Ingin Produksi Asi Meningkat? Konsumsi Makanan Memperbanyak Asi Ini

September 9, 2015

Dengan memberikan ASI eksklusif, maka anda telah memberikan kehidupan yang terbaik kepada bayi anda. Tapi jika produksi ASI anda tidak banyak, akan menjadi sebuah masalah. Untuk memperbanyak produksi ASI, konsumsilah makanan memperbanyak ASI berikut ini :
Makanan Memperbanyak Asi
1. Biji Wijen Hitam
Biji wijen hitam merupakan makanan memperbanyak ASI yang kaya akan kandungan kalsium, sehingga bisa membantu anda meningkatkan produksi ASI. Biji wijen hitam juga mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
Untuk membantu meningkatkan produksi ASI, anda bisa membuat biji wijen hitam menjadi masker. Caranya :

  •  Ambil 1 sendok biji wijen hitam
  •  Campurkan dengan kencur sebesar ibu jari
  •  Tumbuk secara bersamaan hingga halus
  •  Oleskan pada kelenjar susu anda
  •  Lakukan secara rutin agar produksi ASI anda meningkat

2. Ubi Jalar
Ubi jalar dan makan lain yang mempunyai warna orange atau merah seperti buah bit dan wortel merupakan makanan memperbanyak ASI. Selain buahnya, daun ubi jalar juga bisa digunakan untuk meningkatkan produksi ASI karena di dalamnya terkandung zat laktagogum.Disamping itu, daun ubi jalar juga kaya akan kandungan zat besi dan karotenoid. Jika anda ingin meningkatkan produksi ASI dengan menggunakan ubi jalar beserta daunnya. Maka pilih yang tidak menggunakan pestisida, karena jika pestisida sampai tertelan oleh ibu menyusui, bayi akan mengalami gangguan kesehatan.

Baca Juga  Berikut ini 6 macam Ciri-ciri dan tanda awal Kehamilan

3. Pepaya
Baik buah maupun bunga pepaya mempunyai kandungan beberapa vitamin, kalium, enzim papain serta asam folat.Semua kandungan tersebut bisa digunakan untuk memproduksi ASI lebih banyak. Anda bisa menikmati makanan memperbanyak ASI tersebut dengan cara dimakan langsung maupun membuatnya menjadi sup buah. Atau anda juga bisa memasak buah pepaya yang masih mentah beserta dengan bunganya.

4. Daun Katuk
Daun katuk merupakan makanan memperbanyak ASI yang sudah dikenal sejak lama.Daun katuk bisa membantu memperbanyak ASI karena di dalamnya terkandung protein yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi ASI.Ibu yang sedang menyusui memerlukan protein dalam jumlah yang cukup besar, yaitu sekitar 60 gram atau bahkan bisa lebih.

5. Sup Daging Ayam Atau Ikan
Sup adalah makanan memperbanyak ASI yang paling enak untuk dinikmati. Kuah dalam sup bisa digunakan untuk mensuplai asupan cairan dalam tubuh. Sedangkan dagingnya bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan protein. Sayuran yang ada di dalam sup juga bisa digunakan untuk memberikan asupan mineral serta vitamin yang sangat baik bagi tubuh.

Baca Juga  Makanan Sehat untuk Wanita Hamil

6. Sayuran Hijau
Sayuran hijau menjadi sumber makanan memperbanyak ASIyang sangat baik.Kandungan vitamin A, vitamin K serta nutrisi pada hijau terbilang cukup tinggi.Sehingga bisa membantu memproduksi ASI lebih banyak.

Semoga informasi tentang makanan memperbanyak ASI di atas bisa membantu memperbanyak produksi ASI anda.

Tags:

Related to: Ingin Produksi Asi Meningkat? Konsumsi Makanan Memperbanyak Asi Ini