Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Lidah

November 12, 2016

Gejala dan Ciri-Ciri Kanker lidah atau yang juga sering disebut sebagai kanker mulut, adalah jenis kanker ganas yang ciri utamanya diawali dengan gejala sariawan menahun yang tidak kunjung sembuh. Penyebab yang paling sering memicu munculnya gejala kanker lidah adalah gesekan yang terjadi pada area lidah dalam jangka panjang.

Dengan adanya gesekan ini akan mengakibatkan sariawan berkepanjangan, yang menyebabkan hygienists mulut menjadi buruk dan memicu kanker lidah. Kebiasaan merokok dengan kandungan zat karsinogenik, dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol yang mengandung senyawa pembantu penyerapan zat karsinogenik juga merupakan faktor pemacu tumbuhnya kanker lidah.

Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Lidah

ciri-ciri-kanker-lidah-gejalanya

Selain itu gangguan pada sistem metabolisme dan pemenuhan nutrisi juga sangat berperan dalam pertumbuhan jenis kanker ini. Maka untuk menghindari penyakitnya, Anda sebaiknya terlebih dahulu mengenal ciri-ciri kanker lidah.

Ciri-ciri kanker lidah yang pertama adalah adanya bercak merah atau bercak dengan warna putih, atau campuran keduanya, pada bagian permukaan lidah yang tidak cepat hilang. Yang kedua adalah adanya luka yang terasa sakit pada area seputar wajah dan leher.

Baca Juga  Larangan Dan Anjuran Makanan Untuk Kanker Usus Besar

Hal ini disebabkan oleh sariawan pada mulut yang tidak kunjung hilang atau sariawan menahun. Hal ini diikuti dengan adanya pembesaran organ gusi dan bibir yang juga diiringi dengan rasa sakit. Rasa sakit ini tidak hanya disebabkan oleh pembengkakan, namun juga karena adanya pendarahan akibat luka yang terjadi di dalamnya.

Bila terus menerus dibiarkan, penderita akan merasakan kebal atau mati rasa terhadap area seputar mulutnya, meliputi bibir, mulut dan terutama bagian lidah. Bila terus berlanjut, rasa sakit dan nyeri ini bahkan bisa sampai ke telinga.

Sementara untuk ciri-ciri kanker lidah yang sudah memasuki stadium lebih tinggi adalah adanya bisul disertai rasa nyeri yang menyebar pada seluruh area mulut dan telinga atau yang disebut sebagai eksogen dalam bahasa kedokteran.

Hal ini kemudian menyebabkan pasien menjadi tidak nyaman dalam memfungsikan lidah hingga kesulitan makan, bicara, dan tidak mampu mengontrol air liur dengan baik. Bila sudah begini, sangat disarankan bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter, dan lakukan biopsi untuk mengecek apakah kanker yang diderita merupakan kanker ganas.

Baca Juga  Macam Metode Pengobatan Kanker Otak

Setelahnya, sesegera mungkin lakukan operasi jika memungkinkan. Sebab kemungkinan untuk sembuh lewat jalan operasi akan lebih besar bila dilakukan pada stadium awal.

Tags: , , , , , , , , ,

Related to: Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Lidah