Kacang: Cemilan untuk Jantung Sehat

January 31, 2015

Kacang sudah menjadi cemilan favorit kebanyakan orang. Selain enak, mudah dikemas dan dibawa kemana-mana, kacang ternyata juga kaya akan nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam kacang terbukti baik bagi jantung dan kesehatan tubuh secara umum.

Kenapa kacang baik untuk jantung?

5. Kacang, Cemilan untuk Jantung Sehat

Mengkosumsi kacang-kacangan sebagai bagian dari diet jantung sehat dapat menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL, atau kolesterol “buruk”) dalam darah. LDL tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Mengkonsumsi kacang bisa mengurangi risiko pembekuan darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Kacang-kacangan juga bisa memperkuat dan meningkatkan kesehatan lapisan arteri.

Selain dikemas dengan protein, kebanyakan kacang mengandung setidaknya beberapa zat berikut ini:

  • Lemak tak jenuh. Meskipun alasannya belum diketahui dengan jelas, namun lemak tak jenuh pada kacang— baik lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda— dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Asam lemak omega-3. Umumnya, kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 adalah bentuk asam lemak sehat yang dapat membantu memelihara  kesehatan jantung dan mencegah irama jantung yang tak beraturan dan berbahaya yang dapat menyebabkan serangan jantung. Asam lemak omega-3 juga ditemukan dalam berbagai jenis ikan, tetapi kacang adalah salah satu sumber nabati terbaik untuk asam lemak omega-3.
  • Fiber atau serat. Semua kacang mengandung serat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat membuat kita lebih cepat kenyang sehingga mencegah konsumsi atau asupan makanan yang berlebihan. Serat juga terbukti bagus untuk mencegah diabetes.
  • Vitamin E. Vitamin E dapat membantu menghentikan perkembangan plak yang dapat mempersempit pembuluh arteri. Perkembangan plak di dalam pembuluh arteri dapat menyebabkan nyeri dada, penyakit arteri koroner atau serangan jantung.
  • Sterol. Beberapa kacang mengandung sterol, suatu zat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Sterol sering ditambahkan ke dalam produk makanan seperti margarin dan jus jeruk untuk manfaat kesehatan tambahan, tapi sterol dapat ditemukan secara alami dalam kacang-kacangan.
  • L-arginine. Kacang-kacangan juga merupakan sumber dari l-arginine, yakni zat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dinding arteri dengan membuatnya lebih fleksibel dan mengurangi potensi penggumpalan darah yang dapat menyumbat aliran darah.
Baca Juga  Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Kita

Apakah semua jenis kacang-kacangan bagus untuk kesehatan?

Secara umum, kacang-kacangan memang baik untuk kesehatan, Anda tidak perlu khawatir mengenai jenis kacang yang Anda konsumsi. Semuanya terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, kacang apa saja yang paling baik? Dilansir dari BBC Good Food, berikut ulasannya.

  1. Almond. Bagi Anda yang tidak suka susu, Anda bisa mengonsumsi almond. Kacang ini kaya akan kalsium yang sangat berguna bagi pertumbuhan tulang. Selain itu, almond juga tinggi vitamin E, nutrisi yang dapat membantu memperbaiki kondisi kulit. Untuk menjaga kesehatan hati, konsumsi almond sekaligus dengan kulitnya, karena kulit almond terkenal kaya akan flavonoid— senyawa yang dapat membantu melindungi fungsi jantung.
  2. Kacang Brazil. Kacang ini sangat ideal bagi mereka dengan masalah kelenjar tiroid. Kacang ini sarat akan selenium yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk memulihkan luka.
  3. Kacang mete. Kacang mete merupakan sumber protein yang baik, dan juga kaya akan zat besi dan seng. Tidak hanya itu, kacang mete juga mengandung magnesium yang diduga dapat meningkatkan daya ingat dan menunda demensia, kehilangan memori yang terkait dengan penuaan.
  4. Kacang kastanye (chestnuts). Kacang ini merupakan kacang dengan kalori paling rendah, dan kaya akan tepung dan serat, serta dalam bentuk mentah merupakan sumber vitamin C yang baik.
  5. Hazelnut. Anda bisa memilih hazelnut, jika Anda perlu asupan homosistein, asam amino yang bisa membantu mengatasi masalah jantung dan penyakit Parkinson.  Hazelnut merupakan sumber folat yang baik, yang memainkan peran penting dalam menjaga kadar normal homosistein.
Baca Juga  7 Manfaat Buah Naga Salah Satunya Pencegah Kanker

Dari lima kacang di atas, yang mana yang Anda gemari? Pastikan Anda memenuhi asupan kacang yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Tags: ,

Related to: Kacang: Cemilan untuk Jantung Sehat