Inilah Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

February 16, 2016

Mengingat diabetes merupakan penyakit yang berhubungan dengan makanan, maka menu makanan untuk penderita diabetes wajib diperhatikan dengan sebaik-baiknya. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan, tapi bukan berarti penderita diabetes tidak bisa menjalani aktivitas seperti orang normal yang lainnya. Agar penderita diabetes tetap bisa menjalani serangkaian aktivitasnya, maka penderita diabetes harus mengatur pandai-pandai pola makanannya.

Berikut ini adalah menu makanan untuk penderita diabetes :

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Di Pagi Hari :

Pada waktu sarapan, sebaiknya anda menyediakan menu makanan untuk penderita diabetes yang sehat seperti tahu goreng atau telur dadar. Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti tumis kacang dan wortel. Untuk minumannya, anda bisa membuat teh tanpa gula atau bisa juga mengganti gula pasir dengan gula rendah kalori.

Di sela-sela sarapan dan makan siang, anda bisa mengkonsumsi cemilan sehat. Cemilan yang bisa anda konsumsi adalah snack yang tidak mengandung bahan pemanis. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan ringan yang mempunyai rasa asin, misalnya keripik atau jenis asin-asinan beberapa potong saja.

Baca Juga  Khasiat Penting Dari Buah Rambutan Bagi Kesehatan

 

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Di Siang Hari :

Untuk makan siangnya, anda bisa menyiapkan nasi dengan lauk ikan. Sebagai pelengkapnya, anda bisa menambahkan sayuran. Untuk anda yang menyukai tempe bacem, anda juga bisa menambahkan tempe bacem di menu makan siang anda.

Jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan untuk menambah vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah pepaya bisa dijadikan sebagai pilihan buah yang bisa anda konsumsi.

 

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Di Malam Hari :

Untuk menu makan malamnya, anda bisa menyiapkan menu sehat yang kaya akan kandungan lemak hewani. Anda bisa menyiapkan nasi dengan lauk ayam bakar. Sebagai pelengkapnya, anda juga bisa menambahkan sayur asem.

Untuk anda yang gemar mengkonsumsi gorengan, anda juga bisa menambahkan 2 potong mendoan di menu makan malam anda.

 

Selain menu makanan untuk penderita diabetes di atas, anda juga bisa mengkonsumsi makanan berikut ini :

  1. Beras Merah Dan Gandum

Karbohidrat merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Tapi bagi anda penderita diabetes, anda harus berhati-hati memilih makanan sumber karbohidrat. Anda bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan mengkonsumsi beras merah atau gandum. Beras merah dan gandum merupakan bahan makanan yang rendah karbohidrat tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat harian anda.

Baca Juga  Cara mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah Menggunakan Tomat

 

  1. Kacang Hijau

Kacang merupakan makanan untuk penderita diabetes yang mengandung banyak nutrisi. Dengan mengkonsumsi kacang dalam jumlah yang cukup, maka kebutuhan nutrisi harian anda akan terpenuhi. Kacang Hijau juga akan membantu memenuhi kebutuhan serat serta magnesium dan kalium.

 

Selain memperhatikan menu makanan untuk penderita diabetes, olahraga menjadi sangat penting untuk dilakukan oleh penderita diabetes. Karena dengan berolahraga, kalori di dalam tubuh akan terbakar.

Tags: ,

Related to: Inilah Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes