Inilah 19 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Rambut dan Kulit

May 2, 2016

Inilah 19 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Rambut dan Kulit – Buah ini memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang semuanya dapat bekerja sama dalam hal memberikan kontribusi terbaik pada sistem tubuh manusia agar tetap sehat dan terlindungi dengan baik.

memiliki kandungan vitamin C, polifenol, dan flavonoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus yang mengancam kesehatan. Kandungan betakaroten (vitamin A) yang tersimpan di dalam buah apel dapat melawan sel kanker dan mampu menurunkan kolesterol.

Juga terdapat turunan vitamin B komplek seperti riboflavin, thiamin dan piridoksin sehingga memperkaya manfaat buah apel. Seperti yang dikutip dari Style Craze.

19 Manfaat Buah Apel

manfaat buah apel

1. Dapat Mencegah Kanker
Manfaat buah apel yang pertama untuk mencegah kanker. Memiliki sifat sebagai antikanker, sehingga sangat efektif dalam melindungi tubuh dari sel-sel kanker. Para tim ahli dari American Assocition for Cancer Research menyatakan, bahwa dengan mengkonsumsi flavonoid yang terkandung banyak di dalam buah apel mampu menurunkan resiko penyakit kanker pankreas hingga mencapai 23%.

Selain itu, di dalam kulit apel terdapat senyawa yang bernama triterpenoid yang dapat melengkapi kinerja dari flavonoid dalam mencegah pertumbuhan tiap sel kanker, potensi tersebut sudah diteliti oleh peneliti dari Cornell University. Oleh karena itu, kulit apel jangan dibuang karena dapat memberikan khasiat untuk kesehatan. Juga kaya akan kandungan serat (sekitar 4 gram) pada apel ukuran sedang. Dengan mengkonsumsi secara rutin tiap hari dapat mengalahkan penyakit kanker kolorektal.

2. Dapat Menurunkan Kolesterol
Manfaat buah apel juga dapat menurunkan kolesterol. Buah apel kaya akan serat larut yang fungsinya bersaing dengan lemak di dalam usus. Dengan kedua nutrisi yang bersaing tersebut dapat mengakibatan turunnya penyerapan kolesterol jahat dan melebihkan penyerapan kolesterol baik  yang dibutuhkan oleh tubuh. Kesimpulannya, bahwa dengan sendirinya buah apel dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan memperbanyak jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

3. Dapat Meningkankan Sistem Kekebalan Tubuh
Memiliki kandungan antioksidan yang dikenal dengan nama flavonoid dan quercetjn, khususnya pada apel kulit merah. Dari salah satu antioksidan tersebut, tepatnya adalah quercetin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia untuk membangun pertahanan alami dari virus penyebab penyakit.

Kemudian ditambah dengan kandungan vitamin C dan serat yang dimiliki apel yang bersifat sebagai anti-inflamasi sehingga membuat peranan dari quercetin dapat dikurangi sedikit oleh kedua nutrisi tersebut. Sehingga banyak para ahli yang mengatakan bahwa apel adalah pemacu imunitas tinggi.

4. Dapat Mencegah Alzheimer
Meminum satu cangkir jus apel saat cuaca terik mampu memperbaiki sel-sel saraf pada otak yang mengalami kerusakan, hal ini karena peranan dari flavonoid sebagai antioksidan yang kuat. Dengan demikian, keistimewaan yang dapat tubuh rasakan adalah bisa terhindar dari penyakit Alzheimer.

5. Untuk Mengobati Asma
Selanjutnya yaitu dapat mengobati asma. Penyakit asma adalah masalah pernapasan yang terjadi karena rusaknya fungsi utama pada paru-paru dan sudah banyak orang yang mengidap penyakit ini. Agar dapat mengurangi gejala asma dan mengobatinya dengan perlahan, Anda dapat menggunakan apel karena kandungan fitokimia dan polifenol di dalam buah apel dapat membantu tubuh untuk memulihkan asma. Para peneliti mengungkapkan, bahwa anak-anak yang terbiasa mengkonsumsi jus apel dengan teratur setiap hari dapat menurunkan resiko serangan penyakit asma dan masalah pernapasan lainnya pada anak.

