Fakta 50 Persen Penyebab Kemandulan Karena Pria

August 19, 2016

Selama ini muncul stigma di masyarakat yang menyudutkan pihak wanita setiap kali ada pasangan yang belum mendapatkan momongan. Padahal, setelah diteliti lebih lanjut kasus kemandulan bagi pasangan banyak disebabkan oleh si pria. Lebih dari 50 persen kasus kemandulan bagi para pasangan disebabkan oleh si pria yang mengalami masalah kesuburan. Di dunia saat ini terdapat fakta bahwa lebih dari 15 persen pasangan mengalami kemandulan dan masalah kesuburan. Dan lebih dari 50 persen kasus kemandulan tersebut disebabkan oleh si pria yang mengalami masalah kesuburan.

 

Menurut ahli urologi dari Rumah Sakit Bunda Menteng, dr. Sigit Solichin, mengatakan bahwa data ini memang benar adanya. Kaum prialah yang lebih sering menjadi penyebab dari masalah kemandulan yang kerap menyerang pasangan-pasangan di dunia ini. Pasangan bisa dikatakan mengalami kemandulan jika sepasang suami istri sudah melakukan hubungan badan secara normal tanpa alat kontrasepsi selama lebih dari 1 tahun. Dan dalam jangka waktu tersebut belum terlihat adanya tanda-tanda kehamilan. Jika hal ini terjadi maka ada sesuatu yang tak beres dari kedua pihak pasangan. Untuk mengetahui siapa yang mengalami kemandulan maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kemandulan Karena Pria

Ilustrasi Kemandulan Karena Pria

Seorang pria bisa dikatakan subur jika ia sudah menjalani pemeriksaan sperma. Jika jumlah sperma yang dimiliki oleh si pria banyak dan dalam keadaan yang sehat maka bisa dikatakan bahwa pria tersebut subur. Hal lain yang harus diperhatikan adalah fungsi dari testis yang normal, kondisi hormon yang relatif seimbang hingga jumlah sperma yang cukup setiap kali ejakulasi. Sedangkan jumlah sperma dapat dikatakan cukup apabila jumlahnya kurang lebih 39 juta sel per ejakulasi. Selain jumlah yang cukup ada juga faktor lain untuk melihat kesuburan sperma. Pergerakan dan bentuk dari sperma turut memberi pengaruh terhadap kondisi sperma dalam melakukan pembuahan terhadap sel telur.

Baca Juga  3 Dari 5 Pasien Meninggal Karena Fasilitas Di Rumah Sakit Dianggap Kurang Memadai

Yang cukup membuat orang mengernyitkan dahi adalah penyebab dari kemandulan pada seorang pria. Sebanyak 31 persen kasus kemandulan pada pria tak diketahui penyebabnya secara pasti. Sedangkan di peringkat kedua baru diketahui secara pasti penyebab kemandulannya. Sebanyak 15 persen kasus kemandulan disebabkan oleh kelainan variokel. Variokel sendiri adalah masalah yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah vena di testis. Penyebabnya sendiri masih kurang jelas, yang pasti masalah ini akan menyebabkan jumlah, gerakan dan kualitas sperma sendiri menurun dan sulit untuk melakukan pembuahan pada sel telur betina.

Pelebaran pembuluh vena di testis ini menyebabkan suhu di testis meningkat dan zat kotoran seperti karbon dioksida terikat di dalamnya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas dan juga kuantitas dari sperma yang anda hasilkan. Beberapa penyebab kemandulan lainnya memiliki hubungan dengan kecacatan dan cedera yang dialami oleh si pria. Masalah tersebut antara lain testis yang letaknya tidak turun ke kantung kemaluan. Lalu ada juga infeksi saluran kemih. Ada pula saluran sperma, seperti sumbatan pada saluran sperma yang membuat sperma menjadi tidak bisa keluar dengan lancar.

Baca Juga  Pernah Serangan Jantung? Lakukan Hal Ini Agar Tidak Mudah Kambuh Lagi

Berbagai penyebab umum dari kemandulan antara lain faktor fisik, faktor genetik hingga faktor makanan yang dikonsumsi. Untuk menghindari kemandulan anda harus sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan juga protein. Lalu hindari kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol dan juga merokok. Biasakan untuk hidup sehat agar terhindar dari risiko kemandulan.

Related to: Fakta 50 Persen Penyebab Kemandulan Karena Pria