Gemar Minum Soda Tingkatkan Risiko Kanker Empedu

November 12, 2016

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menunjukkan, bahwa orang yang suka atau gemar minum minuman soda atau minuman manis yang lainnya memiliki resiko terkena kanker di kandung empedu serta saluran-saluran empedu yang berada di sekitar hati.

minum soda

minum soda

Seperti yang dilansir dari Foxnews, bahwa soda serta minuman manis lainnya yang telah dikaitkan dengan gula darah tinggi serta berat badan. Dari sejumlah penelitian sudah membuktikan, bahwa obesitas dan peningkatan kadar gula darah adalah ciri khas dari munculnya penyakit diabetes yang dapat meningkatkan resiko kanker empedu.

Susanna Larsson, seorang penulis utama dari Institut Karolinaka di Swedia menyampaikan, bahwa untuk mengeksplorasi terjadinya kemungkinan ini, peneliti melakulan analisa pada data survei dari kebiasaan makan juga minum lebih terhadap 70.000 orang dewasa. Lalu mereka mengikuti selama lebih dari 13 tahun untuk melihat dan mengetahui apakah mereka didiagnosis kanker atau tidak.

Selama berlangsungnya penelitian tersebut, ada sekitar 150 orang yang terindikasi menderita kanker saluran empedu atau kandung empedu. Tetapi jika dibandingkan dengan orang-orang yang menghindari minuman manis atau bergula sama sekali, seseorang yang mengkonsumsi dua atau lebih minuman jus atau soda, termasuk soda pemanis buatan cenderung memiliki resiko dua kali atau lebih terserang kanker kandung empedu atau kemungkinan 79% lebih tinggi terkena serangan kanker saluran empedu.

Baca Juga  Kelezatan Makanan Kanker Getah Bening Yang Wajib Diketahui

“Mengkonsumsi soda secara terus menerus dihubungkan dengan resiko kanker saluran empedu (hanya studi pada sebelumnya) sedangkan kanker lainnya pada studi sebelumnya yang serupa,” ujar Larsson.

Penelitian yang saat ini dilakukan adalah studi pertama yang menunjukkan hubungan yang kuat antara mengkonsumsi minuman yang manis, seperti soda dan resiko terkena kanker saluran empedu, tutur Larsson.

Pada awal dilakukan penelitian tersebut, peserta harus menyelesaikan kuesioner yang menanyakan beberapa banyak soda atau minuman jus yang sudah mereka konsumsi dalam satu minggu terakhir dan berapa banyak yang sudah mereka konsumsi pada tahun sebelumnya.

Saat mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut pada tahun 1997, para peserta rata-rata berusia 61 tahun. Dari setengah mereka mengalami berat badan yang berlebih dan 25% di antaranya adalah perokok saat ini.

Dalam hal ini para peneliti mengecualikan orang yang sudah didiagnosis kanker sebelumnya atau orang yang memiliki riwayat diabetes. Tetapi hasilnya, seperti yang sudah diprediksi.

“Orang-orang yang mengkonsumsi minuman soda atau minuman manis lainnya sebanyak dua atau lebih dalam sehari lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan dan makan diet tinggi kalori dengan lebih banyak gula serta karbohidrat juga kurang protein dan lemak,” tulis sang peneliti.

Baca Juga  Fakta Anak Anak Berusia 2 Hingga 10 Tahun Rawan Kekurangan Gizi

Meskipun demikian, karena penelitian ini merupakan observasional, temuan tersebut tidak membuktikan soda serta minuman manis dapat menyebabkan kanker. Tetapi ada juga kemungkinan bahwa karena peneliti ini hanya mempunyai data mengenai kebiasaan minum pada awal dilakukannya penelitian tersebut, para penulis mencatatnya ke dalam Journal of National Cancer Institute.

Dr. Margo Danke, mantan peneliti di University of Texas Southwestern Medical School yang berada di Dallas yang tidak terlibat ke dalam penelitian ini mengatakan, studi ini masuk akal karena kejadian empedu juga kantong empedu kanker jumlahnya lebih tinggi di antara orang-orang yang mengkonsumsi soda dan jus dalam jumlah yang lebih.

“Mungkin hubungannya tidak jelas, namun jelas. Ini adalah sinyal bahwa gaya hidup yang sehat adalah kunci untuk bisa hidup bebas dari kanker,” ujarnya.

Terlepas dari berbagai penyebabnya, untuk memuaskan dahaga cukup dengan air putih untuk tubuh agar tetap fit juga sehat.

 

Tags: ,

Related to: Gemar Minum Soda Tingkatkan Risiko Kanker Empedu