Ketahui 1000 Manfaat Jahe Alami

February 12, 2016

Salah satu bentuk rimpang yang sering dijumpai di dapur ini ternyata menyimpang segala manfaat yang penting selain hanya sebagai penyedap masakan.

Manfaat jahe yang umum dirasakan adalah sebagai penghangat alami tubuh. Namun ternyata, manfaat tanaman rempah ini tidak hanya berhenti pada penghangat tubuh.

Jahe diketahui juga menyimpan kontribusi yang besar untuk mengatasi berbagai penyakit ringan hingga berat. Jahe yang selama ini diketahui sebagai salah satu bumbu dapur ternyata,

dapat menjadi penghalau masuk angin dan kembung yang paling efektif tanpa efek samping. Hal ini dikarenakan, tanaman rimpang ini merupakan bahan alami dan sangat mudah ditemukan disekitar kita.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe

Tumbuhan yang termasuk dalam anggota tanaman toga ini juga tergolong cukup mudah ditanam dan cocok di iklim tropis yang ada di Indonesia.

Dengan segala kemudahan ini, manfaat jahe untuk kesehatan pun tersedia cukup banyak untuk Anda nikmati. Dengan konsumsi air rebusan, wedang, air sari, bahkan dengan aplikasi kompres air jahe dapat mengatasi berbagai penyakit yang mengancam kesehatan.

Jenis penyakit tersebut diantaranya adalah menstabilkan tekanan darah tinggi, pereda flu dan gejalanya, migren, mencegah kerusakan gigi dan masih banyak yang lainnya. Tanaman obat alami ini telah terkenal dari zaman nenek moyang dulu.

Baca Juga  Korek Lebih Dalam Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Tanaman jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini memiliki klasifikasi jenis berdasarkan ukuran, bentuk dan warna rimpangnya, yakni jahe putih atau jahe kuning besar, jahe merah, dan jahe putih atau jahe kuning kecil.

Dari masing-masing jenis jahe ini tentunya memiliki manfaat spesifik tersendiri selain dari manfaat umum untuk menghangatkan tubuh.

Sebagai salah satu contoh adalah jahe merah yang memiliki rasa paling pedas dibandingkan jenis jahe lainnya. Manfaat jahe merah bagi kesehatan secara umum antara lain meningkatkan nafsu makan, memperkuat lambung, menetralkan kembung, dan memperbaiki berbagai masalah pencernaan lainnya.

Hal ini dikarenakan jahe merah mengandung sari minyak atsiri yang dapat merangsang selaput lendir lambung dan usus.

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, rimpang jahe juga memiliki manfaat penting dalam membentuk kecantikan alami. Anda tentu bisa menggunakan salah satu bahan rempah ini menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Aplikasi manfaat jahe untuk kecantikan ini dapat dilakukan dengan mengoleskan irisan tipis jahe pada wajah yang berjerawat. Selain itu, pemijatan dan terakhir meletakkan potongan jahe selama 10-15 menit di wajah dapat berfungsi untuk menghaluskan kulit wajah.

Hal ini dikarenakan, jahe mengandung efek anti-bakteri maupun anti-jamur. Selain itu, jahe juga kaya akan antioksidan zingerone yang sangat berpengaruh pada penangkal radikal bebas dan pencegah penuaan dini.

Baca Juga  Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan Tubuh, Miliki Segera Tubuh Sehat Dengan Bentuk Ideal

Manfaat Jahe untuk ibu hamil

Satu lagi manfaat tanaman rempah ini yakni pada ibu hamil. Manfaat jahe untuk ibu hamil antara lain mengurangi frekuensi mual dan muntah atau morning sickness.

Mengkonsumsi segelas air hangat dengan campuran jahe merupakan cara yang paling efektif untuk meredakan gejala kehamilan awal ini.

Selain itu, para wanita juga mendapatkan kabar baik dari tanaman rimpang ini. Pasalnya tanaman toga ini dapat secara efektif mengurangi nyeri ketika menstruasi menjelang.

Dengan konsumsi segelas teh jahe hangat, rasa nyeri perut bagian bawah saat datang bulan bisa berkurang secara alami.

Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dapat bermanfaat untuk mengobati sakit gigi ataupun dapat digunakan sebagai obat jerawat dan sebagainya.

Mengkonsumsi jahe secara teratur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan yang sudah dibahas tadi.

Tags: , , ,

Related to: Ketahui 1000 Manfaat Jahe Alami