Jaga Kesehatan Sejak Dini! Karena Stroke Dapat Menyerang Pada Usia 30

August 4, 2016

Dr Muazakkir, seorang dokter spesialis pembuluh darah di Siloam Hospital mengungkapkan sebuah fakta mengejutkan baru-baru ini. Ia mengungkapkan bahwa setiap orang wajib untuk melakukan pemeriksaan Elektrokardiografi (EKG) sejak dini. Hal ini untuk menghindari berbagai penyakit yang biasa menyerang jantung, seperti serangan jantung dan juga stroke. Ia pun mengungkapkan bahwa sekarang dua penyakit ini bukanlah penyakit yang hanya menyerang orang tua. Penyakit-penyakit ini kini memiliki potensi untuk menyerang orang muda di usia 30-an.

Pemeriksaan EKG sangatlah penting karena dengan melakukan pemeriksaan ini sejak dini setiap individu bisa mengetahui kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah mereka. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui ketidakteraturan irama denyut jantung seseorang. Padahal seperti yang telah diketahui khalayak umum bahwa denyut jantung yang tak stabil adalah salah satu penyebab penyakit stroke yang dapat menyerang siapa saja. Sangat disayangkan karena kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan pemeriksaan EKG masih sangat rendah. Banyak orang yang takut melakukan pemeriksaan ini karena tak berani menerima hasil pemeriksaan.

gejala stroke

Seperti yang diutarakan oleh Dr Muzakkir, kini pemeriksaan EKG dapat dilakukan secara gratis di rumah sakit yang ada di berbagai daerah. Dalam sebuah sesi wawancara, ia juga mengungkapkan bahwa para penderita stroke juga mulai bergeser usianya. Dari mereka yang paruh baya, kini telah bergeser dari para orang dewasa yang baru saja menginjak usia 30-an. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai hal seperti perilaku hidup yang tak sehat, jarang berolahraga, makanan yang kurang nutrisi dan lain sebagainya. Jika kebiasaan buruk seperti ini tak diubah maka jangan heran jika nantinya rumah sakit banyak dipenuhi oleh mereka yang masih berusia muda.

Baca Juga  MENGERIKAN 5 Hal yang Membuat Serangan Jantung Secara Tiba Tiba

Hal ini menjadi semakin buruk ketika seseorang tinggal di kota besar. Pola makan tak teratur, pola tidur tak teratur, terlalu lama duduk di depan komputer dan kurangnya perhatian terhadap kesehatan membuat mereka rentan terhadap berbagai penyakit, salah satunya adalah stroke dan serangan jantung. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak terlalu banyak akan mengundang penyakit untuk datang ke tubuh anda. Hindarilah makanan seperti santan dan jeroan karena kadar kolesterol yang tinggi bisa membuat anda terserang berbagai penyakit mengerikan. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan juga buah-buahan segar agar tubuh anda tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Salah satu pihak yang harusnya turut serta dalam menjaga kesehatan masyarakat adalah pemerintah, terlebih adalah dinas kesehatan dan para penyelenggara fasilitas kesehatan. Mereka adalah ujung tombak dalam menjadikan masyarakat Indonesia yang sehat. Sosialisasi dan pemeriksaan gratis harus sering digelar di berbagai daerah untuk menekankan pada warga masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri. Jika mereka sudah bisa menjaga kesehatan diri maka mereka juga akan membantu keluarga dan orang-orang terdekat mereka dalam menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga  Rumah Sakit yang Diduga Gunakan Vaksin Palsu Bertambah

Jika ingin menjadi orang yang selalu sehat maka ubahlah pola hidup anda. Usahakan untuk melakukan olahraga setiap hari atau paling minimal berolahragalah tiga kali dalam satu minggu. Lalu gantilah makanan daging, lemak dan santan anda dengan sayuran hijau yang segar. Perbanyak konsumsi buah anda, terutama buah yang mengandung banyak vitamin C. Biasakan pola hidup sehat ini mulai dari diri anda dan keluarga anda sendiri. Dengan sendirinya masyarakat yang sehat akan tercipta di Indonesia.

Tags: ,

Related to: Jaga Kesehatan Sejak Dini! Karena Stroke Dapat Menyerang Pada Usia 30