Kebutuhan Waktu Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia Hasil Penelitian

December 29, 2015

Waktu Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia – Setiap hari tubuh kita melakukan pasti melakukan berbagai aktifitas keseharian kita entah itu aktifitas sekolah, kerja, kuliah dan sebagainya.

Pastinya setelah melakukan aktifitas harian tubuh kita perlu istirahat atau tidur , karena seperti yang kita tahu tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia sama halnya dengan makan.

(Baca Juga : Dampak Kesehatan Akibat Sering Bergadang )

Tidur yang cukup bukan hanya di butuhkan oleh anak – anak tetapi semua umur. Perbedaanya ialah pada anak kebutuhan tidur diharapkan dapat mendorong pertumbuhan anak dan dapat menjaga konsetrasi pada saat belajar di sekolah,

kebutuhan jam tidur berkualitas berdasarkan usia

kebutuhan jam tidur berkualitas berdasarkan usia

sedangkan untuk orang dewasa tidur yang cukup dapat bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh setelah melakukan aktifitas harian.

Dengan begitu tidur dengan cukup dan sesuai usia sangat di perlukan untuk semua orang. Dengan tidur sesuai dengan kebutuhan tubuh maka bisa pastikan bahwa orang tersebut dapat beristirahat dengan baik .

Untuk setiap kelompok usia durasi kisaran waktu sedikit berbeda karena di sesuaikan dengan kondisi tubuh seseorang itu.

(Baca Juga : 12 Makanan Enak Dapat Mengatasi Penderita Insomnia)

Dan di bawah ini merupakan rekomendasi Waktu Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia dimulai dari bayi baru lahir sampai umur 17 tahun. Untuk kelompok usia yang dewasa dimulai dari 18 tahun hingga 65 tahun lebih.

Baca Juga  10 Makanan untuk Membuat Kulit Bebas Jerawat Mudah Dan Cepat

Berikut rekomendasi tidur sesuai kelompok usia:

  1. Baru yang Baru lahir 0 sampai 3 bulan :durasi tidurnya 14-17 jam perharinya
  2. Bayi yang usianya 4 sampai 11 bulan : durasi tidurnya 12-15 jam perharinya
  3. Balita yang usianya 1 sampai 2 tahun : durasi tidurnya 11-14 jam perharinya
  4. Balita yang usianya 3 sampai 5 tahun : durasi 10 – 13 jam perharinya
  5. Anak – anak yang usianya 6 sampai 13 tahun :durasi tidurnya 9-11 jam perharinya
  6. Remaja yang usianya 14 sampai 17 tahun : durasi tidurnya 8 – 10 jam perharinya
  7. Remaja menuju dewasa 18 sampai 25 tahun : durasi tidurnya 7 – 9 jam perharinya
  8. Orang dewasa 26 sampai 64 tahun : durasi 7- 9 jam perharinya
  9. Orang Lanjut usia , umurnya 65 tahun lebih : durasi tidurnya 7-8 jam perharinya

Durasi tidur kita setiap harinya sangatlah penting dan berpengaruh pada kesehatan karena bila tubuh kurang tidur meskipun hanya semalam,

maka hormone pada tubuh akan terganggu seperti hormon yang mengatur fungsi nafsu makan terganggu. Kurang tidur juga salahsatu penyebab seseorang menjadi gemuk.

Pada tahun 2011 penelitian yang dilakukan oleh Europa Heart Journal menunjukkan bahwa orang yang tidurnya kurang memiliki resiko 48% terserang jantung koroner pada rentang waktu 7 – 25 tahun. 15 % resiko serangan stoke pada rentang waktu yang sama.

Europa Heart Journal

Europa Heart Journal

Tak hanya kurang tidur yang punya dampak negatif bagi kesehatan, terlalu banyak tidur juga berisiko lebih tinggi terkena jantung coroner dan lebih tinggi terkena serangan stroke dengan persentase 65%.

Baca Juga  Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan Tubuh, Miliki Segera Tubuh Sehat Dengan Bentuk Ideal

(Baca Juga : Cara tidur Penderita Insomnia)

Oleh sebab itu rekomendasi waktu tidur dengan durasi ideal iini diplubikasikan oleh National Sleep Foundation ( NSF ) Amerika.

Rekomendasi yang dibuat dan dikaji oleh berbagai bidang ilmu seperti anatomi, neurologi , dokterr anak , dokter kandungan , hingga dokter ahli lansia .

Kisaran jam tidur tersebut di gunakan untuk kebutuhan dasar tidur , bila kebutuhan tidur anda kurang dari kisaran tersebut maka otomotis anda memiliki utang tidur.

Walaupun utang tidur ini dapat di bayar pada malam-malam yang akan datang namun efek dari kurangnya tak dapa di perbaiki.

Untuk itu pentingnya kebutuhan tidur ini , anda harus mencukupi kebutuhan tidur yang cukup agar tubuh anda sehat .semoga artikel Kebutuhan Waktu Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia Hasil Penelitian bermanfaat dan jaga selalu kesehatan anda.

Tags: , , ,

Related to: Kebutuhan Waktu Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia Hasil Penelitian