Indonesia Demam China, di sela Kasus Vaksin Palsu China Akan Bangun Pabrik Vaksin di Indonesia

August 2, 2016

Indonesia belakangan ini sedang gempar dengan kasus vaksin palsu, namun di sela gemparnya dunia farmasi China ternyata melirik pasar ini dan akan membangun pabrik vaksin untuk kebetuhan vaksin nasional di Indonesia. Rencana pembangunan pabrik vaksin tersebut telah dikemukakan ketika pertemuan kunjungan kerja BKPM di tiga kota di China yaitu Qingdao, Hungzhou dan Shanghai pada juni 2016.

Franky Sibarani selaku Kepala BKPM menyambut baik rencana dan minat itu dan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bukti nyata upaya pihaknya mempromosikan investasi di Indonesia.

“Waktunya amat tepat karena setelah revisi Daftar Negatif Investasi (DNI). Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah yang sedang meningkatkan industri farmasi dan alat-alat kesehatan di Indonesia sebagai usaha untuk mendorong industri farmasi dalam negeri,” ungkapnya dalam siaran pers di Jakarta.

farmasiok

Menurut Franky ada empat perusahaan farmasi dalam pertemuannya di Shanghai China, yang telah menanyakan perihal investasi asing beserta regulasi terbaru di Indonesia. Di lain sisi, pemerintah saat ini sedang menyusun peta jalan serta rencana aksi pengembangan industri farmasi, peningkatan produksi vaksin, alat kesehatan, produk alam, industri bahan baku obat, produk bioteknologi, pasokan alat-alat kesehatan untuk rumah sakit seperti implan ortopedi, alat elektromedikal, diagnostics reagents dan lain-lain.

Baca Juga  Kasus Vaksin Palsu BPOM Perlu Akses Untuk Mengawasi Jaringan Peredaran

Namun, yang perlu diketahui bahwa produsen vaksin palsu yang akhir-akhir ini tertangkap kabarnya mengimpor bahan bakunya dari China. Dunia telah mengenal lama, bahwa negara China merupakan distributor obat dan vaksin palsu yang telah beredar hampir di seluruh negara Afrika sampai Asia Selatan. Tentu hal ini menjadi catatan jika Indonesia berniat untuk membuka investasi pabrik farmasi bagi negara China, bisa jadi bukan memperbaiki kefarmasian Indonesia justru semakin hancur dengan maraknya vaksin palsu dari China.

(baca juga : Terkait Vaksin Palsu, LPSK Minta Rumah Sakit Terbuka Pada Polisi)

China amat pintar melihat peluang akan kebutuhan vaksin di Indonesia, apalagi keran kerjasama investasi antara pemerintah Indonesia dengan China saat ini amatlah baik dan harmonis, tentu ini dapat mempermudah proses investasi tersebut. Oleh sebab itu masyarakat dan pihak-pihak terkait wajib waspada dan mempertimbangkan betul akan rencana pembangunan pabrik farmasi China di Indonesia ini, akan menjadi keuntungan bagi Indonesia atau malah menjadi kerugian apalagi Indonesia merupakan pangsa pasar yang amat menarik bagi investor termasuk investor farmasi asal China.

Baca Juga  Terkait Vaksin Palsu, LPSK Minta Rumah Sakit Terbuka Pada Polisi

Akhir-akhir ini ramai diperbicangkan di media sosial akan rencana China yang menyerang Indonesia dari segi tenaga kerja proyek, pemerintah di cap sebagai yang bertanggung jawab apabila Indonesia suatu saat nanti benar-benar di jajah oleh negara Tirai Bambu tersebut. Apalagi hal ini benar-benar nyata ketika kerjasama Indonesia China terjalin melalui mega projek Kereta Cepat Jakarta – Bandung yang telah dalam proses pembangunan.

Tags: ,

Related to: Indonesia Demam China, di sela Kasus Vaksin Palsu China Akan Bangun Pabrik Vaksin di Indonesia