Kanker Prostat Mulai Menyerang Pada Usia 30 Tahun

August 2, 2016

Kanker prostat merupakan penyakit yang seringkali dan umumnya menyerang organ tubuh reproduksi kaum pria tentunya harus diwaspadai saat kaum pria beranjak memasuki usia 30 tahun.

Salah seorang spesialis urologi Siloam ASRI dr. Chaidir Arif Mochtar, SpI (K) Phd mengungkapkan sampai saat ini masih sangat sedikit kaum pria yang memasuki usia 30 tahun sadar untuk menjaga serta memeriksa kesehatan kelenjar prostatnya.

130605_health_bim020613

“Padahal perlu diekatahui bahwa kanker prostat yang berada di leher kandung kemih sangat berperan dalam mensekresi sekitar 30% dari total volume air mani, dimana cairan tersebut mengandung beberapa komposisi nutrisi yang dibutuhkan dalam memproduksi sperma,” ucapnya dalam keterangan resmi, Jumat, 29/7/2016.

Menurut dr. Chaidir, kanker prostat adalah kondisi pertumbuhan abnormal serta tidak terkontrol dari sel prostat yang bisa selalu dan terus tumbuh sampai ke jaringan normal sekitar. Penyakit ini seringkali muncul tanpa adanya gejala, tapi pasien bisa merasakan nyeri pada bagian tulang.

Faktor yang harus diwaspadai yang memicu kanker prostat menurutnya seperti diet tinggi lemak, kurangnya paparan sinar matahari, logam berat, usia lanjut, adanya riwayat keluarga dan ras.

Baca Juga  8 Cara Menghilangkan Varises dan Yang Harus di Hindari

Meskipun demikian, kaum pria bisa mencegah timbulnya penyakit kanker ini dengan gaya hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi kacang kedelai serta produk olahannya, teh hijau, likopen dan anti oksidan.

Untuk dapat mendiagnosa kanker prostat, dia melanjutkan, beberapa tindakan umum yang biasa dilakukan oleh urologi adalah dengan tumor marker, biopsy atau TUR-Prostat. Walau demikian, proses diagnose bisa diketahui jika sudah melakukan konsultasi dengan dokter.

Di samping itu, Chaidir menjalskan deteksi dini kanker prostat bisa dilakukan dengan cara screening. Akan jauh lebih baik jika kankernya diketahui pada stadium awal.

“Proses pembedahan dan radioterapi adalah modalitas terapi untuk kanker yang terlokalisir. Namun terapi hormonal sangat efekti dalam proses pengobatan kanker yang telah metastasis. Selain itu untuk kanker dengan kastrasi rasisten respon dengan pengobatan kemoterapi lebih efektif,” jelasnya.

Diharapkan kaum pria lebih sadar dan mau untuk melakukan pemeriksaan, sehingga dapat diketahui lebih dini sebelum masuk ke stadium lanjut.

Tags:

Related to: Kanker Prostat Mulai Menyerang Pada Usia 30 Tahun