Gambaran Kanker Getah Bening Stadium 4 dan Pengobatannya

November 12, 2016

Kanker getah bening stadium 4 merupakan penyakit kanker yang banyak menghilangkan nyawa seseorang. Karena itu kita harus mendeteksi sedini mungkin penyakit kanker yang terjadi pada kelenjar getah bening. Jangan sampai kita baru mengetahuinya setelah kondisi kanker kian memburuk yang menuntut proses penyembuhan panjang dengan biaya yang tidak sedikit.

kanker getah bening stadium 4

ü Diagnosis

Sebelum memvonis seseorang menderita kanker getah bening stadium 4,  beberapa tim medis melakukan diagnosis yang seksama. Proses diagnosis dilakukan dengan tahapan mendengar keluhan pasien akan pembengkakan yang terjadi di daerah tempat terdapat banyaknya kelenjar getah bening. Pembengkakan umumnya terjadi pada daerah leher yang jika kita raba terasa keras layaknya bola pingpong.

Kemudian dilakukan tindakan rontgent yang dilanjutkan dengan biopsi. Ada dua tipe biopsi yakni excision biopsi dan biopsi aspirasi jarum halus. Excision biopsi dapat menyebabkan luka menganga pada daerah leher dikarenakan pengangkatan kelenjar getah bening. Sedangkan pada biopsi aspirasi jarum halus yang diambil hanya sebagian jaringannya saja dari kelenjar tersebut. Jaringan yang diambil kemudian diperiksa di laboratorium.

ü Vonis stadium kanker yang diderita pasien

Setelah kepastian adanya kanker didapatkan, langkah selanjutnya menjatuhkan penilaian akan stadium kanker yang diderita. Penilaian didasarkan pada luas tidaknya penyebaran kanker serta ada tidaknya gejala tertentu yang dialami pasien. Berdasarkan tingkat penyebaran, di tentukan 4 stadium kondisi kanker, yakni:

–          Kanker getah bening stadium I

Kanker hanya menyerang satu kelompok kelenjar dan terlokalisasi hanya pada satu sisi diafragma

Baca Juga  Merasa Pusing Pada Saat Menstruasi inilah 3 Cara untuk Mengatasinya

–          Kanker getah bening stadium 2

Kanker menyerang dua atau lebih kelompok kelenjar namun lokasinya masih pada satu sisi diafragma saja.

–          Kanker getah bening stadium 3

Kanker menyerang dua atau lebih kelompok kelenjar dan berada pada kedua sisi diafragma.

–          Kanker getah bening stadium 4

Kanker menyerang bukan hanya kelenjar getah bening namun menyerang bagian tubuh lain yakni umumnya menyebar ke sumsum tulang belakang, limpa dan hati.

 

Sedangkan berdasarkan gejala, kondisi kanker dikelompokkan menjadi kategori A dan kategori B. Pada kategori A kanker yang diderita tidak menunjukkan gejala demam, tidak pula mengeluarkan keringat berlebihan di waktu malam,  serta tidak terjadi kehilangan berat badan secara drastis. Sedangkan pada kategori B terjadi semua gejala tersebut.

ü Proses pengobatan kanker getah beningstadium 4

Stadium 4 yang merupakan stadium akhir paling ganas dari tahapan kanker memerlukan pengobatan yang serius. Percayakan pengobatannya pada tim ahli dan tentunya jangan lupakan peran Tuhan yang menciptakan penyakit dan menciptakan kesembuhan. Serangkaian proses penyembuhan yang melelahkan akan menuntut kesabaran tinggi baik dari pasien maupun keluarga terdekat.

Ada beberapa jenis pengobatan yang dapat dipilih yakni terapi kimia, terapi biologi dan terapi radiasi.

Pengobatan kanker getah bening stadium 4 bisa melibatkan satu atau dua jenis terapi. Bahkan untuk menyelamatkan nyawa pasien dari resiko kematian akibat efek samping, biasanya dilakukan pencangkokan sel punca. Untuk jenis-jenis terapi diatas, berikut penjelasannya:

Baca Juga  Hindari 10 Makanan Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

–          Pada terapi kimia maka zat kimia yang dapat membunuh sel-sel kanker dimasukan pada tubuh penderita. Zat kimia tersebut yakni obat yang disebut cytotoxics. Namun obat ini dapat pula membunuh sel-sel yang sehat yakni membunuh sel-sel darah sehingga resiko anemia meningkat.

–          Sedangkan terapi biologi dilakukan dengan memasukkan agen biologi berupa protein sel tunggal yang sudah dirancang sehingga permukaannya mempunyai kemampuan berikatan dengan sel kanker kemudian membunuhnya.

–          Adapun terapi radiasi memanfaatkan efek kemampuan menghancurkan dari gelombang berenergi tinggi. Radiasi ini bisa berasal dari sinar yang ditembakkan ke daerah yang terkena kanker bisa juga lewat zat radioaktif yang disuntikkan melalui pembuluh darah yang kemudian menyebar mengikuti aliran darah sehingga akhirnya sampai di sel-sel target.

 

Demikian sekelumit penjelasan mengenai kanker getah bening stadium 4. Semoga informasi ini membawa manfaat untuk Anda.

Tags: , ,

Related to: Gambaran Kanker Getah Bening Stadium 4 dan Pengobatannya