Gejala Penyakit Sinusitis dan Ciri-ciri yang Mudah Dikenali

November 18, 2016

Sinusitis penyakit yang menyerupai gejala flu bila Anda merasa kesulitan dalam bernapas, hidung tersumbat, wajah seperti terasa penuh, merasa nyeri pada daerah mata atau dahi, bahkan pada gigi atas terasa sakit. Maka sebainyak Anda perlu hati-hati, karena bisa saja Anda terserang penyakit sinusitis. Mengapa? Karena itu adalah beberapa gejala umum para penderita sinusitis yang dikeluhkan mereka kepada dokter. Apakah Anda tahu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit sinusitis tersebut?

Sinusitis dapat disebutkan sebagai peradangan yang terjadi pasa area sinus. Sinus adalah ruang udara yang berada di area wajah dan secara langsung terhubung dengan hidung Anda.

Nah, karena terjadi peradangan pada area sinus ini maka menjadi penyebab penyakit sinusitis dari penimbunan lender di area sinus. Dan hal ini dapat mengakibatkan tumbuhnya tempat bakteri. Namun, untuk mendiagnosis seseorang tersebut terkena sinusitis tidak mudah.

gejala penyakit sinusitis dan pengobatannya sama halnya dengan gejala flu. Jika ada seorang anak yang mengalami flu lebih dari sepuluh hari, maka perlu untuk diwaspadai bahwa anak tersebut sudah terkena sinusitis.

Gejala Penyakit Sinusitis

gejala penyakit sinusistis

ilustrasi pengobatan sinusistis

Ciri-ciri dan gejala penyakit sinus pada anak, harus Anda ketahui sekarang juga!.

Nah, oleh karena itu pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang gejala penyakit sinus pada hidung.

  1. Hidung pilek

gejala awal penyakit sinusitis yang pertama diawali dengan hidung pilek. Hal ini disebabkan karena adanya peradangan yang dipicu oleh pilek, iritasi atau terjadi serangan alergi yang biasa pada penyakit sinusitis ini.

  1. Terjadi tekanan di sekitar gigi dan wajah
Baca Juga  9 Cara Menghilangkan Penyakit Stretch Mark Secara Medis dan Alami

Pada umumnya gejala terkena penyakit sinusitis,  pasien mengalami sumbatan pada hidung bahkan sakit atau merasakan sebuah tekanan yang berlebih pada area sekitar gigi dan wajah.

Terjadinya tekanan berlebih pada area gigi serta wajah adalah gejala penyakit sinusitis utama yang menandakan bahwa orang tersebut terkena penyakit sinusitis. Tekanan ini karena disebabkan oleh jaringan yang sudah meradang pada ujung saraf dinding dalam di sinus Anda.

Apabila Anda merasakan nyeri di area dahi atau bahkan pada kepala Anda terasa sakit, hal ini disebabkan oleh sinusitis frontalis yang berada pada area dahi atau pada atas mata.

Apabila Anda merasa nyeri pada area pipi lalu merambat ke bagian gigi atas, maka ini karena sinusitis maksilaris yang berada pada kedua tulang pipi Anda.

Tetapi, jika yang Anda rasakan nyeri pada area mata, maka ini disebabkan karena sinusitis etmoidalis yang berada di antara mata Anda.

Sedangkan jika yang terasa nyeri itu pada belakang mata, puncak kepala atau bahkan pada sepanjang tengkuk Anda, maka hal ini disebabkan oleh sinusitis sfenidalis yang berada di bawah otak dan belakang hidung Anda.

  1. Hidung mengeluarkan lendir berwarna

Tanda dan gejala penyakit sinusitis dalam kondisi yang lebih parah adalah hidung penderita akan mengeluarkan cairan yang berwarna kuning, hijau, atau hanya bening saja. Sedangkan gejala lain yang dialami oleh penderita adalah merasakan kelelahan yang berlebihan.

  1. Penurunan daya penciuman dan pengecapan

Selain gejala penyakit sinusitis yang sudah dijelaskan di atas, gejala lainnya adalah berkurangnya daya penciuman Anda. Hal ini disebabkan karena terjadi pembengkakan pada selaput hidung, sehingga  menghambat berbagai aneka jenis bau yang dapat Anda hirup.

Baca Juga  Gejala Kolesterol dan Asam Urat Bahaya Wajib Untuk Segera Diobati

Maka dengan demikian, membuat respector penciuman Anda secara perlahan menjadi berkurang. Tidak hanya daya penciuman saja yang berkurang, tetapi daya pengecap Anda pun akan mengalami hal yang sama, yakni menjadi berkurang.

Tentu hal ini sudah Anda ketahui, bahwa indera pengecapan sanga bergantung kepada indera penciuman. Maka dari itu, jika daya penciuman menjadi berkurang atau bahkan mengalami gangguan, tentu saja indera pengecap Anda pun akan mengalami hal sama pula.

  1. Batuk dan Bau Napas
Ilustrasi saluran pernafasan di tengkorak

Ilustrasi saluran pernafasan di tengkorak

Gejala penyakit sinusitis secara umum yang dialami oleh penderita yaitu batuk serta bau napas yang tidak sedap. Napas yang bau karena disebabkan oleh lendir yang mengalami infeksi.  Lendir ini memiliki kandungan bakteri sehingga jika keluar akan menimbulkan bau busuk.

Jika batuk, hal ini terjadi karena lendir yang menyentuh pita suara sehingga membuat Anda menjadi batuk. Dari beberapa gejala penyakit sinusitis yang harus diperhatikan adalah karena pertolongan atau penanganan yang diabaikan, sehingga membuat infeksi kuman dari sinusitis pun merambat pada tulang sekitar rongga sinus yang terserang, yaitu reseptor (otak), mata, bahkan paru-paru.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri dan gejala pengakit sinusitis yang harus Anda kenali. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

 

Tags: , ,

Related to: Gejala Penyakit Sinusitis dan Ciri-ciri yang Mudah Dikenali