Hindari 6 Makanan ini Secara Berlebihan Penyebab Diare

February 16, 2016

6 jenis makanan penyebab diare – Dalam setahun, tentu kita pernah mengalami diare atau mencret sebanyak 2 atau 3 kali terjadi dalam setahun. Diare atau mencret dapat membuat kondisi tubuh menjadi lemas, karena mengeluarkan banyak cairan yang menyebabkan dehidrasi.

 6 jenis makanan penyebab diare

6 jenis makanan penyebab diare

Diare atau mencret ini dapat terjadi pada siapapun, tidak memandang usia. Penyakit diare atau mencret pada dasarnya tidak tergolong serius dan dapat ditangani dengan mudah, tapi juga dapat menyebabkan kematian jika tidak segera mendapatkan pertolongan.

Diare atau mencret yaitu suatu kondisi yang terjadi pada buang air besar dengan intensitas yang lebih tinggi, dengan tinja yang encer seperti air.

Diare atau mencret bisa menyebabkan sesorang menjadi buang air besar dalam sehari melebihi dari yang sewajarnya.

Misalnya, seseorang yang terkena panyakit diare atau mencret, dapat buang air besar dalam satu jam bisa mencapai 3-5 kali terjadi buang air besar.

Diare atau mencret biasa terjadi selama 3 hari, tapi kalau lebih 3 hari, tentu harus segera mendapatkan pertolongan medis, karena semakin banyak cairan yang keluar akan menyebabkan dehirasi pada tubuh, yang disebabkan oleh banyaknya cairan yang keluar.

Biasanya, diare atau mencret dapat terjadi karena disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas. Selain itu, diare atau mencret pun dapat terjadi karena disebabakan oleh makanan yang dikosumsi mengandung sifat menginflamasi (peradangan) pada usus.

Baca Juga  Hipertensi pada penyakit ginjal kronik

penyebab diare

Sebenarnya masih ada beberapa yang menyebabkan terjadi diare atau mencret.

 6 jenis makanan penyebab diare atau mencret :

1. Buah Jeruk
Buah jeruk adalah buah yang mengandung asam pada dalamnya, mengkosumsi buah jeruk dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan stres pada saluran pencernaan, dan akhirnya menyebabkan terjadi diare.

2. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan bukan hal yang baru lagi dalam menyebabkan diare. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan salah satu jenis makanan yang sulit untuk dapat dicerna, akhirnya membuat perut menjadi kembung dan diare pun lalu menyerang.

3. Bawang Putih
Bawah putih adalah salah jenis rempah-rempahan yang sering digunakan dan ditemukan pada berbagai jenis makanan.

Bau bawang putih yang khas, membuat makanan menjadi punya rasa yang nikmat. Tetapi, bawang putih juga dapat menyebabkan terjadinya diare atah mencret.

Dalam bawang putih mengandung serat larut yang menghasilkan gas dalam sistem percernaan. Mengkosumsi atau menggunakan bawang putih dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan mencret.

4. Makanan Pedas
Makanan pedas cenderung lebih banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia. Jika, makan tanpa rasa pedas seperti sayur tanpa garam, makan terasa hambar.

Namun, usus tidak dapat mencerna makanan pedas dan juga berminyak. Karena makanan ini terkadang menyebabkan masalah pada lambung, dan akhirnya mempengaruhi pergerakan usus.

Baca Juga  Gaya Hidup Sehat yang Perlu Anda Ikuti

5. Cabai
Cabai adalah sumber yang menghasilkan rasa pedas pada makanan. Oleh sebab itu, seseorang yang mengkosumsi cabai dapat mengalami mencret. Dalam hal ini, karena cabai memiliki kandungan capsaicin yang ada pada dalam perut terlalu berlebihan.

6. Sawi
Jenis sayuran sawi ini pun dapat menyebabkan terjadinya diare atau mencret. Karena dalam sawi memiliki kandungan serat larut dan sulfur yang dapat memicu gas pada lambung. Sehingga tidak jarang, keadaan seperti ini dapat membuat pencernaan menjadi tidak baik, lalu terjadi mencret.

Tentu, penyakit diare ini dapat menyebabkan waktu Anda pun menjadi terbuang sia-sia, karena harus keluar masuk toilet.

Walaupun penyakit diare atau mencret sudah biasa terjadi, siapapun orangnya tidak ingin terkena diare atau jenis penyakit lainnya.

Sebenarnya, semua jenis makanan tersebut jika dikosumsi dengan jumlah yang normal dan sewajarnya, maka aman untuk pencernaan dan tidak akan membuat mencret.

Namun, jika dikosumsi dengan jumlah yang banyak dan berlebihan, maka diare pun akan terjadi. Itulah 6 makanan penyebab diare, Semoga artikel ini membantu.

Tags: , ,

Related to: Hindari 6 Makanan ini Secara Berlebihan Penyebab Diare