Gejala dan Pengobatan Penyakit Gondongan Pada Anak

January 23, 2016

Gondongan merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus sehingga menyebabkan pembengkakan pada bagian leher dan pipi. Virus yang menyebabkan penyakit gondongan pada anak adalah virus paramyxovirus.

Umumnya penyakit ini menyerang anak-anak usia 2 hingga 12 tahun. Namun, bisa juga terjadi pada orang dewasa sehingga bagian testis atau buah zakar, pankreas, saraf pusat, payudara dan juga organ lainnya.

Gejala Gondongan Pada Anak

penyakit-gondongan-pada-anak

Gejala gondongan pada anak ini biasanya dimulai dengan demam tinggi yang disertai sakit kepala, kehilangan nafsu makan, dan rahang terasa kaku. Selanjutnya, penyakit ini akan ditandai dengan munculnya pembengkakan kelenjar pada satu sisi saja.

Umumnya pembengkakan ini terjadi selama 3 hari saja dan berangsur mengempis. selain pembengkakan terjadi pada bawah rahang serta lidah, pada pria dewasa akan diikuti dengan pembengkakan testis yang disebabkan penyebaran virus melalui aliran darah.

Cara penularan penyakit gondongan ini bisa melalui percikan air ludah pada saat penderita mengalami bersin maupun batuk. Atau bisa juga melalui beberapa benda yang memang sudah terkontaminasi dengan air ludah penderita gondongan.

Baca Juga  Penyakit Uci uci - Yuk ketahui Lebih Jauh tentang Penyakit Uci uci

Biasanya anak akan kesulitan mengunyah maupun menelan pada sat makan. Maka penderita penyakit gondongan pada anak ini harus diberikan makanan yang lunak dan menghindari minuman asam sebab bisa menimbulkan nyeri.

Pengobatan Penyakit Gondongan Pada Anak

Untuk meredakan nyeri pada penderita gondongan, ibu bisa memberikan ibuprofen maupun acetaminophen yang dapat meredakan nyeri. Pengobatan penyakit gondongan pada anak bisa juga dilakukan dengan mengompres pada daerah pipi dan leher untuk mengurangi nyeri dan mengempeskan bengkak. Mengompres bisa dilakukan dengan air hangat kemudian air dingin. Lakukanlah secara bergantian dan intensif.

Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan memberikan vaksin berupa imunisasi rutin pada saat anak-anak. Imunisasi yang biasanya diberikan berupa MMR (mumps, morbili, rubela) pada saat anak berusia 5 bulan melalui injeksi.

Selain pada anak, imunisasi tersebut bisa juga diberikan untuk remaja maupun orang dewasa yang belum terkena penyakit gondongan. Selain itu, disarankan bagi yang belum terkena penyakit gondongan pada anak ini lebih memperbanyak konsumsi makanan beryodium agar dapat mengurangi resiko penyakit tersebut.

Baca Juga  Metode Terapi Medis untuk Mengobati Penyakit Kanker Otak
Tags: , , ,

Related to: Gejala dan Pengobatan Penyakit Gondongan Pada Anak