Kelezatan Makanan Kanker Getah Bening Yang Wajib Diketahui

November 12, 2016

Penderita kanker tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Tidak terkecuali penderita kanker getah bening.  Ada beberapa jenis makanan yang bagi orang sehat tidak mempunyai efek samping apapun, namun bagi penderita kanker akan memicu pertumbuhan kanker yang semakin parah. Untuk itu sebagai orang terdekat bagi penderita, Anda harus mengetahui konsumsi khusus makanan kanker getah bening. Jangan sampai orang yang disayangi semakin menderita karena ulah Anda yang kurang pengetahuan.

Kelenjar getah bening yang berfungsi memproduksi cairan limfa tidak selamanya ada dalam kondisi sehat. Jika tubuh mengalami serangan infeksi bakteri berlebih sehingga memicu kerja keras kelenjar ini dalam produksi cairan limfa yang tugasnya membunuh bakteri, maka kelenjar ini akan mengalami pembengkakan. Jika ditambah dengan serangan virus disaat kondisi kelenjar tidak fit, maka berpotensi menyebabkan pertumbuhan kanker.

Makanan Kanker Getah Bening

makanan kanker getah bening

Ada beberapa makanan sehat untuk penderita kanker getah bening yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Makanan-makanan tersebut mengandung senyawa aktif yang dapat mencegah pertumbuhan kanker semakin ganas sekaligus melancarkan saluran limfatik tempat kelenjar getah bening berada. Bahkan memaksa sel-sel kanker untuk melakukan bunuh diri dengan menghambat sintesis protein pada inti sel. Disamping itu dapat pula mencegah terjadinya inflamasi pada sel kanker yang dapat memperburuk kondisi penyakit. Berikut beberapa diantaranya:

  1. 1.       Makanan kaya curcumin

Salah satu makanan yang kaya akan curcumin adalah nasi kuning. Memang yang menjadi  obat pencegah kanker bukan terletak pada nasinya, namun terletak pada kunyit yang memberikan warna kuning pada nasi tersebut. Dalam hal ini nasi kuning merupakan gambaran pilihan cara pengolahan nasi bagi penderita kanker kelenjar getah bening. Yakni lebih baik dengan cara membubuhkan obat herbal alami kunyit sehingga penderita diobati tanpa Ia sadari. Kandungan curcumin dan anti oksidan yang tinggi pada kunyit berkhasiat mencegah dan mengobati kanker serta menangkal radikal bebas.

Baca Juga  ASI Agar Bayi Cerdas Berikut Tips Dari BJ Habibie
  1. 2.       Makanan kaya kalium

Makanan yang memiliki kalium tinggi mampu meningkatkan fungsi dari drainase sistem limfatik yang secara langsung membantu peredaran cairan getah bening. Beberapa makanan yang mengandung kalium tersebut antara lain yaitu pisang, apricot, kismis, kacang lima, bayam, kentang putih dan jus jeruk. Sebagai bahan pengetahuan, sebuah kentang putih panggang memiliki kalium sebesar 610 mg. Sedangkan untuk satu cangkir pisang, terkandung 537 mh kalium.

  1. 3.       Buah dan sayuran mentah

Berbagai makanan yang telah diolah seringkali sulit untuk dicerna. Akan tetapi dalam sejumlah buah dan sayuran yang masih mentah, terdapat enzim yang membantu sistem limfatik menjadi lancar. Kehadiran beberapa buah-buahan di meja makan seperti apel maupun jus apel akan akan bermanfaat bagi sistem limfatik tersebut. Makanan kanker getah bening ini memang sangat menyegarkan karena berasal dari alam dan memiliki cita rasa yang lezat. Selain itu dengan mengkonsumsi salad yang terdiri dari sayuran berwarna hijau gelap semakin memantapkan untuk poses kesembuhan penderita getah bening. Namun yang perlu diingat adalah bahwa jangan mengkonsumsi buah atau sayuran yang telah diubah menjadi keripik. Hal ini karena kadar atau kandungan zat penting untuk kesembuhan getah bening menjadi berkurang.

  1. 4.       Makanan yang memiliki lemak esensial
Baca Juga  Cara Mendiagnosis Kanker Hati Periksa Sebelum Terlambat

Makanan sehat untuk penderita kanker getah bening ini memang terkadang agak membingungkan. Namun sesungguhnya menurut peneliti disebutkan bahwa, lemak yang kita makan sebetulnya melewati dahulu sistem limfatik sebelum masuk ke hati. Oleh sebab itu, makan makanan yang mengandung lemak esensial atau lemak yang sehat. Beberapa makanan yang mengandung lemak esensial antara lain kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu terdapat pula di ikan atau kapsul minyak ikan, zaitun, wijen, tahu dan alpukat.

Jadi makanan kanker getah bening memang bervariasi, akan tetapi yang dilihat adalah kandungan serta manfaat yang nantinya bisa untuk mempercepat kesembuhan bagi penderitanya.

Tags: ,

Related to: Kelezatan Makanan Kanker Getah Bening Yang Wajib Diketahui