Inilah Makanan Kanker Otak Berikut Penyebabnya

November 12, 2016

Ada berbagai jenis penyakit yang mengharuskan penderitanya hanya mengkonsumsi makanan-makanan tertentu  saja. Hal ini bukanlah berkaitan dengan mistis. Tetapi berkaitan dengan pengaruh yang dapat ditimbulkan kandungan senyawa makanan tersebut pada kondisi penyakit. Banyak kandungan senyawa makanan tertentu yang dapat memperburuk kondisi penyakit. Hal ini berlaku pula pada penyakit kanker otak. Ada jenis makanan tertentu yang boleh dan yang tidak boleh dikonsumsi. Apa saja makanan kanker otak tersebut? Mari kita simak dahulu penyebab dan gejala penyakit kanker otak ini.

 

Pertumbuhan sel-sel yang abnormal di otak dapat menyebabkan tumor otak. Tumor otak yang sudah bersifat ganas dengan menyebar ke bagian lain dari otak bahkan sampai ke tulang belakang disebut kanker otak. Jadi kanker otak adalah tumor ganas yang disebabkan pertumbuhan sel-sel otak yag tidak normal.

Pertumbuhan sel-sel yang tidak normal ini bisa dipicu dari kurangnya asupan nutrisi pada sel otak. Disamping itu kebiasaan mengkonsumsi zat adiktif seperti rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang menjadi faktor utama pemicu penyakit menakutkan tersebut.

Selain faktor diatas, ada faktor lain penyebab kanker otak yang wajib diketahui diantaranya adalah:

–       Adanya faktor keturunan (genetik)

–       Terkena radiasi zat kimia atau barang-barang elektronik yang sudah tidak dapat ditolerir tubuh,

–       Terkena virus penyebab kanker

 

  • Gejala kanker otak

Gejala kanker otak tidak sama antar satu orang dengan orang yang lain. Hal ini bergantung pada besar kecilnya pertumbuhan sel-sel kanker yang diderita. Jika ukuran sel kanker sudah relatif besar maka gejala sakit kepala yang hebat dapat terjadi. Ini dikarenakan sel kanker menekan sel otak yang normal sehingga rasa sakit yang sangat besar akan timbul di kepala. Reaksi ini biasanya diikuti dengan kejang-kejang yang disebabkan tertekannya sel-sel saraf otak.

Baca Juga  Cara Membuat Jus Kulit Manggis Yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh

Disamping 2 gejala utama di atas, gejala lain yang bisa muncul adalah timbulnya rasa lelah dan kantuk yang berlebihan, sulitnya berkonsentrasi sehingga sering melakukan hal-hal yang ceroboh, sulitnya berbicara dan berjalan dan sering mengalami muntah-muntah. Hal ini tidak mengherankan karena otak adalah bagian vital pada tubuh manusia yang berperan dalam mengatur seluruh aktivitas tubuh.

Berbagai makanan untuk penderita kanker otak

makanan kanker otak

Makanan dan minuman yang harus dikonsumsi dan yang harus dihindari penderita kanker otak berkaitan dengan hal-hal yang dapat menjadi pemicu kanker otak itu sendiri. Jika penyebab kanker adalah kurangnya asupan nutrisi pada otak maka penderita kanker otak harus banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi omega 3 serta asam linoleat. Makanan-makanan tersebut diantaranya adalah ikan salmon, telur, daging dan alpukat. Untuk memperlancar pembentukan dan aliran darah ke otak, makanan yang tinggi zat besi seperti bayam juga sangat dianjurkan.

Dari pembahasan penyebab penyakit kanker otak diatas dapat disimpulkan pula bahwa rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang adalah makanan  kanker otak yang wajib dihindari. Segeralah  hentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman ini. Sayangilah bagian tubuh Anda yang sangat vital tersebut. Jika Anda sudah terlanjur kecanduan barang-barang yang telah disebutkan tadi, mintalah bantuan ahli terapis untuk membebaskan Anda dari faktor kecanduan.

Baca Juga  Macam pengobatan medis untuk mengatasi kanker rahim

Selain mengkonsumsi dan menghindari makanan-makanan tersebut,upaya mencegah dan menyembuhkan kanker otak dapat dibantu dengan mengkonsumsi oat-obatan herbal. Banyak tanaman obat yang tumbuh subur di negeri kita yang berkhasiat untuk mencegah kanker. Dua diantaranya adalah kunyit dan sirsak. Bagian tanaman kunyit yag efektif mencegah kanker adalah bagian rimpang sedangkan tanaman sirsak adalah bagian daunnya. Anda dapat membuat minuman jamu dari kedua bagian tanaman ini. Jamu tersebut bisa diminum setiap hari karena obat-obatan herbal tidak akan memberikan efek samping jika dosisnya berlebihan pun.

Demikian paparan mengenai Makanan untuk penderita kanker otak yang dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memberikan asupan nutrisi bagi kesembuhan penderitanya.

Tags: , ,

Related to: Inilah Makanan Kanker Otak Berikut Penyebabnya