Fakta sehat Tentang Ikan Untuk Kesehatan Kita

March 25, 2016

Dokter dan ahli makanan sehat seringkali memberi saran agar kita lebih banyak lagi mengkonsumsi ikan. Negara seperti Jepang dan juga masyarakat yang tinggal di pesisir sebagai contohnya rata-rata mempunyai usia hidup lebih lama dan sedikit mengalami masalah kanker dan penyakit jantung. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan mereka dalam mengkonsumsi ikan.

Fakta sehat Tentang Ikan

Jika kita perhatikan iklan-iklan produk farmasi perusahaan besar yang sering tayang di televisi maupun media cetak, kita dapat melihat bagaimana mereka dalam setiap kampanyenya merekomendasikan kapsul yang mengandung asam lemak omega 3. Bahkan jika pengobatan atau obat-obatan modern diperkaya dengan banyak vitamin dan mineral yang diperlukan, cara sehat untuk mendapatkan vitamin dan mineral ke dalam tubuh tetaplah melalui makanan sehat dan alami. Itulah mengapa kita perlu mengkonsumsi ikan beberapa kali dalam seminggu, sehingga tubuh kita dapat menyerap semua makanan bergizi termasuk asupan medis.

Apa yang membuat ikan menjadi makanan spesial yang sehat  adalah fakta bahwa ikan tidak mengandung banyak kalori dan kaya akan sejumlah nutrisi penting yang bermanfaat dan diperlukan tubuh. Berikut adalah beberapa bahan penting yang dapat ditemukan pada ikan: tembaga, vitamin B kompleks, zat besi, yodium, kalium, kalsium, natrium, asam lemak tak jenuh ganda, selenium dan seng.

Baca Juga  Khasiat Rebusan Air Daun Sirsak Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit

Lalu bagaimana ikan mempengaruhi kesehatan kita?

Sudah terbukti bahwa daging dan juga minyak ikan mampu mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, melindungi tulang, mencegah terjadinya kanker dan memperlambat proses penuaan. Berikut adalah beberapa penyakit  dimana ikan dapat berfungsi seperti layaknya obat: Jerawat, anemia, penyakit pembuluh darah, penyakit jantung, obesitas, kehilangan memori, depresi, impotensi, beberapa jenis kanker, infertilitas, insomnia, osteoporosis, kenaikan tekanan darah, masalah kulit, sindrom pramenstruasi,  masalah menopause, masalah pada kehamilan, sindrom kelelahan kronis, penurunan kadar trigliserida, stres, hipertensi dan memperlambat proses penuaan.

Walaupun ikan dianggap sebagai makanan sehat, beberapa orang ada juga yang sangat sensitif terhadap ikan dan mereka harus menghindari makan ikan. Dalam situasi seperti ini, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan meminta saran tentang bagaimana cara mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah normal.

Ikan sebagai makanan sehat mengandung sejumlah besar protein yang secara biologis sangat berharga, selain itu juga relatif rendah lemak, tidak banyak karbohidrat dan sejumlah besar vitamin dan mineralnya diakui merupakan bagian penting dari nutrisi manusia. Sangat disarankan untuk membiasakan ikan menjadi lauk pauk penting sebanyak mungkin, karena tubuh tidak dapat mensintesa asam lemak tak jenuh ganda. Ikan adalah makanan utama untuk otak Anda.

Baca Juga  Minuman & Makanan Yang Dapat Membuang Racun dalam Tubuh
Tags: , ,

Related to: Fakta sehat Tentang Ikan Untuk Kesehatan Kita