Imunisasi Campak Akan Berlangsung Serentak di Indonesia Berikut Penjelasannya

August 5, 2016

Pada pemberian asupan vitamin A akan dilakukan serentak pada bulan Agustus 2016 nanti seluruh Indonesia. Untuk itu para kader posyandu sudah banyak disebar untuk pelaksanaan pemberian imunisasi dan vitamin tersebut. Beberapa kader sekarang ini sudah dipersiapkan untuk pemberian terhadap balita usia 6 bulan hingga 59 bulan. Pada daerah Balikpapan Utara menjadi sorotan tersendiri dalam menampilkan kegiatan rutin tahunan yang diadakan posyandu di Indonesia.

Menurut Irma seorang kader Posyandu yang memberikan vitamin A tersebut memang sedang melaksanakan pemberian vitamin dan imunisasi dalam rangka serangkaian Indonesia sehat. Pemberian obat cacing itu sendiri dilakukan kepada semua anak-anak karena sudah ada aturan tentang pemberian tersebut (usia 6 bulan sampai 59 bulan diberikan vitamin A dan campak sedangkan pada obat cacing diberikan pada semua anak).

Imunisasi Campak

Ilustrasi Imuniasai campak

Pelaksanaan ini sudah dilaksanakan pada hari senin(1/8) lalu pada seluruh daerah di Indonesia. Pada program pemberian vitamin A ini menurut kepala Puskesmas Kelurahan Muara Rapak, Drs Fahmi Rosady membenarkan program pemerintah kali ini karena baik dari pusat kesehatan (Puskesmas dan Rumah Sakit) memberikan pelayanan untuk memberikan vitamin dan vaksin tersebut. Menurutnya juga vitamin A sendiri terdapat dua jenis yaitu yang warna biru untuk usia 6 sampai 11 bulan sedangkan warna merah untuk usia 12 sampai 59 bulan.

Hal ini sangat penting sekali karena dalam perkembangannya memberikan pelayanan terbaik dalam nutrisi sejak dini. Vitamin A sendiri banyak digunakan sebagai pemenuhan gizi awal agar tidak terjadi masalah kesehatan selanjutnya ditambah dengan imunisasi stAndar lainnya untuk menghindari penyakit yang menyerang dikemudian hari. Tidak hanya itu saja tetapi juga ditambahkan dengan serangkaian pemberian obat cacing yang akan membantu membasmi cacing yang masuk ke dalam tubuh balita tersebut.

Baca Juga  Tidak Memiliki Sepasang Kaki Remaja Ini Hidup Di Ember Plastik

Pemerintah memang sudah melakukan tindakan yang besar dalam mencanangkan program ini tetapi pada beberapa daerah yang masih belum terjangkau masih menjadi masalah. Sasaran utama pada program ini adalah ibu-ibu yang baru melahirkan atau masih dalam masa nifas. Vitamin A yang diberikan nanti diharapkan untuk menanggulangi masalah englihatan dan gangguan fisik lainnya sehingga menumbuhkan individu yang sehat.

Dari Ketua Kelurahan Muara Rapak tersebut menghimbau pada seluruh masyarakatnya untuk datang beramai-ramai dalam memberikan gizi yang penting bagi kesehatan anaknya. Dengan begitu akan memberikan peran penting dalam membangun generasi bangsa yang lebih sehat dan terhidar dari banyak penyakit. Dari harapannya yang besar ingin memberikan informasi penting ini terhadap ibu-ibu yang memiliki anak agar dengan kesadaran datang sendiri tanpa harus dihimbau lebih jauh.

Memang bagi beberapa orang masih menjadi momok menakutkan karena ada berita tentang vaksin palsu yang masih beredar di masyarakat. Kini para orang tua tidak perlu khawatir karena pada beberapa kasus sudah selesai dan mengharapkan partisipasi untuk datang membawa anaknya. Wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya memang dibutuhkan sehingga momen seperti ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Baca Juga  Penyebab Stroke Bisa Disebabkan Karena Kelainan Irama Jantung

Untuk daerah terpencil dan terisolasi sudah ada rencara untuk tetap datang ke daerah tersebut sehingga masyarakat seluruhnya dapat terjangkau dari semua kalangan. Apabila tidak sempat ke Puskesmas masih bisa mendapatkan serangkaian program tersebut di rumah sakit terdekat. Dari program pemerintah sendiri pastinya harus didukung untuk mewujudkan Indonesia bebas dari penyakit. Pada generasi selanjutnya diharapkan lebih berpartisipasi lagi dengan program penting tersebut.

Related to: Imunisasi Campak Akan Berlangsung Serentak di Indonesia Berikut Penjelasannya