Hati-Hati Inilah10 Penyebab Kolesterol Tinggi

March 3, 2016

Pengertian Kolesterol. Kolesterol merupakan lemak lunak yang dapat diproduksi oleh tubuh atau dapat juga dihasilkan dari sumber makanan. Biasanya, dalam sehari tubuh dapat mengahasilkan kolesterol sebanyak 800 mg.

Bagian tubuh yang dapat memproduksi kolesterol yaitu hati, sedangkan sumber makanan yang dapat menghasilkan kolesterol yaitu seafood, daging, susu atau olahan produk susu dan kuning telur. Jika dalam kadar yang normal, kolesterol juga memiliki manfaat di antaranya sebagai berikut :

  • Kolesterol dapat bermanfaat untuk perkembangan janin juga otak bayi.
  • Kolesterol dapat bermanfaat untuk perkembangan syaraf.
  • Pemungkus jaringan syaraf juga membren sel.
  • Dapat memproduksi hormon yang baik untuk kekebalan tubuh manusia.

Tidak hanya itu saja, sebenarnya masih banyak manfaat kolesterol lainnya yang baik untuk tubuh manusia. Namun sayangnya, keadaan kolesterol yang tidak terkontrol menjadi bumerang untuk manusia dan justru menyebabkan beberapa jenis penyakit di dalam tubuh manusia.

Sebenarnya, kolesterol tinggi dapat dikenal dari gejala yang terjadi. Yang paling umum dari gejala kolesterol adalah sering merasakan pegal pada bagian tengkuk dan pundak, mudah mengantuk, kesemutan dan juga mudah lelah.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol dapat dikatakan normal untuk tubuh manusia jika berada di kisaran 160-200 mg. Jika Anda memiliki kadar kolesterol di atas dari 240 mg, itu artinya Anda adalah orang yang termasuk memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Kolesterol tinggi disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah faktor keturunan juga pola hidup yang tidak sehat. Berikut ini adalah penjelasan dari penyebab kolesterol tinggi pada manusia.

1. Menu Makanan
Pada bagian awal sudah dijelaskan, bahwa sebagian kolesterol diproduksi oleh tubuh manusia yaitu pada bagian orga hati. Sekitar 80% asupan kolesterol sudah dapat dipenuhi oleh tubuh manusia itu sendiri, setelah itu baru dihasilkan dari sumber kolesterol lainnya seperti makanan.

Namun sayangnya, beberapa jenis makanan memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi melebihi dari 240 mg. Makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi yaitu susu, kuning telur, daging, keju serta mentega.

Kelima jenis makanan tersebutlah yang memiliki kandungan minyak jenuh lebih banyak sehingga dapat memicu tingginya kadar kolesterol. Tidak hanya itu saja, beberapa jenis makanan ringan seperti snack dan cracker juga mengandung banyak minyak trans yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

Baca Juga  Buah Penurun Kolesterol ini Sudah Terbukti Menurunkan kolesterol Berdasarkan Penelitian

2. Obesitas/Berat Badan Yang Berlebih
Obesitas adalah salah satu sumber yang menyebabkan terjadinya beberapa jenis penyakit dalam tubuh manusia, seperti penyakit diabetes.

Tidak hanya itu saja, obesitas juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kolesterol tinggi yang terbilang cukup berbahaya. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, cenderung orang tersebut memiliki kadar kolesterol jahat yang bisa dikatakan cukup tinggi.

Jenis kolesterol pun dibagi menjadi dua bagian, yaitu kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).

LDL yang baik

Pada orang yang mengalami obesitas jumlah kadal HDL-nya sangat kecil dibandingkan dengan jumlah kadar LDL-nya yang cukup tinggi. Selain itu, obesitas juga dapat memicu kadar trigliserida yang juga dapat meningkatkan kadar kolesterol.

3. Kurang Berolahraga
Kita sudah mengetahui, bahwa olaharaga memiliki banyak manfaat, namun sayangnya dengan berbagai kesibukan membuat seseorang menjadi kurang berolahraga.

Orang yang kurang berolahraga lebih beresiko memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang sering melakukan olahraga.

Sebenarnya hal ini dapat diantisipasi, jika Anda memiliki banyak aktivitas. Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu bekerja dengan duduk, coba sesekali Anda berjalan-jalan atau melakukan aktivitas gerak yang lainnya.

Karena kerja duduk dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi, namun banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut.

4. Merokok
Jika Anda seorang perokok, mulai saat ini belajarlah untuk mengurangi kebiasaan merokok hingga nanti Anda dapat benar-benar meninggalkan rokok.

Hati-Hati Inilah10 Penyebab Kolesterol Tinggi

Rokok memiliki kandungang akroelin atau zat kimia yang berbahaya yang dapat mengurangi kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh.

Dengan berkurangnya kadar HDL, tentu dapat menyebabkan meningkatnya kadar LDL di dalam tubuh dan hal ini sangat berbahaya untuk tubuh manusia.

Karena zat tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di dalam hati, sehingga menyebabkan hati tidak dapat berfungsi dengan baik.

5. Konsumsi Alkohol
Tidak hanya rokok, mengkonsumsi alkohol pun dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Seseorang yang rutin mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, lebih berpotensi mengalami koleterol tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengkomsumsi atau minum-minuman alkohol.

Baca Juga  Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam

6. Usia dan Gender
Biasanya pada usia di atas 20 tahun terjadi peningkatan kadar kolesterol. Jika tidak dikontrol dengan baik, maka akan menjadi bahaya yang akan merugikan bagi tubuh. Sedangkan bagi pria yang sudah menginjak usia 50 tahun, kadar kolesterolnya akan menjadi tinggi, dan untuk wanita saat mengalami menopause kadar kolesterolnya bisa menurun, tapi setelah itu akan kembali meningkat.

7. Konsumsi Obat-Obatan
Seseorang yang mengkonsumsi obat-obatan yang terbuat dari bahan zat kimia justru memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Seperti obat-obatan bet-blocker, thiazide dan estrogen yang dapat menyebabkan terjadinya kadar kolesterol tinggi. Karena obat-obatan tersebut dapat mengurangi HDL yang ada di dalam tubuh.

8. Penyakit Lain
Ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol. Contohnya adalah orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi cenderung akan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sedangkan jenis penyakit lainnya yaitu penyakit hati liver juga penyakit gangguan ginjal kronis.

9. Keturunan/Faktor Genetika
Jika Anda memiliki keluarga yang mempunyai riwayat penyakit kolesterol tinggi, maka Anda harus berhati-hati. Hal ini disebabkan karena seseorang yang berada dalam garis keturunan yang memiliki penyakit kolesterol tinggi, cenderung orang itu akan mewarisi hal tersebut dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat kolesterol dari keluarganya.

10. Stress
Seseorang yang mengalami tingkat stress yang tinggi, justru dapat meningkatkan kadar LDL yang cukup tinggi. Hal ini akan semakin menjadi parah, jika orang tersebut mengakhiri tingkat stressnya dengan mengambil jalan pintas seperti merokok, meminum-minuman alkohol dan mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan zat penyebab kolesterol tinggi.

Demikianlah artikel mengenai penyebab kolesterol tinggi, jika hal-hal yang disebutkan di atas merupakan kebiasaan Anda, maka sebaiknya Anda mengubah kebiasaan tersebut dan cobalah berusaha untuk menjalani pola hidup yang sehat agar dapat mencegah terjadinya kolesterol tinggi.

Tags: , , , ,

Related to: Hati-Hati Inilah10 Penyebab Kolesterol Tinggi