KENALI 9 TANDA TANDA IBU MAU MELAHIRKAN

April 8, 2015

Waktu melahirkan bagi ibu hamil tidak selalu tepat 9 bulan 10 hari atau sesuai dengan prediksi dokter, kadang maju atau bahkan mundur. Tanda-tanda ibu mau melahirkan juga tidak selalu sama antara ibu hamil yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu, kenali tanda-tanda ibu mau melahirkanberikut ini :

Tanda-tanda ibu mau melahirkan

  1. 1.     Bentuk Tubuh Berubah

Perubahan hormon menjelang akan melahirkan membuat bentuk tubuh ibu hamil menjadi berubah. Misalnya tulang pada selangkangan atau alat kelamin ibu menjadi lebih lebar sehingga membuat dasar panggul menjadi semakin lunak.Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah jalan keluar atau jalan lahir janin.Selain itu, payudara juga semakin membesar karena sudah mulai memproduksi ASI.

 

  1. 2.     Perut Terasa Keras

Tanda-tanda ibu mau melahirkan yang seringkali dialami oleh kebanyakan ibu hamil adalah perut menjadi lebih keras.Mengerasnya perut ibu hamil menandakan bahwa bayi sudah bergerak turun ke arah mulut rahim.Biasanya juga dibarengi dengan rasa mulas.

 

  1. 3.     Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan tanda-tanda ibu mau melahirkan yang paling umum dirasakan oleh ibu hamil.Oleh karena itu, ibu hamil harus bisa membedakan sakit punggung yang dialami merupakan sakit punggung biasa atau tanda-tanda ibu mau melahirkan.

Baca Juga  Risiko Eklampsia Kehamilan Kedua

 

  1. 4.     Keluar Lendir Di Daerah Kewanitaan

Keluarnya lendir di daerah kewanitaan ibu hamil merupakan tanda-tanda ibu mau melahirkansemakin dekat. Lendir tersebut lama kelamaan akan mengalami peningkatan.

 

  1. 5.     Selalu Ingin Buang Air Kecil

Sering buang air kecil merupakan tanda-tanda ibu mau melahirkanyang sering dialami oleh ibu hamil trimester terakhir.Hal tersebut disebabkan karena bayi mulai bergerak ke arah bawah.Sehingga anda merasakan adanya sebuah dorongan hebat yang membuat anda selalu ingin buang air kecil.

 

  1. 6.     Gerakan Bayi Melambat

Sesaat sebelum anda merasakan nyeri yang luar biasa, bayi anda akan bergerak lambat karena sedang mengatur posisinya untuk keluar melalui mulut rahim.

 

  1. 7.     Kontraksi

Kontraksi yang terjadi menjelang kelahiran biasanya tidak terlalu sakit, sehingga pada sebagian besar ibu hamil tidak menyadari adanya kontraksi tersebut.Kenalilah dengan baik apa yang sedang anda rasakan. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda ibu mau melahirkan.

 

  1. 8.     Semburan Air

Setelah terjadi kontraksi, biasanya alat kelamin ibu akan mengeluarkan semburan air yang cukup banyak. Jadi, di saat anda mengalami hal tersebut, segeralah mengunjungi dokter atau bidan terdekat untuk melakukan persalinan.

Baca Juga  Cara Mencegah dan Menghindari Kaki Bengkak Saat Hamil

 

  1. 9.     Pembukaan

Tanda-tanda ibu mau melahirkan sudah semakin dekat adalah adanya pembukaan pada pintu rahim.Bayi siap dilahirkan jika kepalanya sudah berada pada bagian pintu rahim. Pembukaan akan berjalan secara perlahan. Biasanya pembukaan akan terjadi setiap 2 jam sekali.

 

Dengan mengetahui semua tanda-tanda ibu mau melahirkan di atas, proses persalinan anda akan menjadi semakin lancar. Semoga informasi tentang tanda-tanda ibu mau melahirkan di atas bisa bermanfaat.

Tags:

Related to: KENALI 9 TANDA TANDA IBU MAU MELAHIRKAN