Ketahui Sejuta Manfaat Jahe Alami Bagi Kesehatan

February 12, 2016

Sejuta Manfaat Jahe Merah Alami Bagi Kesehatan – Terdapat banyak sekali jenis jahe yang ada di Indonesia. Salah satu yang perlu ketahui manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan adalah jenis jahe merah.

Dalam hal ini, manfaat jahe merah sangatlah banyak. Tanaman rimpang yang memiliki dominasi warna kemerah-merahan ini ternyata menyimpan sejuta manfaatnya di bentuknya yang kecil.

Jahe dengan ukuran terkecil dari jenis jahe yang lainnya ini masih menyediakan banyak manfaat untuk pengkonsumsiannya.

Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan vitalitas pria, mengatasi impotensi, dan memperbaiki gairah seks yang menurun pada pria.

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe Merah

Meskipun memiliki bentuk yang paling kecil, jahe merah merupakan jenis jahe yang paling pedas dan mengandung minyak atsiri paling banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.

Manfaat jahe merah bagi kesehatan ini sudah lama dikenali oleh bangsa Cina. Dalam hal ini, bangsa Cina seringkali menggunakan jahe merah sebagai obat herbal alami untuk mengatasi sakit perut, dan meningkatkan fungsi dan efektifitas kerja limpa serta ginjal.

Bangsa Asia Timur menggunakan jahe merah ini untuk kepentingan mengatasi masalah pencernaan, menghangatkan badan.

Jenis-Jenis Jahe dan Manfaatnya

  • Jahe badak

Jahe badak biasanya kita jumpai di pasaran internasional. Jahe badak bentunya yang besar dan gemuk serta rasanya yang tidak terlalu pedas. Sedangkan daging rimpangnya berwarna kuning hingga putih.

  • Jahe merah

Merupakan sejenis jahe yang memiliki kandungan minyak atsiri yang cukup tinggi dengan rasanya yang paling pedas dari semua jenis jahe.

Jahe merah ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan jamu maupun ramuan farmasi lainnya. Ukuran rimpang jahe ini paling kecil dan berwarna merah. Jahe merah juga memiliki serat yang lebih besar dibandingkan jahe lainnya.

Manfaat jahe merah bagi kesehatan yaitu dikarenakan kandungan minyak atsiri yang paling banyak diantara jahe lainnya. Sehingga jahe merah kerap kali digunakan sebagai obat tradisional.

  • Jahe kuning

Jahe kuning adalah jahe yang sering kita jumpai di pasaran. Jahe kuning ini seringkali digunakan sebagai bumbu masakan. Jahe kuning memiliki rasa dan juga aroma yang cukup tajam.

Baca Juga  Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah bagi Kesehatan

Jahe kuning ini memiliki ukuran rimpang yang sedang dan berwarna kuning. Jahe ini biasanya dijadikan olahan minuman jahe. Pada artikel kali ini, kita akan lebih banyak membahas jahe kuning yang sering kita jumpai di pasar tradisional.

Manfaat Jahe Merah Untuk Batuk

manfaat jahe Untuk Obat batuk

Rasa pedas dalam jahe merah ini juga bermanfaat untuk meredakan batuk serta gejala flu yang lain. Manfaat jahe merah untuk batuk ini diperoleh dari satu kandungan gingerol dalam jahe merah yang memberikan perasaan lega di tenggorokan dan kemudian mengencerkan dahak atau berfungsi sebagai ekspektoran.

Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan merebus jahe merah dengan 2 gelas air hingga air mendidih menjadi satu gelas saja.

Mengkonsumsi minuman jahe merah 2 kali sehari dapat secara alami mengurangi frekuensi batuk. Jahe merah juga bisa digunakan sebagai ramuan herbal untuk radang tenggorokan, muntah-muntah, demam, masuk angin, sakit kepala, dan gejala meriang. Manfaat ini diperoleh dari kandungan jahe merah yakni minyak atsiri.

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jahe juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Bagi anda yang hobi melakukan perawatan kulit. Ada baiknya anda membaca ulasan mengenai manfaat dari jahe berikut ini serta mencobanya nanti:

  1. Mengatasi kulit berminyak. Jahe dapat dipercaya untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Adapun cara memanfaatkan jahe ini yaitu dengan cara mencampurkan jahe yang telah diparut, pala bubuk, kayu manis bubuk dan garam. Kemudian, campurkan dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan ramuan ini pada wajah hingga merata dan biarkan sampai menyerap beberapa waktu. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.
  2. Melembabkan dan menghaluskan kulit. Anda dapat memanfaatkan jahe sebagai pelembut kulit Anda. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mencampur air perasan buah delima dan jahe yang telah diparut. Setelah tercampur, kemudian langsung oleskan ramuan tadi secara merata di bagian kulit lalu diamkan hingga 20 menit. Bersihkan setelahnya dengan air.
Baca Juga  Berbagai Macam Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat jahe bagi Ibu hamil

Melalui kandungan senyawa yang terkandung dalam jahe, menjadikan jahe juga memiliki khasiat bagi Ibu hamil.

Karena jahe selain mengurangi terjadinya morning sickness pada Ibu hamil muda juga mampu membentuk kekebalan tubuh janin dalam kandungan Ibu hamil karena kandungan vitamin C di dalam jahe.

Selain itu jahe juga mengandung asam folat yang mampu mencegah resiko bayi cacat lahir. Bagi Ibu hamil, sebaiknya konsumsi jahe yang alami bukan berupa suplemen atau obat-obatan herbal yang dijual bebas di pasaran.

Itulah manfaat jahe yang sangat baik bagi tubuh, kecantikan, dan juga baik bagi Ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Manfaat Jahe Merah Untuk Diet

Kandungan gingerol dalam jahe merah juga bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan ini akan merangsang tubuh untuk lebih meningkatkan metabolisme yang ditandai dengan meningkatnya panas tubuh dan keluarnya keringat.

Manfaat jahe merah untuk diet cukup sehat karena hanya memerlukan konsumsi air rebusan jahe merah hangat atau wedang jahe merah rutin 2 kali sehari. Mengkonsumsi air sari jahe ini juga merupakan cara efektif mencegah perut membuncit.

Jahe merah mengandung minyak atsiri dan antioksidan zingerone yang sangat berpengaruh pada penangkal radikal bebas dan pencegah penuaan dini.

Sehingga manfaat jahe merah untuk kecantikan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan keriput maupun flek-flek hitam di wajah.

Kabar baiknya, jahe merah diketahui ampuh pula untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit berminyak dengan mengaplikasikan irisan tipis jahe merah ke wajah Anda.

Itulah 1000 Manfaat Jahe Merah Alami Bagi Kesehatan, Semoga artikel ini membantu.

Tags: , , , , , ,

Related to: Ketahui Sejuta Manfaat Jahe Alami Bagi Kesehatan