Inilah Mengapa Asam Folat Sangat Penting Untuk Ibu Hamil

April 13, 2015

Semua orang membutuhkan asam folat, bahkan vitamin ini sangat penting bagi wanita yang ingin hamil atau bahkan sedang hamil. Menjaga asupan asam folat sangat penting dalam kehamilan karena dapat membantu mencegah  potensi  bayi lahir dalam kondisi cacat. Ketika seorang wanita memiliki asam folat yang cukup sebelum maupun selama kehamilan, maka potensi bayi mengalami cacat lahir bisa ditekan sejak dini.

Mengapa Asam Folat Penting Untuk Ibu Hamil
Cacat lahir ini termasuk diantaranya:

Spina bifida, yang terjadi ketika tulang belakang bayi yang belum lahir tidak menutup untuk melindungi sumsum tulang belakang.  Kondisi ini mengakibatkan sel-sel  saraf yang berfungsi  mengendalikan gerakan kaki dan fungsi-fungsi lainnya jadi tidak bekerja. Anak-anak yang terlahir dengan cacat seperti ini sering kali terpaksa terbawa sepanjang hidupnya, atau bisa juga mereka terpaksa memerlukan banyak operasi.

Anencephaly, yaitu ketika sebagian atau seluruh otak tidak berkembang. Kebanyakan bayi yang  dengan anencephaly tidak memiliki umur panjang, mereka  meninggal sebelum sempat dilahirkan atau segera setelah dilahirkan.

Hidrosefalus, sering disebut “air didalam otak”, dimana kepala bayi dan kepala anak-anak tesebut membengkak karena terus menampung kelebihan cairan tulang belakang otak.

Baca Juga  Resiko Hamil dengan Obesitas

Umumnya dokter kandungan akan merekomendasikan ibu yang positif hamil untuk mulai mengkonsumsi vitamin prenatal. Nutrisi dan mineral yang ditemukan di dalamnya sangat penting untuk perkembangan bayi. Setiap merek vitamin prenatal memang memiliki sedikit variasi kandungan bahan, tapi  hampir semuanya mengandung asam folat.

Rekomendasi asupan asam folat biasanya sekitar 400 mikrogram ketika dalam proses menuju kehamilan, dan harus terus dikonsumsi selama 12 minggu masa kehamilan, ketika tulang belakang bayi mulai berkembang. Namun setelah masa inipun, asam folat tetap aman untuk terus dikonsumsi.

Konsumsi asam folat perlu dimulai sebelum awal kehamilan. Hal ini karena cacat saraf dan cacat tulang belakang dapat berkembang dalam 28 hari pertama – seringkali bahkan sebelum seorang ibu mengetahui bahwa mereka hamil.

Survey memperlihatkan hanya 50% dari kehamilan yang direncanakan, olehkarena itu setiap wanita yang berpotensi hamil  sebaiknya memastikan diri untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Jika Anda tidak benar-benar hamil, Anda tidak perlu mengambil vitamin prenatal untuk mendapatkan asam folat yang Anda butuhkan. Asam folat umumnya sudah terdapat dalam banyak multivitamin dan juga pada makanan seperti :  Roti, Sereal, Tepung,  nasi putih, serta sayuran berdaun hijau seperti bayam dan buah jeruk .

Baca Juga  Ciri Hamil Sehat yang baik Anda Tahu

Masa kehamilan adalah waktu dimana Anda ingin menjadi sesehat mungkin. Bayi yang  akan dilahirkan sangat tergantung pada Anda sehingga bagaimana Anda menyediakan makanan bagi janin didalam kandungan akan sangat menentukan kesehatan dan kemampuan mereka untuk hidup.

Tags:

Related to: Inilah Mengapa Asam Folat Sangat Penting Untuk Ibu Hamil