Khasiat Daun Sirsak Sebagai Obat Darah Tinggi

November 17, 2016

Khasiat Daun Sirsak untuk Darah Tinggi – Darah tinggi adalah salah satu penyakit yang mematikan banyak penyakit yang akan timbul jika tekanan darah meningkat seperti stroke dan serangan jantung.

Hipertensi/tekanan darah tinggi dalam tubuh adalah suatu kondisi pada cairan darah yang ada di dalam arteri yang menekan arteri dengan kuat sehingga bisa menimbulkan serangan jantung.

Jumlah resistensi darah yang di pompa oleh jantung menjadi ukuran untuk mengukur tekanan darah kita. jika semakin banyak darah yang di pompa makan semakin menyempit pula pembuluh darah dan mengakibatkan tekanan darah meningkat semakin tinggi.

Daun Sirsak

Daun Sirsak

Sebaiknya bahaya tekanan darah tinggi di atasi secepat mungkin jika penyakit ini dibiarkan dan bertambah parah peredaran darah juga semakin tidak lancer yang akan berakibat stroke dan mengalami kelupuhan total, bahkanbisa sampai kematian.

Penyebab Darah Tinggi

Penyebab utama yang dapat terjadi tekanan darah tinggi adalah pola makan makanan yang kita konsumsi serta dari fikiran.

untuk mencegah tekanan darah semakin naik sebaiknya mulai dari sekarang untuk menjaga pola makan, lebih banyak makan makanan yang mengandung serat kurangi makan makanan yang berlemak dan jangan terlalu banyak minum minuman bersoda dan beralkohol karena itu dapat cepat memicu tekanan darah semakin tinggi.

Makanan Berlemak

Makanan Berlemak

Istirahat yang cukup juga sangat dibutuhkan karena dengan istirahat kita bisa menjadi rileks dan tidak stress jika kita stress dapat mengakibatkan tekanan darah semakin tinggi jadi usahakan untuk selalu refresing untuk regangkan kinerja otak.

Jika kita terlalu banyak fikiran akan membuat terjadinya penyumbatan di dalam aliran darah ke otak yang sangat berakibat fatal seperti ganguan pendengaran (ketulian) hingga kebuataan.

Sudah banyak di perjual belikan berbagai macam obat darah tinggi tetapi kebanyakan obat-obatan itu oabat-oabatan kimia yang dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara terus menerus.

Maka dari itu marilah kita beralih dengan mengkonsumsi obat-obatan yang terbuat dari alam dan herbal contohnya dengan daun sirsak.

Saat ini sudah banyak penelitian tentang khsaiat daun sirsak sebagai obat segala penyakit sampai dari kanker, diabetes, asam urat, bahkan tekanan darah tinggi pun bisa disembuhkan.

Cara mengatasi tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan menjaga dan membatasi asupan garam ke dalam tubuh. Akan tetapi hal ini bukanlah satu-satunya cari untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal.

Lalu, pola makan yang seperti apa yang seharusnya dijalani oleh penderita dipertensi?

Hipertensi atau yang sering disebut penyakit darah tinggi dapat datang secara diam-diam. Akan sulit seseorang mengetahui hipertensi tanpa menggunakan alat pengukur tekanan darah.

Baca Juga  7 Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang Bagus Untuk Kandungan Nutrisi

Garam atau sodium memiliki peran yang penting, namun untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, ada hal-hal yang perlu diperhatikan selain mengurangi asupan garam.

Garam (sodium)

Garam (sodium)

Kenali makanan anda

Kebanyakan orang tidak pernah menyadari akan kandungan dari makanan yang mereka makan setiap harinya, banyak orang yang hanya berfikir bagaimana perut dapat terisi dan kenyang.

Namun jika anda ingin tekanan darah anda terjaga dan normal, ada baiknya anda membiasakan diri untuk mencermati setiap asupan makanan yang anda makan, untuk mengetahui kandungan yang ada di dalam makanan anda.

Anda perlu tahu makanan yang banyak mengandung sodium akan meningkatkan tekanan darah, jadi jika anda menginginkan tekanan darah yang normal dan terjaga maka anda harus mengurangi asupan sodium ke dalam tubuh.

Selain itu kandungan potassium, magnesium dan serat akan sangat membantu anda mengendalikan tekanan darah.

Apa saja makanan yang memiliki kandungan sodium yang tinggi salah satunya adalah makanan kemasan dalam kaleng, makanan diproses dan makanan siap saji.

