Inilah Manfaat Vaksin Anti Kanker Serviks Yang Wajib Diketahui

November 12, 2016

Manfaat vaksin anti kanker serviks benar-benar sangat dibutuhkan untuk pengobatan saat ini. Berbagai penyakit yang sangat serius seperti kanker serviks merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh perempuan. Penyakit yang menyerang organ intim wanita beserta bagian dalamnya berupa rahim, membuat penyakit tersebut sangat rawan dan bahkan mampu berdampak pada kematian. Sebelum kita mengenal manfaat vaksin anti kanker serviks, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengenal kanker serviks itu sendiri beserta hal yang mendasarinya sehingga kita nanti mengetahui kinerja obat vaksin tersebut.

Pengertian Kanker Serviks

manfaat vaksin anti kanker serviks

Kanker serviks atau yang lebih dikenal dengan kanker mulut rahim merupakan kanker yang terjadi di daerah ujung bawah rahim dan tepatnya di sebelah atas vagina. Dalam berbagai kasus, kanker serviks memiliki gejala yang tidak terasa pada awalnya, namun baru terasa apabila sudah melalui stadium yang tidak dini lagi.

Beberapa hal yang menjadi penyebab dari kanker serviks adalah infeksi menahun dari HPV atau Human Papilloma Virus yang hampir mencapai skala 70-80%. Setiap pria ataupun wanita yang telah melakukan hubungan seksual memiliki resiko terserang HPV. Kadang sebagian besar penderitanya tidak merasakan tentang gejala yang ditimbulkan oleh HPV, sehingga mereka beranggapan bahwa tubuhnya memiliki kesehatan yang optimal. Oleh karena kekurangtahuan tersebut, banyak orang yang tertular akibat penyakit penyebab kanker serviks itu.

Baca Juga  Khasiat Daun Sirsak Untuk Kanker Kelenjar Getah Bening

Secara umum, infeksi HPV memiliki 2 tingkatan yang terdiri dari HPV tingkat resiko tinggi dan HPV tingkat resiko rendah. HPV yang memiliki tingkat resiko tinggi mampu mengakibatkan seseorang akan mengalami kanker serviks.

Cara Mengatasi Dan Mengurangi Resiko Terjadinya Infeksi HPV

Untuk mendapatkan manfaat vaksin anti kanker serviks, maka terlebih dahulu kita harus mengurangi berbagai pola yang dapat meningkatkan resiko penyakit tersebut.

  • Ubah pola hidup seksual yang tidak sehat

Karena penyerangan HPV tersebut nantinya akan berdampak pada organ intim, maka kehidupan seksual menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dengan melakukan gonta-ganti pasangan atau seks bebas, akan beresiko tinggi munculnya infeksi HPV tersebut. Selain itu pola seks bebas dapat mengakibatkan penyakit menular berbahaya yang lainnya seperti HIV.

  • Berhentilah merokok

Rokok memang bukanlah sarana untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Meskipun bagi beberapa wanita atau pria menyebutkan bahwa dengan merokok mereka dapat lebih kreatif atau rileks, namun hal itu hanya berupa efek sementara dan pada jangka panjang akan terserang penyakit yang salah satunya adalah infeksi HPV.

  • Diet dan pola hidup sehat

Pola makan yang benar akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang baik. Selain itu, tubuh juga akan mampu menjaga pertahanan dari virus atau bakteri yang berbahaya.

Baca Juga  Kanker Serviks Stadium 4 Cara Deteksi, Ciri, Pengobatan, Gambaran

Penemuan Manfaat Vaksin Anti Kanker Serviks

Kini telah ditemukan manfaat vaksin bagi penderita kanker serviks atau infeksi HPV. Cara kerjanya hanya dengan melakukan penyuntikan di bagian lengan atas dalam beberapa kurun waktu yang telah ditentukan. Sistemnya yaitu untuk perlindungan selama 5 tahun untuk 3 kali suntikan. Pemberian vaksin sangatlah aman. Beberapa efek samping yang timbul hanya berupa kemerahan dan sedikit rasa nyeri pada daerah bekas suntikan. Setelah pemberian suntikan, biasanya terjadi gejala demam ringan dan hal tersebut masih bisa diatasi dengan obat anti nyeri dan demam.

Manfaat vaksin anti kanker serviks dilakukan selama 6 bulan dan manfaatnya tidak merata pada semua orang. Hal ini tergantung dari besarnya paparan HPV yang terjadi pada diri orang tersebut. Bagi mereka yang belum terpapar infeksi, maka pemberian vaksin akan secara penuh memproteksi tubuh dari infeksi.

Meski manfaat vaksin anti kanker serviks sangatlah berguna, namun bagi mereka yang hamil atau sakit sebaiknya tidak melakukan vaksinasi ini. Lebih lanjut bagi mereka yang telah melakukan hubungan seksual, dianjurkan untuk melakukan paptest sehingga bisa terlihat adanya indikasi infeksi HPV ataupun tidak.

Tags: , ,

Related to: Inilah Manfaat Vaksin Anti Kanker Serviks Yang Wajib Diketahui