Khasiat Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Kecantikan

November 21, 2016

Buah yang dengan warna hijau atau kuning ini, dengan bentuk yang bulat dan juga kecil ternyata kaya akan vitamin C dan kandungan antioksidan yang tersimpan di dalamnya.

Berdasarkan pada sebuah penelitian menyebutkan, bahwa kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis nilainya lebih besar dibandingkan dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada jenis jeruk yang lainnya.

Selain itu, pada jeruk nipis juga memiliki banyak kandungan seperti zat besi, fosfor, sulfur, kalsium, mineral, karbohidrat, asam sitrun, glikosida, minyak atsiri, asam amino, dan asam sitrat.

Dengan banyaknya kandungan yang dimiliki jeruk nipis, itu berarti semakin banyak juga manfaat jeruk nipis untuk tubuh, seperti untuk diet atau pelangsingann, juga untuk kecantikan.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pelangsingan Atau Diet

Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk memiliki kandungan polisakarida non-pati, yang biasa disebut sebagai serat makanan. Oleh sebab itu, jeruk nipis dapat membantu dalam proses pengosongan pada lambung.

Dengan demikian, jeruk dapat memberikan atau mempertahankan rasa kenyang pada perut dalam waktu yang cukup lama, serta dapat menurunkan kadar kolseterol dalam aliran darah.

Dengan kandungan sulfur atau belerang yang terdapat pada jeruk nipis, sehingga membuat jeruk nipis ini bersifat dapat membunuh bakteri,

juga bersifat astringent sehingga dapat membantu dalam mengecilkan pori-pori, dan juga antiinflamasinya yang sangat kuat. Astringent pada dalam tubuh ( tepatnya pada bagian usus), dapat mengecilkan pori-pori di dalam usus.

Misalnya, ketika seseorang mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat, maka tidak hanya dicerna oleh mulut saja, tetapi juga karbohidrat dicerna oleh lambung, lalu masuk ke bagian usus.

Dan, setelah itu lalu dicerna oleh bagian usus 12 jari, sehingga karbohidrat menjadi pecah hingga dua ikatan, baru kemudian masuk ke bagian usus halus.

Pada bagian usus halus inilah, astringent dari jeruk nipis membuat pori-pori atau fili-fili pada usus menjadi mengkerut atau menjadi mengecil, sehingga dalam penyerapan makanan menjadi lebih sedikit, serta mempersingkat proses perjalanan makanan untuk menjadi feses.

Sementar kandungan saponin yang terdapat pada dalam jeruk nipis, dapat membersihkan yang berada di dalam tubuh menjadi bekerja, seperti lipase atau empedu.

Seperti halnya dalam proses kerja menghancurkan lemak saat mencuci piring dengan menggunakan jeuruk nipis, di dalam tubuh pun kandungan saponin tersebut akan  mengecilkan lemak dalam tubuh.

Selain itu jeruk nipis memiliki efek kandungan detoksifikasi  atau dapat melarutkan zat-zat yang beracun, yang memang harus dikeluarkan dari saluran pencernaan hingga saat buang air besarnya menjadi lancer saat melalui ginjal.

Baca Juga  Manfaat Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan Anda

Dan, jeruk nipis pun berfungsi sebagai zat pelarut, yang dapat memberikan keseimbangan pada tekanan darah dan dalam mengatur suhu.

Cara Mengkonsumsi Jeruk Nipis Untuk Melangsingkan Tubuh :

  • Siapkan 1-3 buah jeruk nipis (tergantung dari kebutuhan tubuh Anda).
  • Jeruk nipis lalu dibelah menjadi dua bagian, dan diperas.
  • Tambahkan segelas air putih sebanyak 200cc.
  • Gunakanlah air putih yang hangat ataupun air putih yang dingin, tergantung dari selera Anda (menggunakan air dingin lebih disarankan, karena kandungan vitamin C menjadi lebih awet dan juga menyegarkan).
  • Setalah selesai diperas, lalu campurkan dengan air putih, dan sebaiknya langsung segera diminum. Karena kandungan vitamin C pada jeruk lebih mudah menguap. Jika sudah menguap, tentu saja kandungan vitamin C pada jeruk menjadi berkurang.

