Gejala Penyakit Ginjal dan Cara Pengobatannya Dengan Daun Sirsak

July 14, 2016

Gejala Penyakit Ginjal dan Cara Pengobatannya – Kebanyakan orang kurang menyadari pentingnya menjaga organ tubuh, seperti ginjal. Padahal fungsi ginjal ini sangat vital sebab sebagai penyaring kotoran yang terdapat dalam makanan yang nantinya akan dibuang melalui urine.

Mengingat pentingnya fungsi dari ginjal dalam tubuh kita, maka dari itu penting mengetahui tentang penyakit ginjal dan pengobatannya secara dini. Hal ini memungkinkan agar kita dapat meminimalkan terjadinya penyakit tersebut.

Ginjal berfungsi untuk membuang sampah sisa motabolisma yang terjadi pada sistem tubuh manusia, Secara sistematis akan membuang cairan yang berlebih dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari.

Apabila ginjal tidak dapat berfungsi, atau dalam dunia kedokteran sebagai penyakit gagal ginjal, sisa metabolisma yang berada didalam tubuh dan tidak dikeluarkan akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri.

Racun metabolism ini akan berdampak munculnya rasa mual, sakit kepala hebat hingga kesadaran menurun dan muntah.

(Baca Juga : Macam macam jus untuk penyakit ginjal)

Cairan yang tidak bisa dikeluarkan dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukkan cairan di seluruh bagian rongga tubuh efek parahnya akan terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak ditangani maka penderita gagal ginjal akan menemui ajalnya.

Gagal ginjal akut jika dilakukan pengobatan secara tepat dan baik, akan dapat diselamatkan. Sedangkan penderita gagal ginjal kronik tidak bisa disembuhkan dan harus menjalani perngobatan seumur hidup.

(Baca Juga : hipertensi pada penyakit ginjal kronik)

Penyebab gagal ginjal akut dapat disebabkan:

  • penyumbatan total saluran ginjal oleh batu ginjal.
  • Kekurangan cairan pada saat diare yang tidak segera di atasi.
  • Kekurangan darah ketika mengalami luka parah.
  • Infeksi berat dan keracunan obat zat kimia.

Apabila tidak ditangani dengan segera gagal ginjal akut dapat menjadi lebih parah dan berubah levelnya menjadi gagal ginjal kronik yang permanen.

Gejala Penyakit Ginjal

gejala-penyakit-ginjal-pengobatan-daun-sirsak

Banyak pasien ginjal yang meninggal dalam waktu satu tahun, setelah terdiagnosa kanker ginjal dan tidak melakukan pengobatan.

Dan, beberapa di antaranya dapat bertahan hidup selama 2 sampai 5 tahun. Penyakit ginjal yang diderita oleh pasien, jika dapat terdeteksi sejak dini dan segera melakukan pengobatan,  tentu keadaan dan kondisi pasien dapat terkontrol dengan baik juga efektif.

Saat ini, sudah terdapat banyak jenis pengobatan penyakit ginjal yang dapat dilakukan oleh pasien. Selain melakukan operasi tradisional, kemoterapi, terapi radiasi, saat ini sudah terdapat berbagai teknologi canggih dalam minimal invasive kanker, seperti cryotherapy, ablasi frekuensi radio dan terapi kekebalan biologi yang membawa harapan baru untuk pasien kanker ginjal. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga  Penyakit Demam Berdarah - Ciri Ciri, Gejala dan Cara Mencegahnya

1. Metode Pengobatan Tradisional Kanker Ginjal

  • Operasi.
    Operasi merupakan salah satu metode pengobatan yang efektif untuk penderita kanker ginjal. Dalam melakukan operasi kanker ginjal terdapat beberapa cara, yaitu nephrectomy radikal, nephrectomy parsial dan sebagainya. Jika kondisi dari pasien sangat memungkinkan, maka pengobatan dengan nephrectomy radikal adalah metode yang terbaik untuk menjalani pengobatan. Oleh sebab itu, jika di dalam tubuh ditemukan gejala kanker ginjal, maka segera lakukan pemeriksaan secepatnya agar dapat terdeteksi sejak dini dan melakukan pengobatan yang tepat.
  • Kemoterapi.
    Menggunakan obat berbahan kimia, memang dapat membunuh sel kanker, dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan reproduksi, akan tetapi, penggunaan obat yang berbahan kimia juga dapat menurunkan kekebalan tubuh pasien, sel-sel jaringan yang normal menjadi rusak, sehingga banyak pasien kanker yang menjadi resisten terhadap pengobatan kemoterapi.
  • Pengobatan Radioterapi.
    Sebelum melakukan operasi atau pembedahan ginjal, radioterapi digunakan secara luas sebagai terapi adjuvant. Selain itu, metode ini dapat meringankan rasa sakit yang dialami pasien, dan merupakan pengobatan lain dari karsinoma sel dalam metastasis ginjal. Tetapi pengobatan metode ini memiliki efek samping yang sangat besar, seperti menyebabkan rasa nyeri yang hebat, sehingga banyak pasien yang menolak untuk melakukan pengobatan metode ini.