Bila perlu mulai saat ini anda membuat catatan mengenai asupan kandungan yang terdapat pada makanan anda sehari-hari,

asupan sodium yang bik dalam tubuh setiap harinya adalah tidak lebih dari 5 persen. Oleh sebab itu mulai sekarang anda lebih teliti dan bila perlu cek kandungan sodium pada setiap makanan yang anda beli.

Selain garam, kecap asin juga disarankan untuk tidak banyak dikonsumsi, selain itu makanan yang mengandung garam tinggi adalah seperti saus tomat, saus sambal, roti,

atau cemilan yang dibumbui. Cara terbaik adalah kurangi makan di luar karena sulit untuk mengontrol sodium yang masuk ke tubuh.

Usaha yang anda dapat lakukan yaitu dengan melakukan perubahan bertahap, contohnya anda membatasi asupan sosium sekitar 2.400 mg, itu sekitar satu sendok teh,

disaat tubuh mulai terbiasa anda kurangi lagi menjadi 1.500 mg atau sekitar 2/3 sendok teh. Jumlah ini termasuk sodium secara keseluruhan dari konsumsi anda setiap harinya.

Kategori Hipertensi

Cara mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi atau tidak adalah dengan mengukurnya menggunakan alat pengukur tekanan darah,

dari hasil pengukuran itu nanti dapat diketahui angka pertama merupakan tekanan darah sistolik, itu artinya ukuran tekanan darah arteri ketika jantung anda berdenyut.

Angka berikutnya adalah tekanan diastolic yang mengindikasikan tekanan di antara detak jantung anda beristirahat. Tekanan dalam kondisi normal adalah 120/80

Nanti akan diketahui ketika tekanan darah melebihi kisaran normal, maka daoat dikategorikan sebagai berikut:

  • Tekanan darah pada kategori ini yaitu 120-139 untuk angka sistolik dan 80-89 untuk tekanan diastolic.
  • Hipertensi tahap 1. Apabila tekanan sistolik anda berkisar 140-159 dan tekanan siastolik 90-99.
  • Hipertensi tahap 2. Dimana tekanan sitolik anda 160 atau lebih tinggi atau tekanan siastolik 100 atau lebih dari itu.
Baca Juga  Rahasia Cantik Dengan Manfaat Kunyit Asam

Pola Makan Ideal

Tidak ada yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara seketika. Itu akan tergantung pada pola makan sehat yang anda terapkan. Bagaimana pola makan sehat yang direkomendasikan oleh DASH?

  • Asupan nutrisi, biji-bijian, ikan, kacang-kacangan, unggas cukup
  • Konsumsi banyak buah, sayur dan susu rendah lemak
  • Kurangi garam, makanan dan minuman manis.
  • Kurangi makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol dan lemak trans.

Khasiat Daun Sirsak Sebagai Obat Darah Tinggi

Dengan mengkonsumsi daun sirsak ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh tanpa efek samping yang merugikan bagi tubuh.

Saat ini sudah banyak sekali obat-obatan yang terbuat dari daun sirsak tetapi itu masih belum menjamin apakah aman bagi tubuh kita, sebaiknya kita mengolah sendiri daun sirsak itu untuk obat seperti dengan cara merebus daun sirsak dan mengkonsumsi rebusan daun sirsak itu secara rutin dan sesuai dosis.

Di dalam daun sirsak memiliki banyak sekali khasiat yang terkandung di dalamnya salah satunya adalah zat antioksidan yang ada di dalamnya yang berkhasiat untuk menetralisirkan radikal bebas yang ada di dalam darah.

Zat antioksidan di dalam daun sirsak ini dapat melebarkan dan melenturkan pembuluh darah sehingga peredaran darah dapat berjalan dengan lancar.

Cara Menyajikannya:

Cara mengkonsumsi daun sirsak untuk metode penyembuhan tekanan darah tinggi ialah sangat mudah cukup dengan merebus daun sirsak sebanyak 10 sampai 12 lembar bersama daun salam dengan air sebanyak 4 gelas.

Tambahkan sedikit garam dan madu lebah liar, lalu rebus hingga tersisa 2 sampai 3 gelas saja. Minum rebusan daun sirsak tersebut secara rutin pagi dan sore.

Efek samping yang diberikan adalah perut akan terasa hangat/panas, dan badan akan mengeluarkan keringat yang banyak. Meminum air rebusan daun sirsak cukup sampai tekanan darang kembali tunrun atau kembali normal dan selalu konsultasi ke dokter untuk mengetahui perkembangannya.

Itulah Pembahasan Mengenai Khasiat Daun Sirsak untuk Darah Tinggi, Penyebab dan Cara Penyajiannya

Tags: , , , ,

Related to: Khasiat Daun Sirsak Sebagai Obat Darah Tinggi