Kehamilan Kosong Yuk Kenali Penyebabnya dan Apa Itu Kehamilan Kosong

August 2, 2016

Kebahagiaan yang tercipta pada awal kehamilan terkadang berubah menjadi sebuah kesedihan saat hasil pemeriksaan USG selesai dan dokter menyatakan kehamilan kosong.

Lho, bagaimana kok bisa kosong? Bukankah hasil tes pada testpack menunujukkan tanda positif kehamilan? Bahkan, ketika melakukan konsultasi pertama pun, dokter menyatakan positif hamil. Mungkin di dalam benak Anda bertanya seperti itu.
kehamilan kosong

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Medika Permata Hijau, Jakarta, yakni Dr Doddy Gultom menjelaskan, bahwa kehamilan kosong atau istilah dalam medis dikenal blighted ovum atau yang dikenal juga sebagai kehamilan tanpa embrio.

Ini adalah jenis kehamilan yang sejak awal terjadinya pembuahan memang tidak menghasilkan embrio.

Tetapi layaknya proses kehamilan normal, pada kehamilan kosong, kantung ketuban tetap terbentuk, begitupun dengan plasenta.

Bahkan, pada kantung kehamilannya pun terus berkembang, seperti kehamilan biasa, hanya saja pada kehamilan kosong ini sel telur yang sudah dibuahi gagal berkembang dengan sempurna.

Dengan keadaan kondisi tersebut, berbagai tanda pada awal kehamilan tetap terlihat seperti yang dialami oleh wanita hamil pada umumnya.

Tidak heran jika banyak wanita yang terkecoh dan mengira bahwa dirinya sedang hamil, karena ia merasakan gejala dan tanda-tanda kehamilan seperti yang dialami oleh wanita hamil pada umumnya.

Baca Juga  Fakta Anak Anak Berusia 2 Hingga 10 Tahun Rawan Kekurangan Gizi

Jika dilihat secara fisik, tubuh wanita yang mengalami kehamilan kosong juga mengalami perubahan. Hal ini disebabkam karena kantung kehamilan yang berkembang sehingga menjadikan perut tampak sedikit buncit.

Tidak hanya itu saja, produksi hormon HCG pada tubuh wanita pun mengalami peningkatan. Itulah mengapa, saat melakukan tes kehamilan, wanita dengan kehamilan kosong juga akan mendapatkan hasil pemeriksaan positif.

Dengan terjadinya perubahan hormon pada tubuh juga kan menyebabkan terjadinya tanda-tanda awal kehamilan, seperti kondisi kehamilan normal pada umumnya. Yaitu sepert mual dan muntah, merasa pusing-pusing, sembelit, serta tanda-tanda awal kehamilan lainnya.

Pada umumnya kehamilan kosong dapat diketahui saat melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter serta melakukan pemeriksaan USG yang dilakukan ketika usia kehamilan memasuki usia 6 hingga 8 minggu.

Hingga kini belum ada cara untuk mengetahui kehamilan kosong sejak dini, kecuali dengan melakukan pemeriksaan USG.

Namun, kehamilan kosong juga dapat ditandai dengan terjadinya pendarahan seperti mengalami gejala keguguran. Hal ini disebabkan karena tubuh berusaha untuk mengeluarkan konsepsi yang tidak normal.

Baca Juga  Bayi 11 Hari Terkena Penyakit Aneh Memerlukan Bantuan Untuk Dana Operasi

Jadi, terjadinya kehamilan kosong dapat diketahui jika sudah melakukan pemeriksaan USG transvaginal pada usia kehamilan 6-8 minggu. Karena pada usia tersebut, ukuran diameter kantung kehamilan sudah lebih besar dari 16 milimeter, dengan demikian dapat terlihat lebih posisi kantung kehamilan yang kosong dan tidak berisi janin.

Bila dicermati, bentuknya seperti lingkaran hitam yang terisi oleh cairan dan tidak terlihat bayangan calon janin sama sekali.

Hingga saat ini penyebab terjadinya blighted ovum belum diketahui dengan pasti. Tetapi, sekitar 60% karena disebabkan oleh terjadinya kelainan kromosom dalam proses pembuahan sel telur juga sperma.

Atau dengan kata lain terjadi kelainan genetis, yaitu di mana kualitas serta kuantitas sperma juga sel telur tidak baik, sehingga ketika terjadi pembuahan, hasilnya tidak dapat berkembang dengan prima.

Selain itu, penyebab lainnya adalah karena infeksi TORCH dan streptokokus, diabetes mellitus yang tidak dapat dikontrol, rendahnya kadar beta HCG, serta faktor imunologis, yaitu seperti adanya antibodi pada janin.

Tags:

Related to: Kehamilan Kosong Yuk Kenali Penyebabnya dan Apa Itu Kehamilan Kosong