Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Mandi, Agar Kulit Tetap Sehat

August 2, 2016

Mandi adalah salah satu aktivitas harian yang tentu selalu Anda lakukan setiap hari. Walaupun demikian, masih saja banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan ketika mandi sehingga membuat kulit menjadi rusak.

Kesalahan Saat Mandi

Oleh karena itu, penting untuk Anda ketahui kebiasaan apa saja yang membuat kesehatan kulit menjadi rusak. Nah, seperti yang dikutip detikHealth dari Times of India beberapa waktu lalu, berikut ini adalah 5 kesalahan ketika mandi yang sebaiknya harus Anda hindari :

1. Terlalu Sering Mandi Menggunakan Air Hangat

Walaupun membuat mandi terasa lebih nyaman, tetapi menggunakan air hangat terlalu sering saat mandi bisa membuat rusak kelembaban alami kulit. Kondisi seperti ini yang menyebabkan kulit lama-kelamaan menjadi kering dan dapat memicu gatal-gatal.

2. Menggunakan Body Scrub Setiap Hari

Meskipun penggunaan body scrub itu dianjurkan untuk membantu mengangkat kulit mati, tetapi bukan berarti Anda harus memakai body scrub setiap hari. Karena kebiasaan tersebut bukan untuk menyehatkan kulit, tetapi membuat kulit menjadi iritasi dan ruam. Sedangkan terlalu sering menggunakan body scrub dalam jangka panjang akan membuat kulit menjadi kering dan mengelupas.

Baca Juga  Kebotakan Pada Pria Cara ini Terbukti Ampuh Mengatasinya

3. Pisau Cukur Jarang Diganti

Sebaiknya perhatikan penggunaan pisau cukur, karena pisau cukur harus sesering mungkin diganti, terutama bagi Anda yang menggunakannya setiap hari. Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu bersihkan dan keringkan pisau cukur setiap kali selesai digunakan.

  1. Menggunakan Shower Puff Yang Usang

Meskipun menggunakan shower puff dapat membantu mengangkat sisa-sisa kulit yang mati, Anda tetap harus berhati-hati. Apabila Anda malas untuk menggantinya, tetapi Anda sering mandi menggunakan shower puff yang telah usang, maka benda tersebut akan menjadi tempat kuman berkembang biak.

  1. Menggunakan Produk Berbahan Keras

Apabila Anda dapat memilih produk yang tepat, tentu mandi akan menjadi aktivitas harian yang menyehatkan juga menyenangkan. Namun, jika Anda salah memilih produk dan menggunakan yang berbahan keras, maka kulit Anda justru menjadi kering.
Selain 5 kesalahan di atas dalam mandi, handuk adalah hal penting yang harus diperhatikan setelah mandi. Menurut Elizabeth Scott, Ph.D., direktur Simmons College Centre for Hygiene and Health, menganjurkan untuk menggunakan handuk baru setiap hari saat mengeringkan tubuh setelah mandi agar bakteri tidak melekat di kulit. Tetapi, jika hal ini terasa merepotkan, Anda dapat mengganti handuk setiap 2 atau 3 hari sekali, asalkan handuk yang Anda gunakan untuk sendiri tidak bergantian dengan orang lain, lalu handuk tersebut dijemur di ruang terbuka yang terkena paparan sinar matahari juga handuk yang digunakan harus dalam kondisi baik.

Baca Juga  MENGERIKAN 5 Hal yang Membuat Serangan Jantung Secara Tiba Tiba

Related to: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Mandi, Agar Kulit Tetap Sehat