Gizi Buruk Anak Akibat Kelalaian Orang Tua Atau Pemerintah ?

August 10, 2016

Pola hidup sehat adalah sesuatu yang amat penting dan mutlak untuk didapatkan oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini memang bukan sesuatu yang mudah untuk dipenuhi, namun jika tidak dipenuhi maka masa depan dari anak anda yang akan menjadi taruhannya. Anak yang memiliki masalah dengan gizi buruk akan tumbuh dengan kurang optimal, biasanya disertai dengan kurangnya tingkat kecerdasan anak dan postur tubuh anak yang kurang baik. Oleh karena itu perbaikan pola hidup bagi anak adalah hal vital yang harus didapatkan oleh anak anda demi masa depannya yang lebih baik.

gizi buruk anak

Ilustrasi gizi buruk

Banyak orang tua yang kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anak-anaknya, terlebih saat anak tidak dalam pengawasan langsung oleh orang tua. Salah satunya adalah pada saat anak berada di sekolah. Jajanan yang dijajakan di sekolah biasanya tidak mengandung gizi yang cukup baik bagi anak-anak. Standar gizi yang buruk pada jajanan ini akan berdampak secara langsung pada tumbuh kembang anak anda. Sudah menjadi tugas anda untuk memenuhi kebutuhan gizi dari anak anda. Lingkungan rumah adalah tempat utama dimana anda bisa mengawasi segala makanan yang dikonsumsi oleh anak anda.

Baca Juga  Berpotensi Terkena Diabetes Lebih Banyak Ternyata Ibu Rumah Tangga

Berdasarkan survey dari PDGMI, kendala utama dalam masalah gizi anak justru diawali oleh pihak lingkungan pertama si anak, yakni keluarga. Banyak orang tua yang sekarang ini tak peduli akan pentingnya konsumsi makanan bergizi pada anak. Mereka lebih mengutamakan kepraktisan dan kemudahan sehingga makanan instan dan makanan cepat saji menjadi pilihan utama untuk makanan ataupun jajanan si anak. Padahal seperti yang diketahui bahwa makanan instan dan cepat saji adalah makanan yang tak memiliki kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Hal ini bukanlah kebiasaaan yang baik dan jika diteruskan maka akan mempengaruhi pertumbuhan tubuh si anak yang kurang optimal.

Daripada memberi uang saku yang terlalu banyak kepada anak, lebih baik orang tua memberikan bekal makanan yang bisa dikonsumsi oleh anak di sekolah. Dengan membawa bekal ini maka anak anda akan lebih memahami mana makanan yang baik dan yang kurang baik untuk dikonsumsi oleh anak anda. Jangan biarkan anak anda untuk mengkonsumsi makanan atau jajanan yang dijual di kantin sekolah terlalu sering. Hal ini dikarenakan anda tidak dapat mengontrol apa saja yang ada di dalam makanan dan jajanan tersebut. Selain itu anda juga tak tahu gizi apa yang terkandung di dalam makanan itu. Bahkan bisa saja tidak ada kandungan gizi berarti di dalam makanan itu.

Baca Juga  Fakta Anak Anak Berusia 2 Hingga 10 Tahun Rawan Kekurangan Gizi

Lingkungan berikutnya yang juga sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak adalah lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah adalah lingkungan kedua terpenting setelah lingkungan keluarga. Pihak sekolah harusnya memberikan arahan yang baik kepada pihak pengelola kantin sekolah agar kantin sekolah bisa menyediakan makanan yang bergizi tinggi untuk para siswa. Selain itu pihak pengajar dan guru-guru harusnya juga memberikan arahan yang baik pada para siswa agar mereka selalu mengkonsumsi makanan dengan komposisi 4 sehat 5 sempurna. Dengan begini kondisi gizi anak yang buruk dapat terhindar.

Pihak sekolah harus berani menindak tegas para pengelola kantin dan penjaja makanan yang menjual makanan tak sehat untuk para siswa. Peraturan untuk tidak menjual makanan yang terlalu banyak mengandung MSG pun harus ditegakkan pula. Dengan adanya peraturan seperti ini diharap para siswa bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Tags:

Related to: Gizi Buruk Anak Akibat Kelalaian Orang Tua Atau Pemerintah ?