Empat vitamin untuk meningkatkan kecerdasan Otak Anak

March 19, 2015

Jika Anda merasa bahwa anak Anda seperti kurang cerdas, masalahnya mungkin ada pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari sehingga anak Anda kurang mendapatkan vitamin otak yang memadai. Perlu diketahui bahwa nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga fungsi otak agar tetap optimal. Olehkarenanya Anda perlu menambah atau mengatur pola makan anak Anda agar dapat memasukkan lebih banyak vitamin, khususnya makanan yang menguntungkan bagi otak. Berikut adalah empat vitamin untuk kecerdasan otak anak sekaligus membantu meningkatkan memori jangka pendek, serta meningkatkan kinerja kognitif secara keseluruhan.

Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak

vitamin untuk kecerdasan otak anak

Asam Folat

Asam folat mengontrol kadar homosistein dalam darah. Homosistein diketahui dapat merusak sel-sel otak jika kadarnya terlalu tinggi. Olehkarena itu, suplemen dengan asam folat yang memadai sangat disarankan untuk meningkatkan kekuatan otak. Selain itu, asam folat juga telah diketahui dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek dan kewaspadaan. Jika Anda mendapat suplai asam folat yang cukup, Anda tidak lagi akan merasa lamban dan lesu namun sebaliknya akan merasa lebih waspada secara mental.

Suplemen yang mengandung asam folat banyak tersedia di sebagian besar toko obat lokal. Alternatif lainnya bisa didapat secara alami melalui makanan  yang kaya asam folat seperti sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan.

Baca Juga  Sudahkah Anda Mengkonsumsi Brokoli Hari Ini?

Vitamin B12

Vitamin untuk kecerdasan otak anak berikutnya adalah vitamin B12. Vitamin B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan sel-sel saraf. Vitamin ini bermanfaat dalam meningkatkan produksi myelin, yang berfungsi menjaga serabut saraf  dan membantu melindungi terhadap impuls listrik pada otak. Banyak masalah kesehatan mental muncul akibat tidak tepatnya hubungan sel-sel saraf otak yang tidak memiliki selubung pelindung myelin.

Mengkonsumsi suplemen B12 diketahui juga dapat memperbaiki suasana hati akibat depresi serta meningkatkan kewaspadaan mental. Penelitian juga menemukan bahwa vitamin B12 dapat mencegah kehilangan memori, karenanya vitamin ini sangat berguna untuk meningkatkan kekuatan otak.

Vitamin B12 ini mudah ditemukan terutama dalam daging, seperti unggas, ikan, dan daging sapi. Akan tetapi untuk seorang vegetarian, bisa mencoba sereal yang diperkaya dengan vitamin B12 atau membeli suplemen B12 yang dijual di toko obat. Tumbuhan lain yang juga di yakini mengandung banyak vitamin B12 diantaranya ,Spirulina, dan jenis ganggang.

Vitamin C

Atom dan molekul-molekul yang dikenal sebagai radikal bebas dapat merusak sel-sel otak. Untuk mengatasi masalah ini, maka diperlukan antioksidan dalam jumlah yang cukup.

Vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang paling mudah didapat. Pastikan untuk mendapatkan cukup vitamin C dalam makanan yang dikonsumsi sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan. Vitamin C mudah ditemukan dalam berbagai buah-buahan dan sayuran, termasuk jeruk dan kacang-kacangan.

Baca Juga  Manfaat Wortel : Berikut Daftar dari Manfaat Wortel Untuk kesehatan tubuh

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu melindungi otak dan sel-sel saraf dari potensi kerusakan. Para peneliti telah menemukan bahwa suplementasi makanan yang banyak mengandung vitamin E dapat menunda perkembangan penyakit Alzheimer, atau membantu mencegahnya sama sekali. Bahkan, banyak dari gangguan otak lainnya dapat dicegah hanya dengan melindungi otak dengan antioksidan.

Anda dapat menemukan vitamin E dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan ubi jalar. Toko obat atau toko makanan sehat juga banyak menjual suplemen vitamin yang populer ini.

Itulah 4 vitamin untuk kecerdasan otak anak yang alangkah baiknya untuk Anda pastikan kecukupannya agar Anak Anda semakin cerdas dan sehat.

Tags: ,

Related to: Empat vitamin untuk meningkatkan kecerdasan Otak Anak