Kenali Bahaya dan Manfaat Sehat Mengkonsumsi Stroberi

November 21, 2016

Buah yang cantik dengan warna merah dan rasa asam ini tentu memikat mata penikmatnya. Ya, buah itu adalah stroberi. Buah stroberi diketahui memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk.

Buah strawberry

Buah strawberry

Bahkan Nigel Denby yang merupakan seorang ahli diet mengatakan, bahwa buah stroberi ini masuk ke dalam daftar sebagai salah satu makanan yang sehat di dunia. Karena buah berwarna merah ini kaya akan kandungan antioksidan yang sudah ditemukan untuk menghentikan pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh.

Tetapi ternyata, di balik dari manfaatnya yang menyehatkan tersebut, Anda juga perlu mengetahui bahaya mengkonsumsi stroberi yang terlalu sering dapat menyebabkan alergi, seperti eksim dan sakit kepala.

Seperti dilansir dari Daily Mail, bahwa stroberi juga dikenal sebagai keluarga buah berry yang paling terkenal di dunia. Rasanya yang asam dan manis dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Secara tradisional, buah stroberi juga memiliki khasiat untuk membersihkan sistem pencernaan. Tetapi, buah ini juga memiliki kandungan fitonutrien yaitu bahan kimia pelindung yang mempunyai berbagai efek untuk meningkatkan kesehatan.

“Stroberi juga diklaim sebagai buah pelindung untuk jantung, anti-inflamasi dan bersifat anti-kanker, semua dibalut menjadi satu dalam buah stroberi,” ujar ahli gizi Nigel Denby.

Ahli gizi yang bermukim di London ini juga mengatakan, bahwa stroberi juga merupakan salah satu makanan paling sehat di dunia yang memiliki kandungan berbagai bahan kimia pelindung dengan berbagai efek yang dapat meningkatkan kesehatan. Berikut ini manfaat stroberi yang harus Anda ketahui.

Baca Juga  Pernah Serangan Jantung? Lakukan Hal Ini Agar Tidak Mudah Kambuh Lagi

Sebagai Anti Kanker

Stroberi adalah salah satu sumber antioksidan dan memiliki kandungan anthocyanin juga asam ellagic.

Anthocyanin yang terdapat di dalam stroberi memberikan warna merah khas, yang berkhasiat untuk mencegah radikal bebas yang merusak dalam darah.

Sedangkan kandungan asam ellagic yang terdapat pada stroberi telah dibuktikan dapat menghentikan pertumbuhan tumor di paru-paru, payudara, kerongkongan, serviks dan lidah dalam laboratorium.

Selain itu, hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry menyatakan, bahwa kandungan antioksidan di dalam stroberi dapat dengan signifikan menperlambat proliferasi sel-sel kanker.

Khusus untuk perokok mungkin akan senang mendengar kabar ini, karena dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan, bahwa stroberi memiliki khasiat untuk mengurangi efek karsinogen yaitu zat yang dapat menyebabkan kanker yang terdapat di dalam asap tembakau.

Kaya Vitamin C

Pada sebuah studi yang dikeluarkan oleh Archives of Oftalmologi mengemukakan, mengkonsumsi tiga atau lebih buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini mampu mengurangi resiko degenerasi makula terkait usia yang merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa hingga 36%.

Degenerasi makula yaitu yang menjadi penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua. Dengan mengkonsumsi buah yang berwarna merah ini dapat mengurangi pemicu degenerasi makula terkait usia yang merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa.

Sebagai Anti Penuaan

Peneliti menemukan sebuah hasil pada tikus yang diberikan diet stroberi menunjukkan dapat meningkatkan fungsi otak.

Baca Juga  Vaksin Palsu Masih Jauh Jumlahnya Dibandingkan Obat Palsu

Konsumsi stroberi juga ditemukan bisa meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan motorik. Hal ini sangat berhubungan dengan fakta bahwa buah mengandung asam lemak omega-3, bisa menjadi rantai panjang untuk membangun jaringan otak.

Baik untuk Pencernaan

Buah stroberi memiliki kandungan kadar serat yang tinggi, yang sudah terbukti dapat mengurangi pemicu penyakit diabetes, jantung, tekanan darah tinggi dan gangguan usus.

Pada buah stroberi yang matang terdapat serat larut yang tinggi, yang sangat baik untuk pencernaan.

Sebagai Anti-inflamasi

Pada beberapa fenil yang terdapat di dalam stroberi ini berfungsi untuk meredam fungsi enzim tertentu yang dikenal sebagai siklooksigenase atau COX.

Kegiatan enzim ini sudah terbukti berkontribusi untuk meredakan peradangan yang tidak diinginkan dari rheumatoid arthritis, osteo-arthritis dan asma.

Tetapi, meskipun buah stroberi dikenal sebagai salah satu buah yang kaya manfaat bagi kesehatan, Anda pun harus berhati-hati saat mengkonsumsinya. Buah stroberi adalah salah satu makan yang paling umum terkait dengan masalah reaksi alergi, bahkan dapat mengancam nyawa.

Reaksi umum alergi yang biasanya terjadi adalah ruam kulit, eksim, sakit kepala hingga mengalami insomnia.

Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah stroberi organik, karena stroberi non organik dapat menyerap pestisida.

 

Tags: ,

Related to: Kenali Bahaya dan Manfaat Sehat Mengkonsumsi Stroberi