Kehebatan Manfaat Daun Jarak Untuk Kebutuhan Manusia

April 22, 2015

Manfaat daun jarak dalam dunia kedokteran telah umum dikenal oleh kalangan mahasiswa. Namun masyarakat luas masih jarang yang mengetahui akan manfaat tersebut. Tanaman jarak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman pagar yang membatasi halaman rumah yang satu dengan yang lainnya. Padahal begitu banyak manfaat tanaman ini yang bukan hanya terletak pada bagian daunnya saja. Namun pada bagian akar, bagian bunga, biji dan getahnya pun terdapat khasiat.

Khasiat yang banyak tersebut mulai diketahui setelah adanya informasi tentang penggunaan tumbuhan jarak dalam kehidupan sehari-hari di berbagai media. Untuk lebih mengenalkan manfaat daun jarak tersebut, kami berikan penjelasan yang singkat namun padat.

Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

manfaat daun jarak

Sebagai sebuah ilmu, kami berikan beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan:

  • Pertajam penglihatan

Mata merupakan alat indera yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Tanpa mata yang sehat, penglihatan akan menjadi buram atau bahkan bisa mengakibatkan kebutaan. Berbagai media elektronik telah mengubah paradigma sesorang tentang kesehariannya. Sebagai contoh adalah televisi dan komputer yang mana sifatnya memberikan efek gambar dengan jarak yang sama. Akibat dari hal tersebut adalah terjadinya rabun jauh yang bagi kebanyakan pelajar pernah mengalaminya. Salah satu tumbuhan yang mengandung vitamin A yang banyak selain wortel adalah daun jarak. Manfaat daun jarak untuk kesehatan mata sangatlah terasa. Dengan mengkonsumsi daun jarak secara teratur baik di seduh maupun dijadikan lalapan, mata secara lambat laun akan memberikan ketajamannya kembali. Selain itu, mata pun akan selalu terawat dan selalu tetap sehat.

  • Mencegah penyakit
Baca Juga  Berbagai 6 Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Penyakit Berbahaya

Daun jarak selain mengandung vitamin A, juga terkandung antioksidan didalamnya. Kegunaan zat ini adalah untuk menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya baik dari polusi ataupun radiasi barang elektronik. Cara pengobatannya cukup mudah yaitu Anda cukup menyeduh air rebusan daun jarak dan minum secara rutin. Dengan demikian radikal bebas pun dapat dihindari sehingga tidak mengakibatkan berbagai macam penyakit pada tubuh.

 

Manfaat Daun Jarak Untuk Kecantikan

Selain manfaat untuk kesehatan, manfaat daun jarak untuk kecantikan pula sangatlah terasa. Beberapa hal yang bisa diobati oleh daun jarak tersebut antara lain:

  • Menghaluskan serta mencerahkan kulit

Bagi kebanyakan wanita, memiliki kulit yang halus dan cerah menjadi sebuah keharusan yang selalu diusahakan. Siapa sangka bahwa kandungan dalam daun jarak terdapat vitamin C dan E yang memiliki kegunaan untuk merawat kulit dari dalam. Kandungan yang berguna untuk kulit tersebut juga mampu meregenerasi sel kulit yang baru agar cepat tumbuh. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan secara individu. Lakukan perebusan daun jarak dalam air bersih secukupnya. Setelah hampir setengahnya, dinginkan dan minum secara rutin setiap hari. Agar lebih maksimal, konsumsi rebusan daun jarak dilakukan pada malam hari ataupun pagi hari.

  • Menghilangkan jerawat

Jerawat memang sungguh menyebalkan. Baik yang muda maupun yang tua sering mengalami hal tersebut. Ini diakibatkan oleh pencemaran lingkungan serta pola hidup yang tidak baik. Polusi udara terutama di kota besar telah membuat penyumbatan di kulit wajah sehingga wajah tidak leluasa untuk bernafas. Disamping itu konsumsi makanan berminyak memperbanyak kandungan minyak pada tubuh dan wajah. Alhasil bersatulah minyak dan debu tersebut sehingga kulit menjadi bengkak dan mengakibatkan jerawat.

Baca Juga  8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional Untuk Kesehatan Wajah

Dengan manfaat daun jarak untuk kecantikan terutama pada jerawat, Anda dimudahkan dalam mencari obat jerawat yang alami. Kandungan antibakterial dan antiseptik dalam daun jarak mampu mengatasi kulit yang dihinggapi kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu kandungan anti inflamasinya mampu mengatasi peradangan akibat munculnya bintik jerawat tersebut. Caranya cukup mudah dengan menghancurkan daun jarak secara ditumbuk atau diblender kemudian hasilnya kita taruh di wajah untuk dijadikan masker.

Dengan demikian manfaat daun jarak memang banyak terutama untuk kesehatan maupun kecantikan. Oleh karena itu kita patut bersyukur dan mampu mengambil manfaat dari tumbuhan alami yang telah diberikan Tuhan guna keperluan hidup kita.

Tags:

Related to: Kehebatan Manfaat Daun Jarak Untuk Kebutuhan Manusia