Kenali Kanker Kelenjar Getah Bening Pada Anak Dari Tanda-Tandanya

November 12, 2016

Selain menyerang orang dewasa, kanker kelenjar getah bening pada anak pun sering terjadi dengan kasus rata-rata usia anak yang diserang berkisar dari 5 tahun ke atas. Jenis kanker yang umum menyerang orang usia muda ini yakni jenis limfoma Hodgkin. Pertumbuhan tidak normal sel B dan atau sel T menjadi pemicu terjadinya Limfoma Hodgkin . Sel B dan Sel T merupakan limfosit yakni jenis sel darah putih yang tidak mempunyai granula pada sitoplasmanya. Awalnya kedua limfosit ini dibentuk pada sumsum tulang dan hati (pada fetus). Limfosit yang tetap berada di sumsum tulang berkembang jadi sel B dan limfosit yang berpindah ke timus berkembang jadi sel T. Sel B dan sel T banyak ditemukan pada kelenjar getah bening, organ limpa dan organ limpatik lain. Kedua limfosit ini menghasilkan antibodi untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

kanker kelenjar getah bening pada anak

Gejala atau tanda kanker kelenjar getah bening pada anak hampir tidak jauh berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa. Berbagai gejala tersebut ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening yang dapat diraba di daerah leher. Berbeda dengan gondongan, pembengkakan yang terjadi terasa keras ketika diraba seperti sedang meraba bola pingpong. Pada anak juga sering ditambah dengan reaksi alergi pada kulit yakni timbulnya rasa gatal yang sangat. Sehingga anak sering menggaruk kulitnya yang tanpa bentol.

Baca Juga  Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Diabetes

Jika kanker yang di derita termasuk pada kategori B maka demam yang terus berulang, tubuh yang mengeluarkan keringat lebih di malam hari serta hilangnya bobot tubuh secara mendadak tanpa alasan yang jelas dapat menjadi tanda kanker kelenjar getah bening pada anak (red. tanda yang sama bisa terjadi pada orang dewasa). Segeralah periksakan anak Anda ke dokter ahli jika terdapat tanda-tanda tersebut. Hal ini agar segera didapatkan kepastian apakah pembengkakan yang terjadi dipicu pertumbuhan sel-sel kanker atau tidak. pendeteksian dini sangat penting agar kanker yang bersarang dapat segera diobati sebelum menyebar pada organ-organ tubuh lain.

Jika terlambat diketahui, kanker kelenjar getah bening pada anak Anda bisa menyebar pada sumsum tulang belakang, limpa dan hati. Terganggunya kinerja organ-organ ini dengan keberadaan kanker dapat dijelaskan sebagai berikut:

–          Fungsi utama sumsum tulang belakang adalah memproduksi sel darah merah (eritrosit). Eritrosit sendiri berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen tersebut diperlukan dalam proses metabolisme (pencernaan pada tingkat sel). Jika asupan oksigen pada sel tubuh tidak memadai maka proses metabolisme yang menghasilkan energi akan terganggu sehingga sel-sel tubuh terasa lemas.

–          Organ limpa merupakan bagian dari sistem limfatik. Nama lain dari limpa adalah kura yang terdapat pada sebelah kiri belakang organ lambung di rongga perut. Limpa berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah putih, bagian yang membunuh kuman penyakit, ruang pembongkaran sel darah merah yang sudah tua dan tempat cadangan sel darah. Terkenanya organ ini dengan kanker mengkibatkan fungsinya tersebut tidak optimal.

Baca Juga  Inilah Makanan Kanker Otak Berikut Penyebabnya

–          Hati merupakan kelenjar pencernaan yang paling besar. Fungsinya antara lain menetralisir racun yang masuk dan membongkar sel darah merah yang telah tua. Dari fungsinya ini dihasilkan cairan empedu yang berperan dalam memecah lemak menjadi molekul sederhana. Dihasilkan pula zat warna bilirubin dan biliverdin yang akan mewarnai feses dan urin. Jika hati terkena kanker maka zat warna ini akan terlihat pada mata.

Untuk itu waspadailah selalu akan kemungkinan terjadinya kanker kelenjar getah bening pada anak tercinta. Jangan sampai buah hati kita menjadi korban keganasan kanker ini, karena sesal kemudian tiada berguna. Periksa dan berkonsultasilah selalu dengan dokter ahli.

Tags: , ,

Related to: Kenali Kanker Kelenjar Getah Bening Pada Anak Dari Tanda-Tandanya