Gejala Penyebab Penyakit Diabetes dan Komplikasi Diabetes

January 23, 2016

Sebelum lebih jauh mengupas tentang penyebab penyakit diabetes, maka ada baiknya jika kita mengetahui lebih dulu dari definisi serta tipe diabetes. Diabetes atau yang lebih dikenal dengan penyakit gula ini merupakan sebuah penyakit dimana tubuh tidak mampu menyerap gula dengan baik. Umumnya ini disebabkan karena kerusakan pankreas yang berujung tidak dapat memproduksi insulin yang cukup. Penyebab lainnya bisa juga dikarenakan penyerapan insulin tidak bisa bekerja dengan optimal dan akhirnya gula darah naik dengan pesat.

Gejala Penyakit Diabetes

gejala-penyakit-diabetes

Umumnya, para penderita diabetes ini akan mengalami haus yang sangat berlebihan. Frekuensi buang air kecil pun lebih sering terjadi, terlebih jika pada malam hari. Gejala penyakit diabetes lainnya adalah akan menjadi lebih sering makan dalam porsi yang banyak, namun penurunan berat badan justru terjadi. Bisa dibilang, penurunan ini terjadi secara tiba-tiba dan tanpa sebab jelas.

Penyebab Penyakit Diabetes

Adapun beberapa tipe diabetes mellitus yang perlu anda ketahui yakni, diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 serta Gestational Diabetes. Umumnya penyakit diabetes ini disebabkan karena faktor usia seseorang. Bertambah tua seseorang, maka kemampuan kerja organ tubuh juga akan melemah. Inilah yang menjadi penyebab penyakit diabetes. Selain faktor usia, pola makan juga sangat berpengaruh pada berpotensi tidaknya seseorang terkena diabetes. Jenis makanan berlemak dan tinggi karbohidrat bisa menyebabkan anda lebih rentan terkena diabetes.

Baca Juga  Angin Duduk - Penyebab, Gejala, Mencegah & Mengobati

Penyakit Komplikasi Akibat Diabetes

Untuk menghindari penyakit diabetes tersebut, ada baiknya jika anda menjaga berat badan agar seimbang. Jangan lupa Perbanyak aktifitas fisik sebab berbagai aktivitas dapat mengubah gula darah menjadi energi. Bagi anda yang memiliki riwayat keluarga diabetes, maka berhati-hatilah menjaga pola makan sebab faktor yang menyebabkan penyakit diabetes ini adalah pola makan salah yang diturunkan. Jagalah pikiran anda agar tidak stress dengan melakukan olahraga sebab stress dapat memicu kadar glukosa sehingga menjadikan anda lebih rentan terkena penyakit diabetes.

Lakukan tips diatas sebagai langkah pencegahan penyakit komplikasi akibat diabetes seperti jantung, saraf, ginjal, mata dan otak. Maka penting sedari dini melakukan cek rutin gula darah secara teratur. Dan yang terpenting adalah memiliki kemauan menjaga kesehatan dengan pola makan sehat, olahraga, istirahat cukup serta positive thinking agar terhindar dari penyebab penyakit diabetes.

Tags: , , , , , , , ,

Related to: Gejala Penyebab Penyakit Diabetes dan Komplikasi Diabetes