6. Mengendalikan Gula Darah
Buah apel dapat membantu menepis radikal bebas oksigen yang merupakan resiko terbesar penyebab doabetes. Hal ini dikarenakan buah apel memiliki kandungan serat larut yang tinggi dan pektin yang befungsi sebagai pengendali kadar gula di dalam tubuh dengan membawa gula ke dalam aliran darah pada siklus yang yang lebih lambat. Pada wanita yang setiap mengkonsumsi satu buah apel dapat mengecilkan resiko terserang penyakit diabetes tipe 2 hingga memcapai 28% dibandingkan dengan para wanita lainnya yang tidak mengkonsumsi apel.

Baca Juga  Kacang: Cemilan untuk Jantung Sehat

7. Mencegah Batu Empedu
Selanjutnya dapat mencegah batu empedu. Terbentuknya batu empedu karena di dalam empedu terlalu banyak menyimpan kolesterol yang mengalami pengerasan, sama halnya dengan orang yang mengalami berat badan berlebih.

Untuk melakukan penghambatan terhadap pembentukan batu empedu, dokter memberikan saran kepada mereka yang gemuk untuk menjalani diet tinggi serat biar kadar kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuhnya dapat terkontrol. Selain itu serat pektin juga bekontribusi dalam mengendalikan kolesterol dalam tubuh dan mengurangi penyerapan LDL.

8. Dapat Menetralkan Irritable Bowel Syndrome
Manfaat buah apel berikutnya dapat menetralkan Irritable Bowel Syndrome, yaitu suatu kondisi medis yang diagnosis dengan nyeri perut dan kram, juga mengalami perubahan pada pola buang air besar. Hal ini sangat erat terhadap diare dan sembelit.
Agar dapat mengontrol gejala tersebut, dokter memberikan rekomendasu kepada tiap orang untuk menghindari susu juga makanan yang berlemak dan menggantinya dengan asupan yang tinggi serar yang terdapat di dalam buah apel.

9. Dapat Mengeluarkan Racun
Makanan dan minuman yang setiap hari kita konsumsi selalu menyisakan racun di dalam hati, dan jika dibiarkan menumpuk dapat merusak fungsi hati, bahkan dapat merembet juga akan mempengaruhi organ tubuh lainnya. Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi akan vitamin, serat dan mineral seperti buah apel untuk membantu melakukan detoksifikasi racun dari dalam hati Anda. Bila racun sudah disapu bersih, maka Anda tidak perlu khawatir akan penyakit yang mungkin saja dapat menyerang Anda karena rusaknya hati.

10. Mencegah Katarak
Baru-baru ini dilakukan sebuah studi dengan hasil yang menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan menkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan antioksidan selerti buah apel dapat memperkecil resiko kerusakan mata seperti masalah katarak sebesar 10%-5%.

11. Untuk Mencegah Wasir
Berikutnya dapat mencegah wasir. Penyebab penyakit wasir yaitu karena pembuluh darah mengalami pembengkakakn karena adanya tekanan yang berlebih yang membebani panggul juga dubur. Walaupu wasir bukan penyakit yang mematikan, tetapi rasa sakit yang dihadirkan dapat membuat keseharian Anda menjadi terganggu. Oleh sebab itu, Anda dapat meredakan penyakit wasir dengan makan buah yang tinggi akan serat sepert buah apel.

12. Untuk Menurunkan Berat Badan
Apel merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan serat dan kalori yang rendah yang dapat Anda jadikan sebagai makanan penunda lapar. Tentu hal ini memiliki potensi yang besar terhadap penurunan berat badan karena lemak di dalam tubuh pun ikut terbakar.

13. Untuk Memutihkan Gigi
Tahukah Anda, bahwa menggigit apel sama seperti sedang menggosok dengan menggunakan sikat dan pasta gigi, sehingga menjadikan buah apel lebih hebat dari kedua alat dan bahan yang biasa digunakan untuk memutihkan gigi tersebut. Ini karena buah apel dapat membantu meningkatkan sekresi air liur di dalam sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi.

