Karena Korsleting Listrik di Rumah Sakit 11 Bayi Baru Lahir Meninggal

August 15, 2016

Kejadian mengerikan terjadi di Kota Baghdad. Pada Selasa, 9 Agustus malam hari terjadi kebakaran di sebuah rumah sakit yang mengakibatkan tewasnya 11 bayi baru lahir yang dirawat di rumah sakit tersebut. Menurut juru bicara Kemenkes Irak, Ahmed al-Roudaini, kebakaran berpusat di ruang bersalin yang terletak tak jauh dari rumah sakit di Yarmouk. Berdasarkan olah TKP yang dilakukan oleh petugas, kebakaran terjadi karena adanya hubung singkat yang disebabkan karena rusaknya peralatan di rumah sakit. Korsleting ini kemungkinan terjadi karena instalasi listrik yang memang kurang baik di rumah sakit tersebut.

bayi terkena konrsleting listrik

Ilustrasi bayi terkena konrsleting listrik

Kebakaran akibat korsleting listrik yang melanda Rumah Sakit Yarmouk Teaching ini merenggut nyawa 11 bayi prematur. Bayi-bayi prematur ini tewas karena terjebak di inkubator, terkena luka bakar hingga menghirup asap kebakaran. Ketahanan tubuh dari para bayi prematur yang rendah turut menjadi penyebab tewasnya belasan bayi ini. Korban yang terkena luka bakar dan keracunan asap kebakaran sendiri mencapai 19 orang. Mereka kini dirawat di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik dan lebih layak.

Rumah sakit yarmouk

Rumah sakit yarmouk

Tak hanya korban tewas, insiden ini juga menyebabkan puluhan pasien luka-luka dan trauma. Sebanyak 29 pasien wanita berhasil diselamatkan dari kebakaran tersebut dan juga tujuh bayi berhasil dievakuasi ke tempat yang aman. Demi keamanan dan keselamatan, para pasien ini dipindahkan ke rumah sakit lain. Bangsal bersalin dan lobi adalah dua tempat dengan kerusakan paling parah yang ada di rumah sakit ini. Untuk ruangan lain hanya kerusakan kecil yang terjadi karena api bisa cepat dipadamkan sehingga tidak menyebar ke seluruh lingkungan rumah sakit.

Baca Juga  10 Tanda Ciri Ciri Memiliki Gizi Baik Di Tubuh

Ini adalah salah satu tragedi terbaru yang merundung ibu kota Irak ini. Sebelumnya, kota ini sering diteror dengan bom bunuh diri dan rangkaian kelompok milisi yang menginvasi kota ini. Beberapa tahun silam juga pernah terdapat serangan bom bunuh diri yang ditujukan untuk rumah sakit ini. Tempat parkir menjadi sasaran teror waktu itu dan ledakan terjadi di dekat unit gawat darurat di rumah sakit tersebut. Hingga kini pihak kepolisian telah menutup rumah sakit ini dan menjaganya dengan ketat. Selain itu pihak media yang akan meliput kejadian ini juga dilarang untuk memasuki lokasi kebakaran ini.

Akibat dari pelarangan oleh pihak berwajib ini kasus kebakaran yang melanda Rumah Sakit Yarmouk menjadi sedikit buram dan tidak jelas pemberitaannya. Pihak kepolisian melakukan pelarangan liputan media ini mengingat sedang memburuknya kondisi Negara Irak terlebih di Kota Baghdad di mana di kota ini sedang terjadi ketakutan massal akibat dari aktivitas terorisme yang kian membesar dan berkembang. Pihak berwajib enggan untuk memperkeruh kasus ini karena keadaan yang sedang memburuk ini. Hal ini bisa membuat warga Baghdad semakin takut untuk berobat di rumah sakit meskipun penyebab dari insiden ini bukanlah terorisme, melainkan korsleting listrik.

Baca Juga  Proses Perkembangan Bayi: Kapan Si Bayi Mulai Bisa Berjalan?

Hingga kini rincian mengenai korban tewas, korban luka-luka dan juga kerugian yang diakibatkan oleh peristiwa ini masih terus diselidiki oleh pihak berwajib. Menurut data kepolisian setempat, kejadian kebakaran akibat arus pendek juga tak hanya menimpa rumah sakit ini. Banyak pusat perbelanjaan yang mengalami hal serupa. Biasanya hal ini disebabkan oleh buruknya instalasi listrik di gedung-gedung yang ada di Kota Baghdad. Minimnya jalur evakuasi juga menjadi faktor utama banyaknya korban tewas di setiap insiden kebakaran di Baghdad.

Tags:

Related to: Karena Korsleting Listrik di Rumah Sakit 11 Bayi Baru Lahir Meninggal