Kenali Ciri-ciri Kehamilan Kembar berikut ini

February 4, 2016

Mungkin Anda tak pernah mengharapkan bayi kembar saat kehamilan. Akan tetapi, Anda akan seperti mendapat kejutan ketika memeriksakan kehamilan dan Dokter atau Bidan yang memeriksa mengatakan bahwa Anda dua janin di dalam perut. Bayangkan saja, akan ada dua anak yang lucu-lucu yang lahir sekaligus, tentu akan membuat orang tua dobel bahagia.

Jika Anda mengharapkan bayi kembar, karena memiliki keturunan kembar dalam keluarga, tanda-tanda berikut bisa meyakinkan Anda.

Ciri-ciri kehamilan kembar

Ciri hamil bayi kembar

  1. Seringkali intuisi wanita terasa sangat kuat. Bisa saja Anda merasakan bahwa Anda  mungkin membawa dua janin dalam tubuh Anda. Beberapa ibu dari bayi kembar mengatakan bahwa mereka mengetahuinya sejak awal kehamilan bahwa mereka sedang mengandung bayi kembar.
  2. Mengalami mual dan morning sicknes yang lebih parah dari umumnya. Jika memang mengalami kehamilan kembar, kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) pada air kemih Anda mungkin saja akan meningkat. Hormon Hcg ini sangat diperlukan untuk menjaga kehamilan hingga plasenta berkembang. Cara mendeteksi hormon ini yaitu melalui urine atau melalui darah (saat Anda memeriksa kehamilan lewat test pack) bahkan sebelum menstruasi Anda berhenti. Untuk kehamilan tunggal, biasanya konsentrasi hCG akan meningkat cepat pada minggu pertama, dan menjadi ganda setiap dua atau tiga hari. Kadar Hcg ini akan meningkat sangat pesat jika terjadi kehamilan kembar. Dan akibatnya Anda akan mengalami morning sickness atau bahkan all day sickness) yang parah.
  3. Gejala-gejala kehamilan yang lain kemungkinan juga akan lebih besar. Kebanyakan wanita yang pernah hamil bayi kembar memiliki gejala hamil lebih intens, dikarenakan oleh hormon ekstra yang bersirkulasi melalui sistemnya. Payudara Anda bisa saja terasa lebih bengkak, lapar sepanjang waktu, lebih sering buang air kecil dan cepat lelah. Pada trimester kedua umumnya Anda akan kesulitan menangkap nafas, tangan dan kaki bengkak (edema), berat badan meningkat tajam dan pembesaran rahim yang tidak normal, serta gerakan janin begitu kuat. Orang yang mengalami hamil kembar juga bisa mengalami anemia atau kekurangan zat besi.
  4. Berat badan meningkat cepat pada trimester pertama, dan ini bisa menjadi indikasi awal bahwa Anda membawa lebih dari satu janin dalam perut. Sebaiknya Anda menerapkan pola makan yang baik untuk menjaga kesehatan Anda. Sebab pertambahan berat badan Anda pada trimester pertama juga berpengaruh pada berat badan bayi nantinya.
  5. Ukuran perut Anda cukup besar untuk usia kehamilannya. Pada saat pemeriksaan pertama mungkin akan diberitahu bahwa rahim Anda akan semakin membesar. Hal ini tentu perlu dibuktikan dengan pemeriksaan USG. Saat kehamilan berlanjut, jika Anda memang mengandung dua janin, ukuran rahim terus membesar mengikuti usia kehamilan secara konsisten.
  6. Kadar AFP (alpha fetoprotein) Anda meningkat, hal ini akan diketahui ketika Anda melakukan pemeriksaan. Kadar AFP yaitu berupa  protein yang dilepaskan oleh bayi saat  tumbuh yang ditemukan pada darah ibu, dapat meningkat jika bayi yang dikandung lebih dari satu.
  7. Anda akan mendengarkan dua detak jantung saat pemeriksaan. Dua detak jantung yang terpisah tersebut dapat dibuktikan sampai usia kehamilan memasuki  minggu ke 12. Pada saat usia kehamilan memasuki 28 minggu, sangat mungkin untuk melihat dua kepala janin dan beberapa bagian kecil lainnya ketika melakukan pemeriksaan USG.
  8. Hasil pemeriksaan USG Anda positif. Jika memang Anda percaya bahwa Anda sedang hamil bayi kembar, sebaiknya lakukan USG sejak awal kehamilan.
Baca Juga  RESEP OBAT PUSING YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL

Itulah beberapa ciri kehamilan kembar untuk Anda ketahui. Jika Anda merasa yakin sedang hamil kembar, segeralah periksakan pada dokter agar mendapat saran yang tepat. Anda juga harus bersyukur karena mendapat rejeki dobel berupa bayi kembar.

Tags: ,

Related to: Kenali Ciri-ciri Kehamilan Kembar berikut ini