Jika belum terbiasa dengan tahap  awal, sebaiknya cukup gunakan 1 buah jeruk nipis saja dan dicampur dengan air, atau dapat dicampur juga dengan mengunakan 1sdt madu, atau dicampur dengan menggunakan 1sdt gula pasir, agar perut dapat beradaptasi terlebih dahulu.

Jika Anda sudah terbiasa dan juga kuat, maka Anda dapat menggunakan jeruk nipis saja yang hanya dicapur dengan air putih, tanpa campuran lainnya seperti gula atau madu.

Konsumsi jeruk nipis dengan air setiap pagi hari, usahakan 30 menit sebelum waktu makan. Jika Anda sudah merasa kuat dengan campuran jeruk nipis dan air putih saja, Anda dapat mengkonsumsinya sehari sebanyak 2 kali, yaitu saat pagi hari dan malam hari.

Pada saat satu jam sebelum tidur, sebaiknya minum segelas air jeruk nipis atau lemon yang ditambahkan dengan teh hijau. Jeruk nipis yang ciampur dengan air dapat diminum setiap hari, yaitu saat pagi hari.

Namun ada baiknya, dalam satu minggu diberikan jeda satu hari untuk tidak mengkonsumsinya. Dengan memberikan jeda waktu, agar tubuh dapat meningkatkan antibody.

Selama mengkonsumsi atau menjalani terapi jeruk nipis, sebaiknya Anda juga memperbanyak minum air putih, agar lemak menjadi lebih cepat hancur.

Buah jeruk dengan ukuran sedang memiliki serat kandungan sebanyak 3.0 kg. Maka semakin asam jeruk yang dikonsumsi, semakin banyak pula kandungan vitamin C yang dicerna oleh tubuh.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Dan Awet Muda

Khasiat jeruk Nipis untuk kecantikan

  • Bahan dasar yang digunakan oleh produk-produk kecantikan adalah jeruk nipis. Karena jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan juga kandungan flavonoid (kandungan antioksidan), yang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C memiliki fungsi yang dapat membantu dalam merevitalisasikan sel-sel kulit, mengembalikan dan memperbaharui sel-sel kulit yang mati, serta dapat menguatkan pembuluh darah.
Baca Juga  Manfaat Minum Teh Pahit Cegah Naiknya Kadar Kolesterol Jahat

Dengan meminum jeruk nipis yang ditambahkan dengan air, akan membuat kulit selalu hidrasi atau memiliki cairan yang cukup, sehingga membuat kulit menjadi lebih segar dan juga menjadi lebih lembab.

Sedangkan sebaliknya yang terjadi, jika kekurangan air, maka dapat mempengaruhi sisi kognitif dan emosional, sehingga dapat membuat mood Anda menjadi rusak.

Jeruk nipis yang diolesi pada bagian kulit wajah, selain dapat menghaluskan dan mencerahkan wajah, juga dapat mengurangi minyak pada bagian kulit wajah, mengecilkan pori-pori, dapat membantu mengobati dan pencegah terjadinya jerawat, sehingga dapat menyamarkan dan menghilangkan noda atau flek hitam yang ada pada wajah, serta dapat meremajakan kulit.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Kecantikan :

  • Jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian.
  • Lalu usapakan daging jeruk nipis pada bagian wajah, hidung, pipi, dan bagian wajah yang kasar juga kusam.
  • Diamkan dalam beberapa waktu, hingga benar-benar kering.

Kandungan air perasan jeruk nipis ini dapat membantu dalam mengurangi minyak pada bagian wajah. Sedangkan antiseptic yang terkandung pada jeruk nipis terdapat madu yang dapat membunuh bakteri penyebab tumbuhnya jerawat pada wajah.

Dengan berkurangnya kadar minyak pada wajah dan juga hilangnya jerawat, maka wajah pun akan terlihat menjadi lebih cerah dan juga menjadi lebih awet muda.

Bagi mereka yang kulitnya mudah iritasi, tidak dianjurkan untuk menggunakan masker jeruk nipis pada wajah. Cukup 2-3 kali dalam seminggu untuk penggunaan jeruk nipis sebagai masker.

Karena pada sebagian orang, penggunaan jeruk nipis dengan menepelkan atau mengoleskannya pada wajah, dapat menyebabkan rasa nyeri. Itulah Berbagai khasiat Manfaat jeruk nipis, semoga artikel ini membatu

Tags: , , , ,

Related to: Khasiat Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Kecantikan