Kafein Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran

August 2, 2016

Biasanya setelah kita menonton konser musik atau turun dari pesawat, pendengaran kita akan terasa sedikit terganggu. Hal ini dalam dunia kedokteran disebut nooise construction.

Dr Faisal Zamawi dari McGill Auidtory Sciences Laboratory mengatakan, bahwa noise construction biasanya dapat kembali pulih dalam jangka waktu 72 jam. Namun jika dalam jangka waktu tersebut Anda mengkonsumsi kafein, maka proses pemulihan akan menjadi lebih lama. Bahkan kemungkinan terburuk telinga Anda dapat mengalami tuli untuk sementara, atau bisa juga telinga Anda akan mengalami tuli permanen. Selain itu, Dr Faisal Zamawi pun menambahkan, saat telinga terkena paparan suara keras, maka hal tersebut dapat membuat fungsi pendengaran mengalami penurunan atau yang biasa disebut sebagai pergeseran ambang batas pendengaran sementara.
coffee_1_by_damiano79-d5hake7

Kandungan kafein dapat kita temukan dalam minuman kopi. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sebagian besar orang sangat menyukai minum kopi. Selain aromanya yang nikmat, kopi juga dapat menahan rasa kantuk serta dapat meningkatkan energy saat harus bekerja semalaman. Namun, siapa sangka kandungan kafein yang tersimpan di dalam kopi dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Baca Juga  Cara Diet Sehat Ikuti 6 Langkah Agar Berhasil Menjalaninya

Dr Faisal Zamawi bersama timnya melakukan penelitian pada hewan. Hewan-hewan tersebut diberikan paparan suara 110dB (dessible), kekencangan suara tersebut setara dengan volume pada konser musik keras yang berlangsung selama 1 (satu) jam.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, sebagian hewan-hewan yang diuji diberikan dosis kafein dan sebagiannya tidak diberikan. Pada hari pertama penelitian dilakukan belum terlihat hasil apapun. Namun setelah delapan hari penelitian tersebut dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa hewan yang diberikan dosis kafein mengalami masalah gangguan pendengaran yang lebih signifikan dari pada hewan yang tidak diberikan dosis kafein.

Dr Faisal Zamawi menganjurkan, baiknya setiap orang mengkonsumsi kafein dalam satu hari maksimal sebanyak 3mg atau setara dengan 3 (tiga) cangkir berukuran 8 oz atau setara dengan 230 ml. Tidak hanya kopi saja yang mengandung kafein, ternyata soda dalam kemasan kaleng memiliki jumlah kandungan kafein yang lebih tinggi, yaitu sekitar 200mg per kaleng.

Jika Anda salah satu pecinta kopi, maka mulailah membiasakan diri untuk minum kopi sesuai dengan anjuran kesehatan dan tidak berlebih. Karena kafein yang terkandung di dalamnya dapat membuat kesehatan Anda terganggu, seperti gangguan pada pendengaran. Begitu juga dengan minuman soda dalam kemasan kaleng. Sebaiknya perbanyaklah minum air putih, karena itu yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga  5 GEJALA KANKER HATI, no 1 nya Banyak Orang Mengabaikan

Tags:

Related to: Kafein Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran