Gejala Tumor Ovarium / Kanker Ovarium yang Wajib Diwaspadai

November 29, 2016

Tumor Ovarium – Tumor atau yang lebih dikenal dengan serangan kanker ovarium ini memang banyak terjadi pada wanita. Beberapa tempat di bagian tubuh wanita yang biasa menjadi langganan adalah payudara, organ reproduksi, sampai organ penting tubuh lainnya. Memang perlu waspada mengingat gejala tumor ovarium ini sangatlah menyakitkan. Memang untuk pertama kalinya kanker atau tumor tersebut tidak akan begitu sakit untuk awalnya, namun jika dibiarkan akan mengancam nyawa dari pengidapnya.

Yang lebih berat lagi adalah gejala awalnya tidak akan timbul langsung menyakitkan sehingga setelah masuk ke stadium yang lebih tinggi baru timbul gejala tersebut. Anda tidak perlu khawatir bagaimana mengetahui gejala awal dari kanker ovarium tersebut karena di bawah ini sudah kami siapkan informasi mendetail yang Anda butuhkan.

Mengenali Gejala Tumor Ovarium  (Kanker Ovarium Awal)

tumor ovarium

Daerah Perut Terjadi Pembengkakan

Gejala awal yang timbul pertama kali saat terkena masalah tumor ovarium ini adalah terjadinya pembengkakan pada perut. Timbulnya bengkak ini kadang akan terasa sakit sedikit ketika disentuh. Pada orang normalnya pembengkakan ini perlu diwaspadai karena gejala timbulnya tumor ovarium ini sama seperti gejala kegemukan. Bukan berarti jika perut Anda tiba-tiba membesar akan langsung panik, perlu ketelitian dan perhatian yang lebih lagi agar tahu apa sebenarnya penyebab pembengkakan tersebut.

Baca Juga  Pantangan Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat yang Harus Diwaspadai

Nyeri Daerah Perut

Setelah perut membengkak secara signifikan biasanya juga disertai dengan adanya rasa nyeri yang berlebihan pada perut. Mungkin sebagian orang memiliki masalah utama dengan penyakit maagnya, namun perlu diwaspadai juga jika timbul selama beberapa hari bahkan selama sebulan penuh. Jika sudah begini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk identifikasi lebih lanjut tentang penyakit yang sedang diderita, banyak pengidap sebelumnya yang mengeluhkan rasa nyeri tidak tertahankan bahkan lebih parah saat terlambat datang bulan.

Adanya Pendarahan

Jika Anda menghitung masa datang bulan pastinya akan bisa memprediksi hari tersebut akan tiba, lalu bagaimana jika secara tiba-tiba terdapat pendarahan pada organ intim Anda? Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena dikhawatirkan kanker atau tumor ovarium tersebut sudah parah. Gejala ini yang menjadi salah satu titik utama seseorang mulai terjangkit ini.

Diare Berlebihan

Bukan berarti penyakit biasa karena diare berlebihan juga bisa menjadi pertanda penyakit lain sedang menyerang. Jika sebelumnya Anda merasakan gejala tersebut disertai dengan adanya diare maka perlu waspada dan dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Diare ini memicu menurunnya ketahanan tubuh dan hilangnya cairan tubuh dengan cepat. Biasanya tidak sekali atau dua kali saja namun bisa sampai berlebihan.

Baca Juga  Langkah - langkah mengobati penyakit jantung secara alami

Penyebab Kanker atau Tumor Ovarium

kanker ovarium

Penyebab penyakit ini sendiri dipicu karena masalah pola hidup yang tidak sehat terutama sering mengonsumsi bahan bersifat karsinogenik (racun). Nantinya ketika bahan tersebut masuk ke dalam tubuh manusia akan diolah tubuh menjadi jaringan baru namun terjadi kelainan yang membuat tubuh justru lebih buruk. Sebelum hal ini menimpa pada Anda atau saudara Anda sebaiknya segera ubah pola makan yang sehat dan rajin berolahraga. Memang yang namanya kesehatan akan sangat mahal harganya. Konsumsi sayur dan buah yang banyak juga dapat meminimalkan Anda terserang penyakit mematikan ini.

Beberapa penyebab dan gejala tumor ovarium tersebut sudah dijelaskan secara lengkap. Jika ada pertanyaan seputar penyakit ini bisa langsung ditanyakan atau melihat update lain yang kami buat setiap hari. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mendapatkan banyak pengetahuan tentang penyakit dan bagaimana mencegahnya agar tidak timbul.

 

Tags: ,

Related to: Gejala Tumor Ovarium / Kanker Ovarium yang Wajib Diwaspadai