2. Metode Pengobatan Minimal Invasif Kanker Ginjal

  • Cryotherapy
    Merupakan perkembangan metode pengobatan yang relatif baru dan mengalami kematangan lebih cepat, di bawah bimbingan dari metode ultrasound atau CT-Scan, jarum cryo di arahkan ke dalam tumor, lalu masukkan gas argon, sehingga suhu tumor dapat berkurang dengan pesat, kemudian masukkan helium untuk berubah menjadi rewarming, lalu membuat menjadi beku, dan rewarming menjadi dua siklus. Jaringan tumor dapat dihancurkan dengan siklus panas dan dingin. Cryotherapy merupakan efek samping dari terapi fisik.
  • Radiofrequency Ablation
    Dalam mengobati kanker ginjal RFA, metode pengobatan ini adalah cara yang terbaik.  Radiofrequency Ablation dapat membunuh langsung tumor di dalam ginjal, dan membunuh dengan cepat sel-sel kanker di bawah bimbingan perangkat pencitraan dan perkutan.
  • Terapi Kekebalan Biologi
    Sebagai awal dari pengolahan biologis adalah kekebalan tubuh, kanker ginjal bagian tengah dan akhir. Metode pengobatan ini secara signifikan dapat mengurangi tingkat kekambuhan pada kanker ginjal, dapat meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang kelangsungan hidup pasien.
  • Metode Pengobatan Cina
    Pengobatan cina merupakan metode pengobatan dengan kesseimbangan pengkondisian, dan meluruskan efek antikanker. Dengan metode pengobatan Cina, seluruh proses terapi pengobatan kanker ginjal dapat diobati. Dengan memainkan peran sinergis untuk melemahkan, metode pengobatan ini juga dapat memperbaiki dan meningkatkan system kekebalan tubuh pasien kanker ginjal, dapat mengurangi efek samping dari pengobatan kemoterapi, dan hasilnya dapat meningkat secara efektif.
Baca Juga  11 Gejala Penyakit Ginjal Awal yang Harus di Ketahui

Obat sakit ginjal – Cara Mengobati Dengan Daun Sirsak

Nah, berikut ini merupakan salah satu contoh khasiat daun sirsak untuk ginjal. Ambil beberapa lembar daun sirsak dan cuci bersih. Kemudian rebuslah air hingga mendidih, setelah itu, masukkan daun sirsak sebanyak 3 – 5 lembar.

Saring rebusan air daun sirsak tersebut dan minum selagi hangat. Konsumsilah teh daun sirsak tersebut 2 hingga 3 kali dalam sehari untuk mengobati sakit ginjal anda.

Meskipun pengobatan dengan daun sirsak bisa dilakukan dengan mudah, namun alangkah baiknya jika sedari dini anda melakukan pencegahan penyakit ginjal dan pengobatannya. Sebab melakukan pencegahan tersebut lebih baik dibandingkan harus mengobati.

Anda bisa mengantisipasinya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Hindarilah jenis makanan seperti cabe, kacang, tahu dan tempe. Batasi konsumsi keju, garam, jeroan, emping melinjo serta ikan laut.

Seperti yang disampaikan oleh seorang ahli dari Modern Cancer Hospital Guangzhou mengatakan, pasien kanker ginjal harus diperlakukan sesuai dengan kondisi fisik dan kondisi khusus mereka secara bersamaan. Kita harus aktif untuk melakukan kerjasama dengan dokter, selalu menjaga sikap yang baik, sehingga mendapatkan efek dari pengobatan dengan hasil yang baik pula.

Tags: , , ,

Related to: Gejala Penyakit Ginjal dan Cara Pengobatannya Dengan Daun Sirsak