Gaya Hidup Sehat yang Perlu Anda Ikuti

February 16, 2016

Gaya hidup sehat merupakan awal dari jantung sehat, dan jantung yang sehat akan memperkecil risiko Anda terkena serangan jantung.  Dua studi terbaru menunjukkan bahwa gaya hidup sehat memang berkontribusi menurunkan risiko serangan jantung, baik pada wanita maupun laki-laki, bahkan pada mereka yang sudah memiliki faktor risiko seperti kolesterol tinggi.

Kebiasaan sehat bagi wanita dan pria relatif berbeda. Penelitian terkait merinci kebiasaan hidup sehat masing-masing bagi kaum wanita dan pria. Berikut rinciannya.

Gaya Hidup Sehat untuk Wanita

4. Gaya Hidup Sehat yang Perlu Anda Ikuti

Pada sebuah studi yang diikuti oleh hampir 70.000 wanita selama dua puluh tahun menemukan bahwa kebiasaan tertentu seperti diet dan olahraga terbukti ampuh menyingkirkan risiko serangan jantung sebesar 92% dan juga menurunkan risiko penyakit lain seperti tekanan darah tinggi (hipertensi) sebesar 66%. Gaya hidup sehat yang dimaksud, yaitu:

  • Menjauhi rokok
  • Menjaga indeks massa tubuh normal
  • Melakukan olahraga sedang hingga berat selama setidaknya 2,5 jam seminggu
  • Membatasi menonton televisi hanya hingga kurang dari tujuh jam seminggu
  • Menjauhi minuman beralkohol, atau paling tidak jika Anda mengkonsumsi alkohol batasi hanya hingga 1 botol per hari
  • Makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, ikan, atau asam lemak omega-3, serta batasi minuman manis, daging olahan, lemak trans dan natirum.
Baca Juga  Bahaya!! Inilah Dampak Kesehatan Akibat Terlalu Sering Begadang

Mengikuti semua kebiasaan sehat yang disarankan di atas tentunya akan cukup sulit, namun Anda tidak perlu was-was. Penelitian ini juga memaparkan bahwa menerapkan dua atau lebih gaya hidup sehat di atas saja— bahkan jika Anda mengidap tekanan darah tinggi dan memiliki kolesterol tinggi— sudah membantu mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menerapkan gaya hidup sehat sama sekali.  Namun, jika Anda bisa menerapkan semuanya, pastinya hasil yang Anda dapatkan jauh lebih baik. Jantung sehat, tubuh fit, stamina pun terjaga.

Gaya Hidup Sehat untuk Pria

Dalam penelitian lainnya yang dilakukan oleh seorang peneliti Swedia pada  lebih dari 20.000 ribu— rata-rata berusia 47-49 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau pembuluhu darah, diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi— pria dari tahun 1997 sampai 2009. Penelitian ini menemukan bahwa lima kebiasaan sehat berikut mengurangi risiko serangan jantung pada pria sebesar 86%.

  • Menjauhi rokok
  • Makan makanan sehat
  • Membatasi konsumsi alkohol, paling banyak dua botol sehari
  • Menjaga tubuh tetap aktif secara fisik— berjalan atau maraton setidaknya 40 menit sehari
  • Memiliki lingkar pinggang kurang dari 37 inci
Baca Juga  Hati-Hati Inilah10 Penyebab Kolesterol Tinggi

Diet sehat dan membatasi konsumsi alkohol didapati memiliki kontribusi yang paling signifikan mengurangi risiko serangan jantung pada pria.

Bagaimana cara memulai pola hidup sehat?

Pada mereka yang memiliki masalah mental seperti stres, misalnya, akan cukup sulit untuk menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, stres juga mengakibatkan pola hidup seseorang menjadi tidak teratur, dan tentunya tidak sehat. Nah, bagi mereka yang mengalami stres, hal pertama yang perlu dilakukan tentunya dengan mengatasi stres.

Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan olahraga. Olahraga bisa menjadi waktu bagi diri Anda sendiri, dan juga waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan keluarga. Jika sudah demikian Anda bisa mulai menerapkan pola hidup sehat. Menerapkan dua atau lebih pola hidup sehat saja bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Mulailah menjadikan kebiasaan hidup sehat sebagai bagian dari rutinitas Anda, seperti kebiasaan menyikat gigi di pagi hari. Cukup mudah, bukan?

Tags: , ,

Related to: Gaya Hidup Sehat yang Perlu Anda Ikuti