatan)

Tetapi tidak hanya itu saja, efek samping simvastatin juga memiliki efek yang positif yaitu sebanyak 271 orang memiliki tingkat resiko terkena penyakit jantung semakin berkurang, selain itu obat ini juga dapat menekan atau mengurangi resiko berkembangnya kanker pada seseorang.

Tags:

Related to: Efek Samping Simvastatin Jangka Panjang 10 mg, 20 mg dan 40 mg