Fakta Mitos dan Penyakit Hepatitis Yang Wajib Diketahu

August 15, 2016

Penyakit hepatitis memang bukan penyakit yang bisa diremehkan karena dampaknya bisa sangat serius jika tidak ditangani secara langsung. Di kalangan masyarakat sendiri banyak terdapat mitos dan fakta yang beredar karena itu perlu dipahami juga agar tidak salah tanggap dalam mendapatkan informasi. Ada mitos yang mengatakan bahwa penderita hepatitis tidak boleh sering tidur diatas jam 11 malam karena akan membuat penyakitnya semakin parah.

Dari mitos tersebut dikaitkan dengan memperberat fungsi kerja hati sehingga pada malam hari akan lebih bekerja keras. Masih ada mitos juga yang sering terdengar yaitu tidak boleh mengonsumsi makanan bersantan. Dari mitos yang beredar memang tidak semuanya benar, menurut dokter dari Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia yaitu dr. Irsan Hasan, SpPD-KGEH mitos tersebut tidak benar karena itu dia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mencari tahu alasan medis dari mitos tersebut agar tidak menimbulkan keresahan pada pengidap penyakit hepatitis.

Fakta penyakit hepatitis

Jenis2 Penyakit hepatitis

Banyak informasi yang bisa didapatkan dari internet dan rubrik kesehatan sehingga tidak perlu susah lagi dalam mencarinya. Terkait dengan mitos yang tidak benar tersebut karena ada dasar dimana dokter RSCM sudah pernah melakukan penelitian tentang makanan bersantan yang tidak baik untuk penderita hepatitis tetapi yang terjadi adalah sebaliknya karena dari penelitian mengatakan bahwa fungsi organ hati justru lebih baik jika mengonsumsi makanan bersantan tersebut. Namun dalam porsinya tetap harus dikontrol karena semua yang berlebihan akan menimbulkan dampak buruk.

Baca Juga  Kafein Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran

Obat-obatan herbal yang dahulu pernah digunakan pasien dan memberikan efek yang baik juga bisa digunakan lagi karena akan semakin mempercepat penyembuhannya. Memang dari obat herbal bukan sebagai obat terapi utama yang disarankan tetapi jika memberikan dampak yang baik kenapa tidak dicoba. Untuk obat utamanya sendiri harus dengan resep dokter agar semakin cepat dalam penyembuhan.

Ada saran dimana masyarakat harus rutin memeriksakan kondisi tubuhnya sekaligus memastikan jenis penyakit apa yang sedang dialami. Ada beberapa jenis penyakit hepatitis yang masing-masing memiliki perbedaannya. Maka dari itu masyarakat dihimbau untuk memeriksakan darah HBsAg dan anti VHC. Tidak hanya memeriksakan diri saja tetapi oleh komite ahli Hepatitis Kemenkes RI, Prof. DR. Dr. David Handojo Muljono, SppD, FINASIM, PhD mengatakan bahwa masyarakat perlu mendapatkan vaksinasi sejak dini agar terhindar dari penyakit ini jangka panjangnya.

(Baca Juga : Virus Hepatitis Sama Bahaya Dengan AIDS dan TBC )

Perlu diketahui juga bahwa hepatitis bukanlah penyakit yang menular dari sentuhan maupun udara namun bisa menyebar jika darah penderita masuk ke darah orang lain dalam hal ini melalui luka atau suntikan. Untuk itu perlu diwaspadai karena jika lengah saja akan terjangkit masalah penyakit yang sangat besar. Selain itu perlu menggali lagi informasi yang lebih mendalam tentang hepatitis agar orang di sekitar dan masyarakat dapat diedukasi dengan informasi yang nyata.

Baca Juga  Sekarang Bayar BPJS dan Asuransi Komersial Hanya Bayar Sekali Saja

Dari pengaruh buruk penyakit tersebut masih bisa dicegah dengan tindakan yang tepat misalkan hindari bersentuhan langsung luka dengan luka dengan pengidapnya, rutin memeriksakan diri, sampai mencoba pola hidup yang sehat. Pencegahan secara dini juga akan membantu menekan angka penyakit ini agar tidak terjangkit pada orang lain.

Walau sedang terserang penyakit tersebut hendaknya tidak berkecil hati karena masih ada banyak kesempatan untuk terus hidup dalam waktu yang lama. Jika sering mengkonsumsi makanan yang sehat ditambah dengan sayur dan buah akan memperkuat metabolisme tubuh agar tidakmudah terserang penyakit tersebut.

Tags:

Related to: Fakta Mitos dan Penyakit Hepatitis Yang Wajib Diketahu