14. Dapat Mencegah Kanker Kulit
Selain itu, buah apel juga ternyata dapat membantu menjaga kondisi kesehatan kulit dari dalam sehingga tampilan pesona yang terpancar begitu sangat menakjubkan, dan kehebatan dari buah apel salah satunya adalah mencegah kanker kulit.
Buah apel adalah sumber dari vitamin A yang menurut dokter dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker kulit. Satu buah apel yang berukuran besar dapat memenuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin A, pada pria sebayak 5% dan wanita sebanyak 4%.

Baca Juga  Khasiat Daun Sirsak untuk Kanker Payudara Dan Caranya

15. Menghilangkan Kantung Mata
Berikutnya adalah untuk menghilangkan kantung mata. Mata berfungsi untuk melihat objek dalam waktu yang lama tanpa diberikan waktu untuk beristirahat sejenak, sehingga menyebabkan timbulnya kantung di bawah mata juga lingkaran hitam di sekitar mata.
Bila Anda terpaksa harus begadang, maka sebelum tidur lakukan perawatan menggunakan masker apel.

  • Buah apel diiris dan diletakkan di atas kedua mata, dan pastikan kelopak mata juga ditutupi.
  • Atau, Anda dapat mencampurkan 2 sendok makan sari apel dengan kentang yang diparut untuk menutupi mata yang diberiman alas kain hangat.
  • Kemudian biarkan mata dirileksasi selama 10 hingga 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

16. Dapat Mengtasi Kulit Berjerawat, Kendur dan Berminyak
Campurkan bubur apel mentah dengan cuka sari apel, lalu dioleskan pada wajah. Hal ini dapat mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak yang dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, buah apel juga setara dengan tingkat pH kulit yang dapat menurunkan tingkat produksi minyak di kulit wajah.
Anda dapat menggunakan cuka sari apel untuk mengencangkan kulit wajah juga untuk melancarkan sirkulasi darah hingga ke seluruh lapisan kulit. Caranya yaitu oleskan cuka sari apel pada wajah dengan menggunakan kapas yang dibentuk menjadi bulat seperti bola. Jenis perawatan ini sama halnya dengan toner.

17. Untuk Mengangkat Kotoran Yang Menempel Pada Kulit
Bagian wajah dan bagian kulit tubuh lainnya tidak bisa dipisahkan dengan debu jalanan. Tugas Anda sebagai pemiliknya tentu harus melakukan perawatan agar tetap sehat dan bersih. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba membuat masker dari buah apel yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas selama satu jam atau lebih, lalu dibalurkan ke seluruh kulit tubuh, terutama pada wajah.

18. Melindugi Kulit Dari Sinar Matahari
Terlalu sering terkena panasnya sinar matahari dapat membuat kulit menjadi terbakar, kusam, kering bahkan terkelupas. Oleh karena itu, jika Anda lebih sering bekerja di bawah paparan matahari, maka oleskan tubuh Anda menggunakan pasta apel yang sudah dicampur dengan gliserin sebanyak satu sendok teh dan pulp, lalu biarkan selama 15 menit. Metode ini dapat memberikan perlindungan lebih pada wajah dan kulit dari sinar ultraviolet.

19. Melindungi Kulit Kepala dan Rambut Agar Tetap Sehat
Manfaat buah apel yang terakhir yaitu untuk melindungi kulit kepala dan rambut agar tetap sehat. Jika Anda sedang mengalami masalah kesehatan pada rambut, sepertinya buah apel sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan untuk perawatan serta mengurus rambut dari masalah kerontokan, berketombe, kepala kering dan rambut beruban.

Selain itu perawatan rambut dengan menggunakan buah apel juga membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut yang mengalami masalah kebotakan, menghitamkan warna rambut juga memberikan kesan kilau menawan pada rambut.

Selain itu, di dalam buah apel juga terdapat kandungan serat Pyrus Malus yang biasa dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai produk perawatan rambut. Hal ini disebabkan karena kandungan serat tersebut befungsi untuk membersihkan kotoran dari rambut juga kulit kepala dan dapat menyeimbangkan kadar pH di dalam rambut.
Demikianlah pembahasan tentang berbagai manfaat buah apel bagi kesehatan kulit dan rambut, baik dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk jus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags: , ,

Related to: Inilah 19 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Rambut dan Kulit