Inilah Rahasia Manfaat Daun Jarak Untuk Perut Kembung

April 23, 2015

Perut kembung akan sangat mengganggu aktivitas keseharian Anda. Rasa begah disertai keinginan untuk bersendawa serta perut terasa bergejolak namun tidak juga buang angin, akan memecah konsentrasi Anda dari pekerjaan yang sedang dihadapi. Jika obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko tidak juga membantu proses penyembuhan, cobalah beralih pada obat herbal alami yang sebenarnya berada dekat di sekeliling Anda. Salah satunya dengan beralih pada manfaat daun jarak untuk perut kembung.

manfaat daun jarak untuk perut kembung

Perut kembung bisa disebabkan berbagai faktor yang diantaranya berhubungan dengan asupan makanan yang dikonsumsi dan cara mengonsumsinya. Ada berbagai jenis makanan serta minuman yang mengandung banyak gas yang menyebabkan perut kembung. Berikut tabelnya:

Tabel 1.1 Berbagai jenis pangan yang mengandung banyak gas

kriteriaJenis
SayuranKol, selada, paprika, kacang-kacangan, sayuran brokoli
Umbi-umbianKentang, ubi jalar, bawang bombai
Buah-buahanBuah Apel, durian, nangka dan pisang
MinumanBir, cola (serta minuman bersoda lainnya), susu (serta produk lain yang banyak mengandung laktosa)

 

Adapun cara salah dalam mengkonsumsi makanan sehingga dihasilkan banyak gas pada perut diantaranya:

–          Melakukan makan dan minum dengan posisi berdiri

–          Makan cepat sehingga makanan tidak dikunyah dengan baik

–          Kebiasaan bicara sambil makan

–          Terlalu sering minum dengan memakai sedotan

–          Kebiasaan mengunyah permen karet

Jadi untuk menghindari perut kembung jangan terlalu banyak mengkonsumsi bahan pangan di atas. Kebiasaan cara makan dan minum juga harus dirubah, jangan sampai karena hal ini aktivitas Anda terhenti. Jika perut kembung terlanjur terjadi manfaatkanlah khasiat daun jarak untuk mengobatinya.

Namun sebelum membahas manfaat daun jarak untuk perut kembung, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan tanaman ini. Jangan sampai Anda tahu manfaatnya tapi tidak tahu seperti apa tanamannya. Terdapat 4 jenis tanaman jarak yakni jarak pagar, jarak kaliki, jarak wulung dan jarak bali. Tanaman jarak yang dimanfaatkan untuk mengobati perut kembung berasal dari jenis Jatropha curcas yang lebih dikenal dengan nama  jarak pagar. Ciri dari jarak pagar yakni mempunyai batang pohon berbentuk bulat dengan pertumbuhan cabang yang tidak teratur. Daunnya tunggal berukuran lebar dengan pertulangan daun menjari. Bunga berwarna kuning bersemu hijau dengan buah berbentuk bulat telur. Buah ini berwarna hijau saat masih muda kemudian menjadi kuning kecoklatan saat sudah matang.

Rahasia manfaat daun jarak untuk perut kembung diperoleh dari kandungan zat yang terdapat pada daun tanaman ini. Zat-zat yang berkhasiat tersebut  yakni senyawa Kaemfesterol, senyawa sitosterol, senyawa teraksrol, senyawa amirin dan senyawa stigmasterol. Jika Anda atau anggota keluarga tercinta mengalami perut kembung, segera petik beberapa lembar daun jarak pagar lalu bilas dengan air mengalir agar bebas dari debu yang menempel. Setelah itu keringkan dengan lap lalu panggang di atas nyala api kompor. Proses pemanggangan diusahakan jangan terlalu dekat dengan api sehingga daun tidak gosong. Daun dipanggang hingga layu kemudian teteskan minyak kelapa secukupnya sehingga permukaan daun mengkilat.

Tempelkan daun tersebut pada bagian perut yang terasa kembung selagi hangat. Agar posisi daun tidak bereser,bebat perut Anda dengan kain bersih yang cukup panjang. Anda akan merasakan sensasi hangat menenangkan kemudian perut akan bereaksi dan proses pengeluaran angin pun berjalan lancar. Walaupun proses penyembuhan tidak sampai berjam-jam, namun jika ingin optimal mendapatkan  manfaat daun jarak untuk perut kembung, maka daun yang menempel jangan dulu dilepas sampai daun berubah renyah seperti kerupuk.

Demikianlah informasi mengenai manfaat daun jarak untuk perut kembung yang dapat kami share. Manfaatkanlah selalu harta terpendam yang terdapat di negeri kita tercinta ini. Jangan sampai kita membeli obat buatan luar, padahal di depan mata kita ada tanaman yang begitu banyak berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga  Manfaat dan Khasiat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Dengan Berbagai Kandungan Vitamin
Tags: ,

Related to: Inilah Rahasia Manfaat Daun Jarak Untuk Perut Kembung