Jantung Anda Lemah Inilah Caranya Agar Jantung Tetap Sehat dan Kuat

December 23, 2015

Cara Agar Jantung Tetap Sehat dan KuatJantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Bagaimana tidak, jantung berfungsi memompa aliran darah keseluruh tubuh selama 24 jam penuh.

Jantung Tetap Sehat dan Kuat

Jantung Tetap Sehat dan Kuat

Mengingat perannya yang sangat penting membuat organ yang satu ini perlu dijaga kesehatannya. Selain untuk menjaga kinerja jantung tetap optimal, menjaga kesehatannya juga bisa mencegah dari serangan berbagai macam penyakit jantung.

(Baca Juga : Tips Cara Mencegah penyakit Jantung )

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menelan korban jiwa.

Banyak faktor yang mengakibatkan seseorang terkena penyakit jantung, salah satunya pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kurang olah raga, dan banyak memakan makanan yang berlemak.

Oleh karena itu, anda harus menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Anda bisa memulai dari hal-hal yang kecil, seperti misalnya mengkonsumsi makanan sehat, olah raga teratur, dan juga menerapkan pola hidup sehat yang lainnya.

Untuk lebih memahami organ tubuh yang satu ini, anda bisa menyimak beberapa ulasan mengenai Cara Agar Jantung Tetap Sehat dan Kuat dibawah ini.

  1. Berhenti Merokok

Tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, jika merokok dapat membahayakan kesehatan jantung. Dalam berbagai penelitian disebutkan bahwa merokok dapat meningkatkan serangan jantung hingga 80 persen.

Hal ini disebabkan oleh asap rokok yang mampu meningkatkan kolesterol jahat serta meningkatkan resiko terjadinya penggumpalan darah.

  1. Olahraga
Baca Juga  Kenali Gejala Kanker Getah Bening Sebelum Mengganas

Cara yang selanjutnya yakni rajin melakukan olahraga. Setidaknya meluangkan waktu 2 jam setiap minggunya untuk melakukan olahraga dipercaya mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga 60 persen. Para peneliti menyimpulkan jika olahraga dapat melatih kinerja otot-otot jantung.

  1. Mengonsumsi Air Putih

Teratur minum air putih dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung anda. Dalam berbagai penelitian disebutkan bahwa air putih bisa mengencerkan darah sehingga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Bahkan dalam penelitian yang lainnya juga menyebutkan jika seseorang minum air putih sedikitnya 8 gelas perhari bisa menurunkan reiko serangan jantung hingga 54 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

  1. Konsumsi Teh

Mengonsumsi teh sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa minum teh tiga kali sehari bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen.

Kadar flavonoid yang terkandung dalam teh bisa menjadi antioksidan alami yang berguna untuk melindungi jantung dari berbagai macam penyakit.

  1. Menurunkan Berat Badan

Sudah tidak asing lagi bagi kita jika berat bedan juga mempengaruhi kesehatan jantung. Kelebihan berat badan bisa menyebabkan kinerja jantung melemah karena kelebihan lemak dalam tubuh.

( Baca Juga : 5 Jenis Makanan sehat Untuk Diet Jantung )

Dalam sebuah studi disebutkan jika menurunkan berat badan antara 10 sampai 20 pons bisa mengurangi resiko kematian akibat serangan jantung.

  1. Konsumsi Semangka

Buah berwarna merah ini mengandung senyawa lycopene 40 persen lebih banyak jika dibandingkan tomat. Peneliti menyimpulkan jika senyawa lycopene tersebut mampu melindungi jantung dari berbagai macam serangan penyakit.

  1. Kurangi Mengonsumsi Garam.
Baca Juga  6 Ramuan Obat Hepatitis Tradisional Dari Bahan Alami

Perhatikan makanan yang anda konsumsi, karena mengonsumsi garam secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah.

Jantung akan bekerja dengan cepat jika tekanan darah dalam tubub kita meningkat sehingga membahayakan kesehatan jantung.

  1. Bersantai

Mungkin masih belum banyak yang mengetahui jika bersantai dapat menjaga jantung agar tetap sehat dan kuat. Hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti jika bersantai mampu memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

Dalam penelitian lainnya juga mengungkapkan jika terlalu stres bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah arteri yang bisa memperburuk kondisi kesehatan jantung.

(Baca Juga : langkah-langkah mengobati penyakit jantung secara alami )

Nah itulah beberapa Cara Agar Jantung Tetap Sehat dan Kuat. Dengan adanya informasi ini diharapkan anda semakin peduli dengan kesehatan jantung.

Karena dengan memiliki jantung yang sehat dan kuat bisa maka aliran darah menjadi lancar sehingga aktifitas organ dalam tubuh bekerja dengan normal dan tentunya tubuh akan tetap sehat.

Tags: , , , , ,

Related to: Jantung Anda Lemah Inilah Caranya Agar Jantung Tetap Sehat dan Kuat