Ketahui Beragam Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

January 30, 2016

Ketahui Beragam Manfaat Mengkudu Bagi KesehatanBuah mengkudu atau yang sering disebut buah noni oleh masyarakat Tahiti ini ternyata memiliki seribu manfaat rahasia yang sangat bagi tubuh.

Buah dengan bentuk lonjong dengan bintil-bintil pada seluruh permukaan buahnya ini sering disepelekan padahal manfaat mengkudu sangatlah banyak.

Akibat tampilan yang kurang menarik dan rasa yang pahit, buah ini menjadi jarang dikonsumsi, bahkan tidak pernah terpikirkan sekalipun untuk mengolahnya. Buah dengan nama latin Morinda citrifolia ini memiliki hampir seluruh zat gizi buah dan seribu manfaat bagi kesehatan yang seharusnya layak untuk dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat buah mengkudu

Dewasa ini, telah banyak peneliti dunia yang giat membicarakan seputar buah mengkudu ini. Buah yang bisa tumbuh di daerah tropis ini kini menjadi buruan akibat banyaknya manfaat yang terkandung didalamnya. Bahkan, salah satu peneliti asal Amerika menganggap bahwa buah ini merupakan harta karun bagi yang menginginkan kesehatan yang alami. Manfaat buah mengkudu sangatlah banyak. Mulai dari dapat mengatasi penyakit asma, beberapa jenis kanker dan tumor, masalah pencernaan, jantung, diabetes, kolesterol, dan beberapa macam penyakit degeneratif lainnya.

Baca Juga  Mengenal Manfaat Madu Untuk Asam Urat

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Buah yang berasal dari dataran Asia Tenggara ini terbukti dapat berharga mahal akibat seribu manfaat yang ditawarkannya untuk kesehatan tubuh manusia.

Anda bisa mengolah buah ini menjadi jus, ekstrak, diambil air sarinya maupun dimakan langsung untuk mendapatkan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan.

Hal ini dikarenakan, buah mengkudu memiliki kandungan tinggi antioksidan, senyawa selenium, xeronine, glikosida, scopoletin, terpine, limonene, dan antrakuinon. Buah mengkudu ini juga dikenal sebagai buah pembangkit energi dan peningkat kekebalan tubuh alami.

Selain itu, buah mengkudu juga memiliki manfaat sebagai anti-radang, anti-infeksi, anti-alergi, anti-piretik, anti-stress, anti-cemas, anti-nyeri, anti-bakteri, anti-jamur, dan anti pada keabnormalan lainnya.

Dengan mengkonsumsi sari buah, jus, maupun daging buahnya secara langsung dapat menjadi salah satu langkah sehat dalam memperbaiki sistem tubuh.

Manfaat yang kompleks dalam buah mengkudu membuatnya cukup populer saat ini. Namun buah noni ini ternyata tidak hanya menyimpan manfaat pada buahnya saja. Mulai dari batang, akar, daun hingga bunga tanamannya pun memiliki kegunaan yang spesifik.

Baca Juga  Berikut, 8 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Salah Satunya Untuk Asam urat

Manfaat Daun Mengkudu

Salah satu contohnya adalah daun buah mengkudu yang ternyata cukup baik dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan perawatan kecantikan.

Manfaat daun mengkudu ini dapat Anda peroleh hanya dengan mengambil sarinya, menghaluskannya untuk masker, meminumnya dalam bentuk jus ataupun mengkonsumsinya langsung sebagai pengganti sayuran.

Daun mengkudu ini terbukti cukup ampuh untuk menjadi senjata melawan jerawat, pelangsing tubuh, menjaga kecantikan kulit, menyembuhkan ambeien dan mengatasi kembung.

Manfaat alami ini tentunya hanya bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi atau menerapkannya secara teratur. Mengkonsumsi buah dan daun buah mengkudu tentunya sangatlah aman dan sangat bagus jika Anda memutuskan untuk mengkonsumsinya dalam jangka panjang.

Tags: , ,

Related to: Ketahui Beragam Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan