Gejala dan Penyebab Demam Berdarah Yang Harus Diketahui

Gejala dan Penyebab Demam Berdarah Yang Harus Diketahui

January 5, 2017

Pada ulasan kali ini akan dibahas dengan lengkap mengenai gejala, penyebab demam berdarah yang dapat mengancam nyawa jika tidak segera mendapatkan penanganan yang benar.

Demam berdarah atau demam dangue merupakan pekanyakit yang disebabkan karena infeksi virus bernama dangue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes, khususnya yaitu aedes aegypti betina. Nyamuk tersebut menularkan virus yang terdapat di dalam air liurnya dengan cara menggigit manusia pada saat siang hari, lalu air liur tersebut menyebar ke seluruh jaringan tubuh manusia yang mengakibatkan sel darah putih menghasilkan banyak protein guna menimbulkan gejala.

Gejala Demam Berdarah

penyebab demam berdarah

Gejala demam berdarah yang ringan tidak mudah untuk dikenali, karena ada banyak jenis infeksi virus tapi bukan dangue yang gejalanya juga hampir sama, misalnya seperti demam atau panas yang terjadi selama beberapa hari. Sedangkan infeksi berat yang disebabkan oleh virus dangue ini akan menimbulkan banyak tanda dari tubuh yang terjadi secara mendadak, seperti sakit kepala, nyeri otot atau nyeri sensi, juga ruam kulit yakni bintik merah.

Dalam fase awal, penderita akan mengalami demam tinggi, panas suhu badan mencapai angka 40 derajat celcius atau 104 derajat fahrenheit. Laku setelah itu penderit akan mengalami sakit kepala atau febrile yang terjadi selama 2 hingga 7 hari. Gejala yang dirasakan pasien pada fase febrile ini disertai dengan ruam kulit. Di hari pertama atau kedua ruam akan tampak kemerahan seperti kulit yang tersengat panas. Kemudian pada hari ke-4 sampai ke-7 ruam terlihat seperti campak.

Baca Juga  12 Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Deman tinggi yang dialami oleh penderita akan berkurang setelah memasuki fase kritis yang terjadi hingg 2 hari. Pada fase tersebut, cairan jadi menumpuk di dada serta abdomen akibat pembuluh darah mengalami kebocoran kecil. Cairan tersebut akan terus keluar sehingga menyebabkan sirkulasi di darah di dalam tubuh menjadi terhenti.

Ketika fase pemulihan, cairan yang keluar karena pembuluh darah yang bocor akan masuk kembali ke dalam aliran darah. Penderita biasanya akan sembuh secara perlahan pada tahap ini, kurang lebih 2 sampai 3 hari. Di dalam fase ini juga tidak jarang penderita menjadi kehilangan kesadaran atau kejang karena otak yang terpasok cairan berlebih. Ada juga yang mengalami gatal-gatal yang parah dan jantung yang melemah.

Penyebab Demam Berdarah

Virus dangue merupakan jenis virus yang menjadi penyebab demam berdarah. Pada mulanya virus ini menyelinap masuk ke dalam tubuh, kemudian hidup di dalam sel yang mengarah saluran pencernaan nyamuk. Setelah 8-10 hari, virus kemudian menyebar ke kelenjar saliva nyamuk, tempat penghasil saliva atau ludah atau air liur. Oleh sebab itu, nyamuk yang membuat seseorang terinfeksi dengan cara menggigitnya sama halnya dengan memindahkan atau mengoper virus dangue bersama ludah atau air liur nyamuk ke dalam tubuh manusia.

Baca Juga  Merasa Pusing Pada Saat Menstruasi inilah 3 Cara untuk Mengatasinya

Pada awalnya virus ini tidak berbahaya karena masih melawan sistem pertahanan tubuh dengan bantuan sel darah putih. Namun lama kelamaan virus menghasilkan kembali atau memperbanyak diri sehingga membuat sistem kekekbalam tidak mampu menahan serangan virus tersebut, akhirnya virus berhasil masuk ke dalam jaringan tubuh dan menyebar. Itulah beberapa gejala dan penyebab demam berdarah semoga artikel bermanfaat

Share on Facebook22Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
Tags: , ,

Related to: Gejala dan Penyebab Demam Berdarah Yang Harus Diketahui