Kenali Apa Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak Sedini Mungkin

December 29, 2015

Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak – Gusi berdarah dan bengkak adalah masalah kesehatan yang harus diwaspadai karena menjadi salah satu ciri dari adanya perandangan. Hampir setiap orang pernah mengalami gusi berdarah dan bengkak. (Baca Juga : Obat Tradisional Radang Tenggorokan )

Bahkan menurut riset yang dilakukan pada tahun 2013, 1 dari 4 orang di Indonesia pernah mengalami masalah kesehatan pada gusi dan gigi.Termasuk diantaranya adalah gingivitis atau biasa disebut dengan peradangan gusi atau gusi berdarah.

Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak

Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak

Kebanyakan orang baru menyadari ada masalah pada gusinya ketika sedang menyikat gigi. Gusi berdarah jangan dianggap sebagai masalah yang sepele, karena hal tersebut bisa menyebabkan penumpukan plak didaerah sekitar gusi.

Hal tersebut sangat berbahaya karena gusi berfungsi sebagai pelindung tulang serta akar pada gigi dan mempertahankan posisi gigi agar tetap baik.

Selain itu, kesehatan gigi, gusi, dan mulut akan berpengaruh pada kesehatan organ tubuh yang lainnya seperti jantung, pankreas, dan juga paru-paru.

Gusi berdarah dan bengkak bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun kebanyakan penyebabnya adalah cara menyikat gigi yang salah.

Untuk mengetahui penyebab gusi berdarah dan bengkak lebih lanjut silahkan simak yang berikut ini.

  1. Jarang menggosok gigi
Baca Juga  Sedikit ulasan Jenis penyakit jantung faktor genetik

Penyebab gusi berdarah dan bengkak yang pertama adalah jarang menggosok gigi. Menggosok gigi adalah cara yang utama dalam menjaga kesehatan gigi dan kebersihan mulut.

(Baca Juga :Tips cara menyikat gigi yang baik dan benar )

Jarang menggosok gigi bisa menyebabkan kuman pada gigi dan mulut semakin berkembang dan membuat gusi mengalami infeksi.

Namun anda juga harus tetap berhati-hati dalam menggosok gigi, karena menggosok gigi yang terlalu keras justru akan membuat gusi terluka.

  1. Karang gigi

Apabila plak yang terdapat pada gigi tidak segera dibersihkan, maka lama-kelamaan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

Karang Gigi

Karang Gigi

Jika karang gigi sudah menempel pada gigi maka akan sangat sulit untuk dibersihkan. Karang gigi hanya dapat dibersihkan dengan bantuan dokter gigi.

Jika karang gigi tetap dibiarkan maka bakteri bisa mengeluarkan racun dan menyebabkan gusi mengalami infeksi..

  1. Perubahan hormon pada wanita hamil

Wanita hamil seringkali mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon tersebut bisa menyebabkan resiko gusi berdarah semakin meningkat atau bahkan bisa terjadi periodonitis.

Oleh sebab itu jika anda mengalami gusi berdarah karena terjadinya perubahan hormon, segeralah pergi ke dokter gigi untuk berkonsultasi dan mendapat penanganan yang tepat.

  1. Leukimia
Baca Juga  19 Obat Untuk Mengobati Gusi Bengkak Secara Tradisional

Gusi yang membengkak dan berdarah bisa menjadi salah satu komplikasi yang terjadi pada penderita leukimia.

ilustrasi leukimia

ilustrasi leukimia

Jaringan pada gusi sering kali dianggap memiliki kerentanan terhadap infitrasi sel darah putih yang menyebabkan pengeluaran komponen molekul adhesi endotthelial yang dapat meningkatkan infitrasi leukosit.

  1. Obat-obatan

Terdapat beberapa obat tekanan darah yang bisa menyebabkan peradangan dan pendarahan pada gusi. Selain itu, obat penenang juga bisa membuat mulut menjadi kering sehingga dapat memicu berbagai masalah kesehatan pada gusi.

  1. Kekurangan vitamin K

Gejala umum seseorang yang kekurangan vitamin K adalah terjadinya pendarahan pada gusi. Pendarahan tersebut sering kali keluar pada saat menyikat gigi. Oleh sebab itu perbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau untuk mencegah kekurangan vitamin K. (Baca Juga : Akibat Seringnya Terkena Sariawan Pada Lidah Dan Mulut )

Itulah beberapa penyebab gusi berdarah dan bengkak yang harus anda perhatikan.

Anda harus selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan gusi. Karena gusi adalah bagian terpenting dari gigi. Gusi yang sehat akan membawa pengaruh baik bagi kesehatan gigi.Jagalah kesehatan gigi dan mulut anda dengan rutin menggosok gigi sebanyak 2 kali sehari.

Tags: , , ,

Related to: Kenali Apa Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak Sedini Mungkin