Inilah Bahaya Yang Terjadi Karena Terlalu Banyak Tidur

December 29, 2015

Karena Terlalu Banyak Tidur – Untuk mendapatkan pola hidup yang sehat ialah dengan memiliki kualitas tidur yang cukup dan juga berkualitas tentunya. Setiap usia memiliki durasi tidur masing-masing agar bisa mendapatkan istirahat tubuh yang berkualitas sehingga tubuh selalu sehat dan bugar.

Orang yang terlalu banyak tidur biasanya dikarenakan tidak adanya aktivitas yang dapat dikerjakan ataupun kurang tidur karena aktivitasnya yang terlalu padat.

Bahaya terlalu banyak tidur bagi kesehatan

Bahaya terlalu banyak tidur bagi kesehatan

Padahal pola tidur yang tidak beraturan dan tidak berkualitas sangat berpengaruh bagi kesehatan. Baik itu pengaruh dari kurangnya waktu tidur atau kebanyakan tidurnya orang itu.

Kebanyakan pengaruh tersebut yang menyebabkan kurang baiknya bagi kesehatan, untuk itu anda sebaiknya tidur dengan pola yang sehat dan teratur untuk mendapatkan kualitas tidur yang berkualitas bagi tubuh anda tentunya.

Kurang tidur sangat kurang baik bagi kesehatan anda, karena dapat memicu banyak penyakit diantaranya : penyakit hipertensi,

obesitas bahkan dapat memicu penyakit jantung . Dan tak hanya kurang tidur tapi kebanyakan tidur juga sangat kurang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Berikut ini merupakan beberapa dampak negatif yang di sebabkan Karena Terlalu Banyak Tidur yang di kutip dari Huffinton Post dan sumber lainnya.

  1. Meningkatkan Resiko Depresi

Pada tahun 2014 di lakukan penelitian dengan hasil menunjukkan bahwa tidur dengan durasi yang terlalu lama dapat menaikkan resiko terkena depresi.

Pada orang dewasa yang tidurnya antara 7 hingga 9 jam hanya memiliki resiko terkena depresi sekitaran 27% sedangkan pada orang yang tidurnya sembilan jam lebih resiko depresinya mencapai angka 49% . Tentu saja anda tidak mau terkena depresi dengan begitu anda tidak dianjurkan tidur terlalu lama.

  1. Dapat Merusak Otak
Baca Juga  Cara Tidur Penderita Insomnia Sebaiknya Istirahakan Otak Anda

Dan Pada studi yang dilakukan di tahun 2012 menyatakan bahwa tidur yang kurang ataupun tidur terlalu lama dapat meningkatkan dan mempercepat terjadinya kerusakan serius pada otak.

(Baca Juga : Ciri-Ciri Dan Penanganan Penderita Kanker Otak stadium 4)

Bahkan keadaaan seperti itu dapat lebih parah jika dialami wanita yang berusia 45 tahun ke atas. Wanita yang tidur dengan durasi waktu 9 jam lebih setiap malamnya ataupun tidur kurang dari 5 jam,

menunjukkan perubahan pada bagian sistem otak , yaitu terjadinya penuaan 2 tahun lebih cepat dari normalnya.

  1. Membuat sulit Hamil

Pola tidur yang kurang ataupun terlalu lama ternyata bisa membuat sulit hamil . Menurut Dr Evan Rosenbuth, yang merupakan ahli dalam soal reproduksi mengungkapkan bahwa pola atau kebiasaan tidur sangar memiki pengaruh pada normal atau setidaknya ritme sirkadian,

terjadinya pengeluaran hormon dan juga terjadinya siklus mestruasi. Bila seseorang tidurnya kurang atau lebih dari normalnya akan berpengaruh pada kesuburan sel telur yang masih terhitung kecil.

  1. Menyebabkan Terjadinnya Kelebihan Berat Badan

Penelitian yang telah dilakukan oleh Quebec di kanada, mengungkapkan bahwa orang yang waktu idurnya kurang atau terlalu banyak maka akan berpengaruh pada berat badannya yang akan mengalami kenaikan dalam tempo enam tahun, di bandingkan dengan orang yang tidur cukup 7 sampai 8 jam .

Seorang yang biasa tidur dengan waktu 10 jam, 25 % berkemungkinan mengalami kenaikan berat badan hingga mencapai 5 kg meski orang tersebut melakukan kontrol asupan kalori makanan yang di konsumsinya.

  1. Berbahaya Bagi Jantung

Penelitian pada diskusi American Collage of Cardiollogy menyebutkan orang yang tidur lebih dari durasi normal dalam seharinya bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga  6 Gejala Penyakit Stroke Ringan Wajib Diwaspadai Sebelum Telat

(Baca Juga : Tips Cara Mencegah penyakit Jantung )

Seperti contoh resiko terserang angin pektoris ( angin duduk ) menjadi dua kali lipat lebih besar dan juga seperti beresiko terkena penyakit jantung koroner.

  1. Mengurangi Daya Ingat
Daya Ingat

Daya Ingat

Menurut The Journal of The American Geriatrics Society menngupkapkan bahwa orang yang tidurnya terlalu malam akan mempengaruhi daya ingat otak mereka.

  1. Stroke

Para peneliti di Cambridge, menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak tidurnya , akan berisiko 46% akan mengalami stroke.

Tentu bukan saja terlalu banyak tidur bukanlah faktor tunggal penyebab stroke, faktor lainya seperti pola makan dan gaya hidup sehat juga menjadi penyebab terkena serangan stroke

  1. Diabetes

Bila Memiliki kebiasaan tidur lebih dari delapan jam kadar glukosa dalam tubuh orang dewasa bisa meningkat. Salain dari faktor makanan, faktor dari durasi tidur yang terlalu berlebih juga dapat beresiko diabetes. Untuk itu anda dianjurkan untuk tidur secukupnya sekitar 8 jam setiap harinya.

(Baca Juga : Inilah Menu Makanan Sehat untuk penderita diabetes )

  1. Sakit Kepala

Banyak orang akan mengalami sakit kepala bahkan saya penulis maupun anda pembaca. Terlalu banyak tidur akan memang dapat menjadikan sakit kepala.

Dengan adanya artikel Inilah Bahaya Yang Terjadi Karena Terlalu Banyak Tidur  semoga bisa memberi pengetahuan bahwa pola tidur berkualitas itu penting. Biasakanlah hidup dengan gaya hidup sehat.

Tags: , ,

Related to: Inilah Bahaya Yang Terjadi Karena Terlalu Banyak Tidur